5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Memiliki kulit yang bersih dan bercahaya merupakan impian setiap wanita. Selain dewy skin yang sudah lebih dulu populer, tren kecantikan wajah pada wanita kini bertambah dengan adanya glass skin. Apa itu glass skin dan apa langkah perawatan yang perlu dilakukan untuk mendapatkannya?

Apa itu glass skin?

Glass skin merupakan istilah untuk menggambarkan kulit yang sangat halus seperti tanpa pori, kencang, dan bercahaya sehingga terlihat hampir bening dan transparan serta tampak seperti kaca. Tren kecantikan kulit ini pertama kali diperkenalkan dari Korea Selatan. Kini, tren tersebut sudah menjamur ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Sama seperti dewy skin, kunci untuk mendapatkan kulit sebening kaca, yaitu kulit yang sangat lembap, tampak sangat muda, dan juga sehat. Namun, tidak seperti dewy skin, glass skin menonjolkan kehalusan pada kulit serta kulit yang sangat terhidrasi.

Langkah-langkah perawatan untuk mendapatkan glass skin

Tidak ada cara instan dan cepat untuk mendapatkan glass skin. Anda perlu melakukan berbagai langkah perawatan kulit yang konsisten dan rutin untuk mendapatkannya. Lalu, apa langkah perawatan yang perlu dilakukan? Berikut tipsnya, sebagaimana yang dilakukan wanita Korea Selatan, untuk Anda:

1. Menghilangkan breakout atau kerusakan pada kulit

Kunci utama mendapatkan glass skin, yaitu kulit yang halus. Untuk itu, bila memiliki breakout atau kerusakan pada kulit, seperti kulit yang berjerawat, bekas jerawat, kulit bruntusan, dan lainnya, Anda perlu menghilangkan kondisi tersebut untuk mendapatkan kulit yang halus.

American Acedemy of Dermatology menyebut jerawat dapat terjadi pada siapapun yang disebabkan oleh sel kulit mati atau bakteri yang memunculkan peradangan. Selain menggunakan obat jerawat dari dokter, Anda dapat menggunakan cara alami mengobati jerawat, seperti minyak pohon teh (tea tree oil), baking soda dan madu. Namun, perlu diingat, tidak semua cara ini ampuh untuk semua orang dan tidak semua jerawat bisa hilang secara instan.

2. Pakai skin care secara teratur dan rutin

Kunci kedua untuk mendapatkan kulit sebening kaca, yaitu rutin dan teratur menggunakan produk perawatan kulit atau skin care pada pagi dan malam hari. Berikut langkah penggunaan skin care yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan glass skin. 

  • Membersihkan kulit wajah dengan teknik double cleansing, yaitu membersihkan wajah secara dua kali. Pertama, bersihkan muka dengan bahan dasar minyak atau micellar water, lalu kedua dibilas atau dicuci dengan menggunakan sabun cuci muka.
  • Lakukan eksfoliasi dua atau tiga kali seminggu untuk menghilangkan sel kulit mati, meminimalkan pori-pori kulit sehingga kulit tidak tampak kusam. Gunakan scrub atau exfoliating toner yang mengandung AHA atau BHA yang bermanfaat untuk kulit.
  • Gunakan hydrating toner untuk memaksimalkan pembersihan sekaligus melembutkan kulit.
  • Gunakan essence dan serum untuk mengatasi masalah kulit Anda, seperti bercak pada kulit, penuaan, serta memberikan kelembaban.
  • Jangan lupa untuk menggunakan moisturizer atau pelembap pada wajah agar kulit Anda semakin lembap.
  • Anda pun bisa sesekali menggunakan sheet mask atau masker alami untuk wajah yang bermanfaat menenangkan kulit, memperbaiki kerusakan kulit, serta melembapkan kulit.

3. Gunakan sunscreen

Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya atau sunscreen saat Anda akan beraktivitas keluar rumah untuk mendapatkan glass skin. Sunscreen akan melindungi Anda dari bahaya sinar UV untuk kesehatan kulit. Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 untuk mendapatkan perlindungan maksimal.

4. Perbanyak minum air putih

Selain melakukan perawatan langsung pada kulit, Anda pun perlu memperbanyak minum air putih. Air putih bermanfaat untuk kesehatan Anda, termasuk kulit. Dengan banyak minum air putih, Anda akan terhindar dari dehidrasi kulit sehingga bisa menjadi lebih lembut dan halus. Selain air putih, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air, seperti timun, melon, dan tomat pun sangat direkomendasikan.

5. Pola hidup sehat

Anda pun perlu menerapkan pola hidup sehat untuk mendukung perawatan kulit, demi mendapatkan glass skin, seperti tidak merokok, rajin berolahraga, dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Manfaat Minyak Rosehip untuk Kecantikan Kulit

Salah satu jenis minyak yang bermanfaat untuk kecantikan kulit, yaitu minyak rosehip. Apa saja manfaat dari minyak rosehip ini?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 14/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Mana yang Lebih Baik: Eksfoliasi Pakai Chemical Peeling atau Scrub?

Mungkin Anda bingung lebih baik pilih chemical peeling atau scrub untuk perawatan kulit. Ternyata perawatan kulit perlu menyesuaikan kondisi kulit Anda.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 26/03/2020 . Waktu baca 4 menit

4 Trik Mengatasi Kulit Kering di Bawah Mata

Mengatasi kulit kering di bawah mata dapat dilakukan dengan perawatan dan konsumsi asupan bernutrisi untuk menjaga kelembapan kulit.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Manfaat Tanaman Mugwort untuk Kesehatan Kulit

Mugwort mengandung vitamin serta senyawa antioksidan dan antiradang sehingga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Apa saja manfaat tersebut?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 17/03/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . Waktu baca 5 menit
memilih kosmetik untuk kulit sensitif

Tips Memilih Kosmetik yang Aman bagi Kulit Sensitif

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 04/06/2020 . Waktu baca 5 menit
perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020 . Waktu baca 4 menit
merawat kulit saat karantina

Penyebab Masalah Kulit Saat Karantina dan Cara Merawatnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . Waktu baca 6 menit