Apa Manfaat BB Cream dan Apa Bedanya Dengan Pelembab Biasa?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 April 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

BB cream adalah jenis make up yang sedang digemari oleh seluruh wanita hampir di seluruh belahan dunia. Faktanya, sejak kemunculan BB cream pertama kali di tahun 2011, jenis make up ini semakin terkenal dan digunakan oleh banyak wanita.

Pada awalnya, fenomena BB cream ini muncul dari negeri ginseng, kemudian menyebar ke seluruh dunia. Hampir mirip dengan pendahulunya, yaitu alas bedak (foundation), BB Cream hadir untuk membuat kulit wajah Anda lebih rata. Bahkan tidak hanya itu, banyak manfaat BB cream yang bisa Anda dapatkan. Sebenarnya, apa sih BB cream itu? Apa saja kandungan dan manfaat BB cream?

Manfaat BB cream, si krim yang multifungsi

Beauty balm cream atau BB cream adalah sebuah produk kecantikan yang berbentuk krim yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit wajah dan menyempurnakan warna kulit wajah yang tidak merata. Walaupun hampir sama kegunaannya dengan alas bedak atau foundation, tapi BB cream hadir dalam bentuk yang lebih ringan dan praktis, sehingga memang krim ini tidak akan terasa berat saat dipakai.

Tidak hanya itu, jika menggunakan BB cream Anda tidak perlu lagi menggunakan primer base, pelembap, dan tabir surya khusus wajah  sebelumnya, maka tidak heran BB cream dianggap produk yang cukup lengkap dan efisien.

Lalu apalagi yang bisa dilakukan oleh BB cream ini? Banyak manfaat BB cream yang membuat sebagian besar wanita – mungkin termasuk juga Anda – yang lebih memilih BB cream sebagai pelengkap make up-nya sehari-hari. berikut adalah manfaat BB cream yang bisa Anda dapatkan:

  • Melindungi kulit wajah dari sinar matahari, karena sebagian besar produk BB cream sudah mengandung sun protection factor (SPF). Meskipun kadar SPF masing-masing merek akan berbeda, namun biasanya SPF yang ada di dalam BB cream berkisar antara SPF 15-30.
  • Dapat memperlambat penuaan. BB cream juga mengandung berbagai zat yang mampu membuat Anda awet muda, seperti antioksidan, peptides, vitamin A, vitamin E, dan vitamin C.
  • Meratakan warna kulit. Biasanya BB cream hadir dalam beberapa pilihan warna kulit dan hal ini memudahkan Anda untuk menyesuaikan dengan warna kulit Anda yang dominan.
  • Menyamarkan sedikit noda hitam dan kemerahan di wajah. BB cream mampu menutupi noda bekas jerawat yang membuat penampilan Anda tidak sempurna.
  • Melembapkan dan melembutkan kulit, sebab BB cream mengandung berbagai zat yang dapat membuat kulit Anda tetap lembap dan lembut, seperti dimethicone – yang juga terdapat di primer make up.

Untuk sehari-hari, perlu pakai BB cream atau foundation?

Sebenarnya, hal ini tergantung dengan selera Anda. Tetapi, foundation memang lebih cocok digunakan bila Anda ingin menggunakan make up yang lengkap dan flawless, sementara BB cream bisa jadi pilihan jika Anda ingin terlihat lebih alami dan natural. Untuk menutupi noda dan ketidaksempurnaan wajah, foundation masih lebih unggul dibandingkan dengan BB cream. Namun, apabila Anda memiliki waktu yang sedikit untuk bersiap pergi ke kantor, maka BB cream adalah pilihan yang tepat untuk tampil praktis dan wajah tetap terlihat menarik.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Hati-hati jika punya riwayat penyakit ginjal kronis atau akut. Komplikasinya bisa merambat sampai otak, disebut dengan ensefalopati uremikum.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Urologi, Ginjal 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Lama-lama, seks bisa jadi membosankan. Apakah artinya sudah tak saling cinta lagi? Bisakah hubungan suami istri terasa nikmat seperti dulu lagi?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Anda sering melihat bullying tapi tidak tahu harus berbuat apa? Anda ingin menolong korban tapi takut? Cari tahu di sini apa yang harus Anda lakukan!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Psikologi 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Seks dengan Lampu Menyala

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
kebugaran jantung

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
pasangan malu berhubungan intim

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
cedera kaki pakai tongkat kruk

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit