Keramas setiap hari sebenarnya tidak apa, terutama jika rambut Anda berminyak dan Anda beraktivitas di daerah berpolusi tinggi atau beriklim lembap. Tapi, keramas dengan busa shampo berlimpah bukan satu-satunya jalan keluar untuk mendapatkan rambut sehat berkilau.

Kandungan kimia dan alkohol dalam shampo bisa membuat kulit kepala Anda gatal dan kering, menyebabkan kulit kepala menghasilkan lebih banyak minyak. Inilah sebabnya Anda mencuci rambut semakin sering.

Tertarik untuk coba mencuci rambut tanpa shampo? Walau mungkin memerlukan waktu yang lama bagi Anda untuk membiasakan diri hingga hasil akhirnya bisa Anda miliki, tapi manfaatnya juga akan bertahan lama. Bayangkan rambut tebal dan sehat idaman Anda, tanpa harus berurusan dengan reaksi kimia pada tubuh Anda. Ditambah lagi, rambut Anda bisa tetap bersih lebih lama. Hemat waktu, bukan?

Baking soda

Caranya, basahkan tangan dan ambil bubuk baking soda secukupnya. Gosokkan baking soda ke kulit kepala Anda selama kurang lebih satu menit. Lalu bilas hingga bersih.

Alternatif lainnya, Anda bisa cairkan baking soda dengan air hangat dan gunakan larutan tersebut untuk mencuci rambut. Jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih.

Baking soda bersifat basa, sedangkan kulit kepala dan rambut bersifat asam. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk membilasnya dengan larutan asam untuk mengembalikan keseimbangan pH rambut.

Seberapa sering harus ‘keramas’ dengan baking soda? Untuk hasil yang optimal, sebaiknya beri jarak antar sesi keramas setiap empat hari sekali.

‘Shampo’ baking soda cocok untuk Anda yang memiliki rambut halus, berminyak, lurus, atau bergelombang. Baking soda mungkin akan terlalu keras jika digunakan pada rambut kering dan kasar.

Cuka apel

Cuka apel bersifat asam, pasangan yang cocok digunakan sebagai alternatif conditioner setelah Anda ‘keramas’ dengan baking soda.

Cukup campurkan satu-dua sendok makan cuka apel ke dalam satu gelas air, atau setengah cangkir cuka dan setengah cangkir air, sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.

Aplikasikan larutan cuka di sepanjang rambut dan di seluruh kulit kepala, gosok dan diamkan beberapa menit. Bilas hingga benar-benar bersih.

Jus lemon

Asam sitrus yang dikandung lemon bisa membantu menyingkirkan ketombe.

Jika rambut Anda lurus atau rentan ketombe, gunakan larutan jus lemon (setengah cangkir jus lemon, setengah cangkir air hangat) sebagai pengganti shampo. Gosokkan ke seluruh rambut dan kulit kepala selama 10 menit, sisir dengan jari dan kemudian bilas hingga bersih.

3 hal yang tak boleh dilakukan saat keramas tanpa shampo

Jika Anda sudah membulatkan tekad untuk mengurangi penggunaan bahan kimia pada rambut dan kulit kepala dengan cara mengganti shampo dengan bahan lainnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar rutinitas baru ini berhasil, dan rambut pun jadi lebih sehat.

1. Jangan mengganti rutinitas keramas dengan tiba-tiba

Jika Anda adalah orang yang tergolong hobi keramas setiap hari, rutinitas baru ini mungkin akan mengagetkan Anda.

Untuk membiasakan rutinitas shampo Anda yang baru, coba lakukan keramas berselang hari. Misalnya, cuci rambut dengan shampo biasa malam ini, lalu cuci rambut dengan salah satu ‘shampo’ alternatif yang sudah disebutkan di atas, dua hari kemudian. Turunkan terus frekuensi shampo botolan Anda hingga akhirnya perlahan-lahan Anda bisa benar-benar terlepas dari shampo.

2. Jangan mengharapkan hasil instan

Selama masa transisi dari shampo botolan ke produk alternatif ramah lingkungan di atas, mungkin Anda akan mengalami masa di mana rambut akan sangat berminyak selama beberapa hari (bahkan bisa berminggu-minggu), namun hal ini tidak akan bertahan lama.

Saat Anda tidak keramas, rambut Anda tentu akan memproduksi minyak lebih banyak dan membuat tampilannya lepek. Tapi ini adalah reaksi alami. Rambut Anda akan mulai terbiasa dari waktu ke waktu dengan rutinitas baru Anda, sampai pada akhirnya kelenjar minyak di kulit kepala bisa mengontrol produksi minyak kembali seperti semula.

3. Jangan memfokuskan perawatan hanya pada batang rambut

Tujuan keramas adalah membersihkan rambut dengan menggelontorkan minyak dan kotoran yang menempel di setiap helai rambut. Tapi jika Anda memilih untuk tidak keramas dengan shampo botolan, fokuskan perawatan pada kulit kepala.

Rambut yang sehat adalah cermin dari kulit kepala yang sehat. Kerahkan segala usaha Anda untuk mengusap dan membersihkan kulit kepala untuk menyebarkan minyak alami rambut demi pertumbuhan helai rambut yang sehat dan merata.

BACA JUGA:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca