backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Water Heater Terbaik untuk di Kamar Mandi

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    10 Rekomendasi Water Heater Terbaik untuk di Kamar Mandi

    Cuaca yang dingin mungkin membuat Anda ingin mandi dengan air hangat, terutama mandi pada pagi hari. Namun, tentunya akan lebih repot jika Anda harus merebus air terlebih dahulu jika ingin mandi air hangat. Agar lebih praktis, Anda bisa coba menggunakan water heater atau pemanas air. Bila tertarik, Anda bisa mempertimbangkan beberapa rekomendasi water heater terbaik di bawah ini.

    Cara kami memilih water heater terbaik

    Memilih water heater atau pemanas air yang terbaik untuk mandi air hangat di kamar mandi perlu mempertimbangkan berbagai faktor.

    Hal ini untuk memastikan Anda mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

    Ada beberapa tipe pemanas air yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti berikut ini.

    1. Tankless water heater (pemanas air tanpa tangki)

    • Cara kerja: Memanaskan air secara langsung tanpa menggunakan tangki penyimpanan. Air dipanaskan oleh elemen pemanas saat mengalir menuju keluaran.
    • Kelebihan: Efisiensi energi tinggi, menghemat ruang, dan menyediakan air panas tak terbatas sesuai kebutuhan.
    • Kekurangan: Harga awal dan biaya instalasi yang lebih tinggi, kapasitas terbatas tergantung pada ukuran unit.

    2. Water heater dengan tangki penyimpanan

    • Cara kerja: Memanaskan dan menyimpan air panas dalam tangki sehingga siap digunakan kapan saja.
    • Kelebihan: Biaya awal lebih rendah, mudah diinstal, cocok untuk penggunaan air panas yang tinggi secara bersamaan di rumah.
    • Kekurangan: Lebih boros energi karena harus mempertahankan suhu air dalam tangki, membutuhkan ruang yang lebih besar untuk penempatan.

    3. Heat pump water heater (hybrid electric water heater)

    • Cara kerja: Menggunakan panas dari udara dan tanah untuk memanaskan air, menggabungkan teknologi pompa panas dengan elemen pemanas tradisional.
    • Kelebihan: Sangat efisien energi, bisa lebih murah dioperasikan dibandingkan pemanas air listrik tradisional.
    • Kekurangan: Harga awal yang tinggi, membutuhkan ruang yang cukup karena unitnya lebih besar, performa bisa terpengaruh oleh suhu lingkungan.

    4. Solar water heater

    • Cara kerja: Menggunakan panel surya untuk menangkap dan mengubah energi matahari menjadi panas, yang kemudian digunakan untuk memanaskan air.
    • Kelebihan: Sangat ramah lingkungan, mengurangi pemanasan global, mengurangi tagihan energi, memanfaatkan sumber energi terbarukan.
    • Kekurangan: Biaya instalasi awal yang tinggi, ketergantungan pada kondisi cuaca dan sinar matahari, mungkin memerlukan sistem backup untuk hari mendung.

    5. Gas water heater

    • Cara kerja: Memanaskan air menggunakan gas alam atau LPG, bisa berupa sistem dengan tangki atau tankless.
    • Kelebihan: Biaya operasional lebih rendah dibandingkan dengan pemanas listrik, pemanasan lebih cepat dibandingkan pemanas listrik.
    • Kekurangan: Biaya awal dan instalasi bisa tinggi, memerlukan ventilasi yang baik untuk gas buang.

    Pilih tipe pemanas air terbaik untuk Anda sesuai beberapa faktor. Ini termasuk kebutuhan penggunaan air panas, biaya awal dan operasional, kondisi iklim tempat tinggal, serta ketersediaan sumber energi.

    Amankah mandi dengan water heater untuk kesehatan??

    Mandi menggunakan water heater umumnya aman untuk kesehatan jika peralatan tersebut dioperasikan dengan benar dan dipelihara secara teratur. Air panas yang dihasilkan oleh pemanas air sendiri tidak secara intrinsik membahayakan kesehatan. Bahkan, melansir A Healthier Michigan, mandi dengan air panas memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti meredakan stres, mengurangi ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu membersihkan kulit.

    10 Rekomendasi merk water heater terbaik

    Berikut ini rekomendasi pemanas air kamar mandi terbaik yang tersedia di pasaran.

    1. Krisbow Water Heater Listrik

    Water heater listrik dari merk Krisbow ini diklaim terbaik karena hemat energi dan hanya membutuhkan daya 350 watt.

    Air panas juga dapat disimpan lebih lama hingga 15 liter, sehingga tidak perlu terlalu sering menggunakan mesin.

    Selain itu, pemanas air ini tersedia dengan bentuk yang minimalis, tahan karat, tahan lama, dan antibakteri serta dilengkapi termostat yang bisa membaca suhu minimal 20°C dan maksimal 70°C.

    Pengaturan suhu mesin pemanas air ini per 1°C serta dengan safety sensor thermal cut off yang akan bekerja pada suhu 95°C.

    Agar lebih aman, terdapat juga sistem pengaman listrik ELCB untuk melindungi mesin dari arus pendek atau kebocoran arus listrik.

    2. Midea Water Heater D10-02VA

    Midea Water Heater D10-02VA merupakan mesin pemanas air yang memiliki kapasitas 10 liter dengan klaim 20% air lebih panas.

    Mesin pemanas menggunakan teknologi antibakteri dari Jepang, sehingga diklaim lebih terjaga kebersihannya.

