Perlukah Pakai Sunscreen Jika Berada di Dalam Ruangan Seharian?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sunscreen merupakan produk perawatan kulit alias skincare yang wajib Anda pakai sebelum ke luar rumah. Dengan begitu, risiko terjadinya kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau ultraviolet (UV) bisa dihindari. Nah, bagaimana kalau Anda hanya akan berada di dalam ruangan saja seharian ini? Perlukah tetap pakai sunscreen saat di rumah atau di dalam ruangan tertutup?

Haruskah pakai sunscreen meski hanya berada di rumah?

pakai body lotion

Ketika cuaca sedang mendung atau tidak tampak cerah karena sinar matahari, Anda mungkin memilih untuk melewatkan penggunaan sunscreen. Begitu pula ketika hanya akan berada di rumah, di kantor, atau di dalam ruangan saja seharian ini.

Biasanya, Anda akan merasa diuntungkan karena itu artinya tidak perlu repot memakai produk pelindung kulit ini terlebih dahulu. Padahal, meski berada di rumah, kantor, atau ruangan tertutup, sunscreen merupakan produk skincare wajib yang tetap harus Anda pakai.

Kenapa? Walaupun tidak terpapar secara langsung, tapi sinar UV tetap bisa masuk ke dalam ruangan dari sela-sela kaca, pintu, maupun jendela. Bukan itu saja. Sinar UV, baik UVA maupun UVB, dapat membawa efek yang buruk bagi kulit.

Ini karena pancaran sinar UVA ternyata dapat menembus masuk ke dalam ruangan melalui kaca, bahkan ketika cuaca sedang mendung sekali pun.

Jadi, jangan beranggapan Anda telah ‘terbebas’ dari pancaran sinar matahari meski sudah berada di dalam rumah, kantor, atau ruangan tertutup.

Bahaya akibat sinar UVA ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena dapat menyebabkan penuaan kulit. Contohnya seperti mempercepat munculnya keriput, flek hitam karena hiperpigmentasi, dan lain sebagainya.

Sedangkan efek yang ditimbulkan dari paparan sinar UVB tidak separah sinar UVA. Pasalnya, panjang gelombang sinar UVB cenderung lebih kecil, sehingga tidak dapat menembus masuk ke dalam rumah seperti sinar UVA.

Namun, sinar UVB merupakan dalang utama sebagai penyebab kulit terbakar (sunburn). Maka itu, tidak ada salahnya untuk tetap mencegah kemungkinan buruk dari kedua sinar UV tersebut dengan pakai sunscreen meski berada di dalam rumah atau ruangan.

Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh ACP Journal Wise, menunjukkan efek positif berkat rutin menggunakan sunscreen.

Nyatanya, pakai sunscreen setiap hari, baik berada di rumah maupun di luar rumah, dapat menekan risiko penuaan serta kanker kulit.

Bagaimana cara pakai sunscreen yang tepat di rumah?

pakai pelembap wajah yang benar

Ketika Anda hendak pergi ke luar rumah, sunscreen harus digunakan sekitar 15-30 menit sebelumnya. Sementara jika hanya akan berada di rumah, kantor, atau dalam ruangan saja seharian, sunscreen bisa Anda bisa pakai kapan pun.

Untuk SPF atau sun protection factor yang terkandung di dalam suncreen itu sendiri, bisa Anda sesuaikan kembali dengan kebutuhan. Semakin tinggi angka SPF pada sunscreen, semakin lama pula jangka waktu produk tersebut dalam menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Bagi Anda yang berencana untuk beraktivitas di luar ruangan, biasanya membutuhkan sunscreen dengan kandungan SPF tinggi. Namun jika hanya akan di rumah atau ruangan tertutup seharian ini, Anda bisa pilih dan pakai suncreen dengan kandungan SPF rendah.

Penting untuk memastikan kulit dalam keadaan kering sebelum Anda memakai sunscreen ke seluruh permukaan wajah. Usahakan juga sunscreen yang Anda gunakan dapat menjangkau seluruh bagian wajah.

Atas dasar itulah, Anda dianjurkan untuk pakai sunscreen secukupnya atau agak banyak, tapi tidak terlalu sedikit saat di rumah atau di luar rumah. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar kerja suncreen lebih optimal dalam menjaga kesehatan kulit.

Jangan lupa ulangi pemakaian sunscreen!

perawatan wajah

Daya kerja sunscreen dalam menjaga kulit dari pancaran sinar matahari tidak selalu optimal. Itulah mengapa Anda dianjurkan untuk rajin reapply suncreen setidaknya setiap 2 jam sekali.

Begitu pula bagi Anda yang hanya berada di rumah atau ruangan tertutup, tetap disarankan untuk pakai suncreen kembali. Ingat, melindungi kulit dari paparan sinar UV merupakan salah satu cara utama guna mencegah penuaan dini dan kanker kulit.

Jika saat ini Anda masih sering merasa malas untuk pakai sunscreen di rumah atau di luar rumah, belum terlambat untuk memulainya lebih rutin dari sekarang. Sebab setidaknya dapat menekan risiko terjadinya kanker kulit maupun permasalahan kulit lainnya di masa depan.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ragam Manfaat Produk Pelembap (Moisturizer) untuk Kulit

Urutan pemakaian skincare terkadang memang membingungkan. Antara pelembap (moisturizer) atau sunscreen, mana yang perlu dipakai lebih dulu?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Sinar Matahari Pagi, Siang, dan Sore: Mana yang Paling Sehat?

Saat menjemur bayi yang baru lahir, atau sekadar berjemur meresapi sinar matahari pagi, Anda harus tahu kapan waktu yang terbaik untuk melakukannya.

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Kulit 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Bagaimana Cara Kerja Sunblock dalam Melindungi Kulit?

Radiasi UV dari sinar matahari berbahaya bagi kulit. Jadi, jangan remehkan sunblock. Tapi sebenarnya bagaimana cara kerja sunblock dalam melindungi kulit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 3 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Kapan Sebaiknya Kita Berjemur di Pagi Hari?

Berjemur di pagi hari punya banyak manfaat untuk tubuh Anda, tetapi aktivitas ini bisa berakibat buruk jika dilakukan tidak sesuai anjuran.

Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Kulit 3 April 2020 . Waktu baca 5 menit



Direkomendasikan untuk Anda

efek tanning

Melakukan Tanning, Apa Efeknya untuk Kesehatan Kulit?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 26 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
Porfiria atau porphyria adalah membuat seseorang terlihat pucat pasi dan bertingkah laku bak vampir yang harus menghindari sinar matahari.

Porfiria

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 15 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit
kesalahan memakai tabir surya

Tabir Surya untuk Kulit, Seberapa Penting Menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit
facial peeling wajah aman tidak untuk kulit

Eksfoliasi, Apakah Aman dan Cocok untuk Semua Tipe Kulit?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2020 . Waktu baca 10 menit