Personal Trainer Seperti Apa yang Cocok Dipilih Sebelum Berolahraga?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/10/2019
Bagikan sekarang

Pelatih pribadi atau personal trainer adalah salah satu pekerjaan yang paling berkembang pesat di dunia, termasuk di Indonesia. Di jakarta, tren olahraga di gym masih tetap populer. Hal ini terbukti dari dibukanya beberapa club baru maupun cabang yang semakin di perluas. Jika Anda ingin olahraga ke gym untuk mengurangi berat badan atau hanya sekadar agar tetap bugar, berikut adalah beberapa petunjuk dalam memilih jasa personal trainer secara bijak.

Yang perlu Anda perhatikan saat memilih jasa personal trainer

Yang paling penting dan utama dari menyewa jasa personal trainer profesional adalah mereka dapat mengomunikasikan fungsi anatomi, fisiologi, serta manfaat dari suatu latihan atau gerakan kepada Anda dengan baik. Ada terlalu banyak personal trainer yang hanya sekadar menyelesaikan 1-3 bulan pelatihan sebagai pelatih, kemudian mendapat titel pelatih pribadi bersertifikat. Mereka memang telah menyelesaikan minimal kualifikasi dalam hal teori, tetapi sama sekali tidak memiliki pengetahuan dalam praktik atau aplikasinya. Atau sebaliknya, punya pengalaman, namun tidak memiliki dasar pengetahuan. Orang-orang seperti ini mungkin cocok sebagai konsultan atau motivator fitness, tapi bukan sebagai pelatih profesional.

Faktanya, akan jauh lebih mahal ketika Anda membayar jasa personal trainer dengan harga murah tetapi tidak melihat hasil yang signifikan, dibandingkan membayar lebih tetapi dapat membuktikan sendiri hasilnya dalam kurun waktu 6 minggu. Jika Anda betul-betul menginginkan hasil yang aman dan bertahan lama serta risiko cedera yang kecil, Anda harus bisa membedakan antara motivator dan pelatih profesional.

Ketika Anda mempertimbangkan untuk menyewa jasa personal trainer, ada 2 aspek utama yang harus dipertimbangkan:

  1. Kualifikasi dan sertifikasi apa yang mereka miliki. Seorang pelatih profesional yang berkualifikasi memiliki latar belakang edukasi fisiologi, kesehatan, pelatihan atletik, kinesiologi, atau sejenisnya.
  2. Pengalaman kerja. Apakah mereka pernah menguji kemampuan mereka di gym atau lingkungan klinis, mengembangkan kemampuan praktik mereka, serta berada di bawah pengawasan?

Tetapi dalam perputaran informasi seperti sekarang, hal ini menjadi semakin sulit dan kualifikasi di atas tidak dapat menjamin apa-apa tentang kebenaran atas efektivitas dari pelatih pribadi yang Anda pekerjakan.

Walaupun begitu, berikut adalah beberapa pertanyaan tambahan yang harus Anda tanyakan untuk menjamin bahwa personal trainer yang Anda pilih memang layak untuk dipekerjakan.

1. Penilaian apa yang mereka gunakan

Sebelum memutuskan menggunakan jasa personal trainer, penilaian harus selalu diutamakan. Mustahil untuk menentukan jenis latihan apabila pelatih/praktisi tidak melakukan penilaian pada area pergerakan sendi, postur tubuh, kekuatan keseimbangan, pola pergerakan, fleksibilitas, dan lain sebagainya. Penilaian ini akan memberi tahu pelatih atas jenis latihan dan program apa yang diperlukan. Tanpa penilaian ini, Anda mungkin akan diminta melakukan latihan yang berbahaya bagi kondisi fisik Anda.

Penilaian yang baik tentu termasuk penilaian terhadap nutrisi, gaya hidup, serta suplemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Bagaimana mereka mengikuti dan menganalisis kemajuan Anda

Apa yang tercatat dan teranalisis dari setiap klien akan berbeda, tetapi harus tetap selalu ada sistem untuk mengetahui program dan kemajuan Anda.

Pemantauan ini dapat berguna untuk pelatih dalam mengetahui benar bagaimana kondisi kliennya sehingga penyesuaian dapat dilakukan apabila diperlukan.

3. Lihat beberapa contoh dari program pelatihan mereka

Tidak ada program yang dapat dipakai untuk semua kebutuhan klien. Anda harus melihat kesesuaian antara hasil penilaian dan program pelatihan untuk mengetahui apa yang paling cocok untuk seseorang.

Sebelum mantap menggunakan jasa personal trainer, tanyakan beberapa contoh program yang sudah mereka buat. Jika semua program itu terlihat sama, maka itu berarti Anda tidak akan mendapat pelayanan secara personal, yang berakibat pada hasil yang tidak memuaskan untuk Anda. Ditambah lagi, bukankah Anda membayar untuk pelatih pribadi yang artinya programnya disesuaikan khusus untuk Anda?

4. Apa pendapat mereka tentang mesin olahraga?

Mesin sangatlah kurang efektif karena hanya “melatih” beberapa otot saja dan tidak membiarkan tubuh Anda bergerak secara alami. Sebenarnya hal ini akan meningkatkan risiko cedera saat latihan, dan bahkan saat Anda menggunakan tubuh Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Jika program pelatih memiliki lebih dari 3 latihan yang menggunakan mesin seperti leg press, chest press, atau terutama mesin yang berhubungan dengan perut, maka hati-hatilah!

Hal lain yang harus diperhatikan

manfaat personal trainer di gym

Jika calon personal trainer dapat menjawab semua pertanyaan-pertanyaan di atas, dan jawabannya dapat memuaskan Anda, mungkin mereka dapat membantu Anda untuk mencapai target yang Anda inginkan. Menggunakan jasa personal tariner bukanlah tentang “menyiksa” Anda dalam melakukan latihan, karena itu mungkin tidak akan sesuai atau tidak efektif. Penilaian terhadap kebutuhan Anda dan penentuan program yang sesuai untuk pencapaian tujuanlah yang membuat latihan pribadi menjadi berguna.

Ya, personal trainer Anda harus benar-benar dapat menentukan program yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda demi mencapai  hasil yang diinginkan.

Sebagai tambahan untuk pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, seorang pelatih profesional haruslah seorang yang bugar. Karena, apabila seseorang tidak dapat menolong dirinya sendiri untuk menjadi sehat dan bugar, bagaimana bisa mereka menolong Anda?

Terakhir, Anda harus merasa nyaman dengan pelatih itu sendiri, dengan cara mereka berkomunikasi dan bagaimana kalian menghabiskan waktu bersama. Mempekerjakan seorang pelatih dapat secara signifikan meningkatkan efektivitas dan mengefisienkan latihan Anda, karena mereka dapat memfasilitasi Anda dengan struktur dan petunjuk. Namun, jika Anda tidak melihat adanya hasil dalam 4 minggu, Anda harus bertanya lebih banyak lagi pertanyaan.

Jadilah seorang klien yang perhatian dan pastikan Anda mendapat yang sepadan dengan apa yang Anda bayar. Semoga berhasil!

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Artikel dari ahli Phil Kelly

8 Aturan Diet yang Salah Besar dan Tak Perlu Anda Percaya Lagi

Tak semua aturan diet harus Anda ikuti. Ya, ternyata ada beberapa aturan diet yang dibuat untuk dilanggar! Aturan diet yang seperti apa? Cari tahu di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team
aturan diet yang salah
Nutrisi, Hidup Sehat 19/12/2016

6 Vitamin yang Bisa Membantu Menghilangkan Lemak di Tubuh Anda

Olahraga bukanlah satu-satunya cara untuk menghilangkan lemak dan membentuk tubuh. Anda juga butuh asupan vitamin yang tepat. Lantas, vitamin apa saja?

Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team
menghilangkan lemak
Nutrisi, Hidup Sehat 19/12/2016

Apakah Olahraga Kardio Menyebabkan Lemak di Perut?

Latihan kardio memang memiliki banyak manfaat. Sayangnya, jika dilakukan secara berlebihan, latihan ini justru dapat menyebabkan penumpukkan lemak di perut.

Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team
lemak di perut
READ MORE FROM Phil Kelly

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Apakah Anda sedang dalam program menurunkan berat badan? Adakah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Cara ini menarik untuk disimak!

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Tips Makan Sayuran Agar Mudah Dicerna oleh Tubuh

Tahukah Anda jika cara makan sayuran dan penyajiannya tidak tepat, membuat sayur jadi sulit dicerna tubuh. Simak tips berikut untuk mengatasinya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat serat kenapa penting

Kenapa Penting Makan Makanan Berserat?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
turun berat badan naik setelah diet

3 Penyebab Berat Badan Naik Lagi Setelah Diet

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 30/05/2020
karbohidrat untuk diet

7 Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Anda yang Sedang Diet

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020