    Selain itu, ada juga fitur keamanan yang canggih dengan menggunakan multi-safety protection (anti dry heating, overheat protection, high hydraulic pressure protection, earthing protection).

    3. Gas Water Heater Niko Onsen (LED)

    Seperti namanya, pemanas air dari Niko Onsen menggunakan energi gas untuk memanaskan air hingga kapasitas 6 liter/m, dengan water filter atau saringan agar air yg masuk ke alat tetap bersih dan alat tetap awet.

    Pemanas air ini diklaim sangat praktis karena saat buka kran, air sudah langsung hangat. Bisa juga digunakan untuk internal dan eksternal dengan penampilan lebih mewah.

    Dilengkapi pula dengan Flame Failure Safety, yang merupakan fitur pengaman gas yang akan menutup aliran gas secara otomatis jika terjadi kesalahan pembakaran pada tungku.

    Ada juga pengatur waktu (timer) yang akan mati secara otomatis setelah 20 menit tidak digunakan serta Overheat Protector untuk mencegah terjadinya kerusakan pada alat akibat overheat atau terlalu panas.

    4. Advance GWH50 Gas Water Heater

    Advance GWH50 Gas Water Heater merupakan pemanas air yang menggunakan gas untuk penggunaannya.

    Air yang keluar dari pemanas ini bertekanan rendah saat pertama dinyalakan, sehingga cocok untuk penggunaan di lantai atas.

    Pemanas air ini juga dilengkapi dengan fitur agar bisa otomatis mati jika terjadi pemadaman api untuk mencegah kebocoran serta memiliki perlindungan overheating pada mesin pemanas.

    5. Rinnai REU5CFC Gas Water Heater

    Ini adalah pemanas air dari Rinnai dengan energi gas dan mampu menampung air 5 liter/menit.

    Diklaim ekstra aman, pemanas air ini memiliki fitur gas antibocor, anti-overheating pada mesin, antipembakaran tidak sempurna, dan penghenti air otomatis (safety timer).

    Pemanas air ini juga dilengkapi LCD display untuk menunjukan temperatur air.

    6. MODENA Electric Water Heater

    Pemanas air terbaik dari merk MODENA ini menggunakan listrik berdaya 250 watt untuk memanaskan air.

    Untuk menyimpan air yang sudah dipanaskan, tersedia tangki yang bisa menampung hingga 10 liter.

    Terdapat pengatur temperatur yang bisa membantu menyesuaikan suhu air yang diinginkan. Untuk menjaga kebersihan air, pemanas dilengkapi pipa antikarat.

    Ada juga fitur pelengkap, seperti pengaman listrik dan katup tekanan, agar pemanas lebih aman saat digunakan.

    7. Ariston Gas Water Heater Fast R

    Ariston Gas Water Heater Fast R adalah pemanas air tanpa listrik, tetapi menggunakan gas LPG untuk proses pemanasan yang cepat.

    Komponennya diklaim tahan lama karena terbuat dari tembaga yang antikarat. Unit pemanas air juga disebut tetap bisa bekerja menghasilkan air panas walau tekanan air rendah.

    Sebagai keamanan ekstra, terdapat fitur untuk mencegah api menyala ketika tidak ada aliran air.

    Unit pemanas air juga akan mati secara otomatis jika suhu air terlalu tinggi, sedangkan aliran gas akan berhenti jika tidak ada api sehingga mencegah kebocoran gas.

    8. TORA Gas Water Heater GWHGA

    Sesuai dengan namanya, ini merupakan pemanas air dari TORA yang bekerja dengan tenaga atau bahan bakar gas (tabung LPG) untuk memaskan air hingga kapasitas 6 liter.

    Pemanas air ini memiliki desain body yang kuat dan elegan serta diklaim mampu memanaskan air dengan cepat.

    Dilengkapi juga dengan tombol pengatur suhu air, tombol pengatur api, tombol pengatur aliran air, dan tombol ON/OFF untuk memudahkan penggunaannya.

    9. Panasonic Water Heater 15HCMRW

    Merk Panasonic mengeluarkan pemanas air ini dengan kapasitas 15 liter dan dilengkapi indikator LED agar mudah melihat suhu air yang diinginkan.

    Pemanas dilengkapi dengan teknologi yang dipatenkan Panasonic dari Jepang, yaitu styrofoam berbentuk lengkung yang melindungi tangki untuk memperlambat perpindahan panas, sehingga mengurangi kehilangan panas.

    Tangki airnya juga terbuat dari stainless steel buatan Jepang yang diproduksi menggunakan bahan berkualitas dan tahan lama.

    Mesin pemanasnya pun diklaim aman dari api dan risiko rendah terjadi kebakaran karena lapisan luar body terbuat dari baja.

    10. Electrolux Water Heater Storage AquaPro EWS301DX-DWM

    Water heater AquaPro yang berasal dari merk Electrolux ini diklaim bagus dan mampu memanaskan air dengan tenaga listrik hingga 30% lebih cepat.

    Tersedia tiga pilihan daya listrik, yaitu 300W, 500W, dan 800W, dengan suhu air maksimal 75℃ hingga 93℃.

    Ada juga tempat penyimpanan air untuk menyimpan air yang sudah dipanaskan.

    Dari daftar rekomendasi water heater yang bagus di atas, Anda bisa memilih pemanas air kamar mandi terbaik yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda.

    Anda bisa menentukan berdasarkan cara memilih pemanas air seperti yang telah disebutkan di atas.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Fakta medis diperiksa oleh

    Hello Sehat Medical Review Team


    Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan