3 Gerakan Sederhana yang Manjur Atasi Pergelangan Tangan Sakit (Carpal Tunnel Syndrome)

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Bagi Anda yang seharian kerjaannya duduk di depan laptop atau komputer, mungkin sering mengalami merasa sakit di pergelangan tangan. Kondisi ini biasanya terjadi akibat carpal tunnel syndrome (CTS). Memang, masalah ini sebetulnya dapat membaik sendiri tanpa pengobatan. Namun, daripada hanya duduk menunggu sampai hilang sendiri, mengapa tidak Anda coba olahraga ringan untuk meredakan pergelangan tangan sakit akibat CTS? Psstt.. Intip gerakan olahraganya di bawah ini, ya!

Apakah olahraga ampuh mengatasi pergelangan tangan sakit?

Selain pergelangan tangan sakit, gejala CTS juga meliputi pegal, sering kesemutan, hingga sensasi mati rasa yang biasanya menjalar sampai ke jari-jari. Lantas, apakah gejala tersebut bisa diatasi dengan gerakan olahraga?

Jawabannya iya! Meski tidak mudah dan terasa sakit, menggerakkan pergelangan tangan secara rutin sedikit banyak bisa membantu meredakan nyerinya, lho.

Dengan melakukan gerakan olahraga ringan, hal ini bermanfaat untuk:

1. Meringankan gejala CTS yang ringan sampai sedang

Memang tidak mudah untuk menggerakkan pergelangan tangan sakit akibat CTS. Akan tetapi jika dikombinasikan dengan perawatan lain, seperti membebat pergelangan tangan atau suntik kortikosteroid, gerakan olahraga ini bisa membantu meringankan nyerinya.

Bahkan, John Diblasio, MPT, DPT, CSCS, seorang ahli terapi fisik dari Vermont, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa gerakan olahraga tertentu dapat mempercepat penyembuhan sekaligus menjauhkan Anda dari operasi carpal tunnel syndrome.

2. Mencegah tumbuhnya jaringan parut

Bila Anda baru saja menjalani operasi carpal tunnel syndrome, hal ini biasanya dapat memicu pertumbuhan jaringan parut pada bekas sayatan. Namun jangan khawatir, risikonya bisa ditekan dengan rutin olahraga tangan, lho!

Latihan menggerakkan pergelangan tangan secara perlahan dapat membantu menyembuhkan trauma bekas operasi. Termasuk juga mencegah fraktur pada tulang pergelangan tangan.

Gerakan yang aman untuk carpal tunnel syndrome

Mengalami pergelangan tangan sakit akibat CTS memang menghambat aktivitas Anda. Sebagai solusinya, cobalah untuk sedikit-sedikit rutin melakukan gerakan olahraga ini untuk meringankan nyerinya.

Gerakan ini sangat mudah dan bisa Anda lakukan di mana saja, lho. Entah saat sedang bekerja, menunggu antrean, atau sedang bersantai ria. Yuk, luangkan beberapa menit setiap hari untuk melakukan gerakan sederhana berikut ini.

1. Meregangkan jari-jari tangan

Sumber: Healthline

Pertama, satukan kedua telapak tangan seperti ingin bertepuk tangan di depan dada. Setelah itu, rentangkan jari jemari Anda layaknya pegas (per) seperti ilustrasi di atas. Tempelkan jari-jari Anda jangan sampai renggang atau terpisah.

Gerakan sederhana ini dapat membantu melenturkan fasia palmaris, saraf median, dan sendi-sendi pergelangan tangan yang meradang akibat CTS. Lakukan secara rutin supaya pergelangan tangan yang sakit bisa terus membaik.

2. Kibas-kibas telapak tangan

Sumber: Healthline

Kibas-kibas telapak tangan Anda seolah sedang mengeringkan tangan. Lakukan gerakan peregangan ini sambil menarik dan membuang napas secara teratur.

Meski terlihat sederhana dan mudah dilakukan, jenis peregangan tangan ini punya banyak manfaat. Tak hanya meringankan nyeri, gerakan olahraga ini juga dapat mencegah kekakuan otot fleksor dan saraf median saat beraktivitas. Alhasil, pergelangan tangan sakit jadi jarang kambuh di lain waktu.

3. Lenturkan pergelangan tangan

Sumber: Healthline

Luruskan lengan Anda yang terasa sakit ke depan dan lemaskan jari-jari Anda. Setelah itu, gunakan tangan yang satunya untuk sedikit menekan punggung tangan ke arah bawah, seperti ilustrasi di atas.

Meski mungkin akan terasa sakit dan tidak nyaman, cobalah tahan posisi ini selama beberapa detik. Kalau sudah mulai terbiasa, tambah waktunya sedikit demi sedikit hingga maksimal 20 detik. Lakukan hal yang sama pada tangan yang satunya.

Gerakan olahraga yang satu ini dapat membantu menjaga kelenturan pergelangan tangan Anda. Apalagi kalau dilakukan secara rutin, setidaknya 3 kali untuk setiap tangan, rasa nyeri akibat carpal tunnel syndrom akan berkurang dan berangsur-angsur membaik.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca