5 Jenis Olahraga Ampuh untuk Membebaskan Anda dari Stres

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 Mei 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Aktivitas Anda setiap hari tentu tidak lepas dari stres. Jika mampu diatasi, Anda dapat menjalani hari tanpa rasa cemas maupun gelisah. Sebaliknya, jika Anda tidak mampu mengatasi stres yang membebani pikiran, kualitas hidup akan menurun. Anda sulit berpikir jernih, susah tidur, dan jadi tidak produktif saat bekerja. Agar terbebas dari stres, Anda bisa memulainya dengan olahraga. Kira-kira olahraga apa yang ampuh mengurangi stres? Baca ulasannya berikut ini.

Benarkah olahraga mampu mengatasi stres?

Stres bisa memengaruhi kesehatan Anda dari kaki hingga ujung rambut. Hampir 77 persen orang yang mengalami stres merasakan sakit kepala, insomnia, cemas, berat badan naik, nyeri otot, gangguan pencernaan, dan sulit konsenstrasi.

Menyingkirkan stres tanpa menyelesaikan akar permasalahannya memang sulit. Namun, mempelajari bagaimana Anda menghadapi stres adalah cara terbaik untuk menekan beberapa gejala stres. Salah satu caranya dengan aktivitas fisik, seperti olahraga.

“Saat Anda melakukan aktivitas fisik, tubuh Anda memproduksi hormon endorfin. Hormon ini bekerja untuk melawan stres. Jadi, olahraga dapat membebaskan pikiran Anda dari berbagai masalah,” ujar Frank Lupin, MS, pelatih atlet berlisensi di Coordinated Health, seperti dilansir dari Everyday Health.

Selain itu, gerakan badan juga membuat otot tubuh aktif bekerja sehingga melancarkan peredaran darah. Ditambah dengan latihan pernapasan yang dilakukan sebelum atau sesudah olahraga, aktivitas fisik ini merangsang tubuh agar lebih rileks.

Berbagai jenis olahraga yang ampuh mengurangi stres

Berikut ada beberapa olahraga yang dapat meningkatkan stamina sekaligus mengusir stres dari pikiran Anda, antara lain:

1. Jalan santai atau jalan cepat

manfaat jalan mundur

Berjalan adalah olahraga paling mudah dilakukan. Sangat cocok untuk dilakukan oleh Anda bagi yang baru memulai aktivitas sehat ini sebagai kegiatan rutin. Baik itu jalan santai atau jalan cepat, gerakan kaki berulang ini dapat melepaskan ketegangan pada beberapa otot, menenangkan sistem saraf, dan juga melatih pernapasan Anda jadi lebih baik.

Selain itu, jalan santai atau jalan cepat juga bisa memanjakan mata Anda. Anda bisa menikmati rindangnya pohon-pohon di taman yang jarang Anda lihat. Bahkan, bisa jadi waktu menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga, pasangan, atau pun teman.

Untuk memulainya, lakukan aktivitas ini setidaknya 10 menit setiap 2 kali seminggu. Setelah dua atau tiga minggu berikutnya, tingkatkan frekuensi dan durasi olahraga secara bertahap. Disarankan untuk melakukan jalan santai atau jalan cepat selama 30 menit setiap hari untuk mengelola stres.

2. Menari

Menari meningkatkan kelincahan tubuh ketika bergerak. Itu artinya otot dalam tubuh harus menegang dan melakukan relaksasi. Selain itu, setiap gerakan juga meningkatkan detak jantung.

Manfaat menari yang dapat mengurangi stres adalah tumbuhnya kontak dan hubungan dengan orang lain. Misalnya ketika Anda berusaha menyamakan ritme tarian supaya tetap kompak. Semua itu akan mengalihkan pikiran Anda dari berbagai masalah. Otak akan kembali fresh, dan Anda dapat kembali berpikir jernih.

3. Yoga

yoga untuk menurunkan berat badan

Berbagai postur yoga yang membuat tubuh jadi lebih lentur ternyata mampu mengurangi ketegang otot. Latihan memusatkan pikiran melalui pernapasan dalam dapat memicu respons relaksasi tubuh dan menjadi kunci untuk mengelola stres.

Anda bisa melakukan yoga sendiri di rumah dengan panduan dari video atau mengikuti kelas yoga khusus pemula yang dipandu oleh pelatih yoga. Beberapa kelas yoga yang bisa Anda pilih untuk mengurangi stres antara lain hatha, ashtangam vinyasa, atau bikram.

4. Tai chi

olahraga terbaik untuk penyakit jantung

Tai chi, salah satu bela diri asal Tiongkok ini bukan hanya mengandalkan gerakan tubuh. Konsentrasi juga harus ditingkatkan dalam setiap gerakan. Olahraga ini meningkatkan kelenturan tubuh dan meningkatkan stamina.

Jika olahraga ini dikombinasikan dengan tidur cukup dan tepat waktu, kesehatan jiwa Anda juga akan membaik. Gejala stres yang Anda rasakan juga akan berkurang.

5. Tenis

Sumber: Prischew

Olahraga tenis harus dimainkan berpasangan, sehingga Anda pun membangun ikatan dengan orang lain. Olahraga ini membutuhkan gerak tubuh serta konsentrasi tinggi.

Setiap Anda mendapatkan poin, perasaan puas dan bangga bisa mengurangi stres yang membebani. Selain itu, olahraga ini juga sehat untuk jantung dan dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Stres Ternyata Membuat Seseorang Menerima Berita Buruk dengan Berbeda

Siapa yang tidak pernah merasa stres? Faktanya, ketika seseorang dilanda stres disebut dapat mengubah cara mereka menangani kabar buruk. Benarkah demikian?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Psikologi 4 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Perawat Lansia, Simak 5 Strategi Mengatasi Stres Berikut, Yuk!

Tekanan dalam pekerjaan yang dihadapi oleh para perawat lansia sering kali membuat stres. Berikut strategi untuk mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Perawatan Lansia 24 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

Begini Cara Mengatasi Stres Karena PHK Akibat dari Pandemi COVID-19

Imbas dari COVID-19 membuat sebagian pekerja diberhentikan dari pekerjaannya dan merasa stres. Yuk, kenali cara mengatasi stres karena PHK di sini.

Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 4 Mei 2020 . Waktu baca 7 menit

Kenapa Kita Suka Tanpa Sadar Menghela Napas Saat Merasa Stres?

Tanpa disadari, anda akan menghela napas saat lelah dan stres. Kenapa hal ini bisa terjadi secara spontan dan apa hubungannya dengan kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Hidup Sehat, Psikologi 26 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berimajinasi mengatasi stres

Berimajinasi Bantu Atasi Stres dan Gangguan Kecemasan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 7 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
olahraga mengurangi cemas depresi

3 Jenis Olahraga yang Bantu Mengurangi Perasaan Cemas dan Depresi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 14 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
cedera olahraga

10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 11 Juni 2020 . Waktu baca 8 menit
stres mengubah bentuk otak

Stres Berkepanjangan Ternyata Bisa Mengubah Bentuk dan Fungsi Otak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 7 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit