Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Salah satu masalah kecantikan yang sering dialami oleh banyak orang adalah bagian leher yang menghitam. Hal ini biasanya bukan hanya disebabkan oleh sel kulit mati atau kumpulan debu yang menempel pada kulit yang biasa disebut dengan daki. Bisa jadi kulit leher hitam adalah tanda dari suatu kondisi medis tertentu.

Berbagai penyebab kulit leher hitam yang perlu Anda tahu

Jika Anda memiliki kulit leher hitam, ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebabnya. Di antaranya adalah iritasi akibat adanya gesekan pada leher, pola kebersihan yang kurang terjaga dengan baik misalnya lembab, dan paparan sinar matahari.

Penyebab lainnya bahkan bisa karena penyakit kulit yang dipicu gangguan insulin atau acanthosis nigricans, dan radang kulit. Acanthosis nigricans merupakan kondisi  area lipatan seseorang menjadi lebih hitam dan biasa terjadi pada orang gemuk atau diabetes.

Lipatan yang sering terjadi adalah lipatan leher, ketiak, ataupun selangkangan. Penyebab dari acanthosis nigricans ini dapat dipengaruhi karena reaksi obat-obatan ataupun pengaruh hormonal.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin ataupun dokter kecantikan mengenai hal ini. Mereka akan menilai apakah yang Anda alami ini memang acanthosis nigricans atau hanya variasi pigmen kulit yang normal.

Jika memang acanthosis nigricans dan Anda bertubuh gemuk, mengurangi berat badan dapat membantu dalam mengatasi acanthosis tersebut.

Umumnya, bila tidak disertai dengan gejala penyerta lainnya maka kemungkinan kondisi yang Anda alami bukan merupakan suatu hal yang perlu dikhawatirkan.

Sebaiknya periksakan langsung kepada dokteruntuk memperoleh penanganan yang tepat perlu waspada apabila kondisi yang Anda alami disertai dengan keluhan penyerta lainnya seperti:

  • rasa gatal berlebihan,
  • nyeri,
  • radang yang meluas,
  • penurunan berat badan secara drastis,
  • dan lain-lain.

Cara menghilangkan hitam di leher Anda

1. Kontrol berat badan Anda

Jika Anda memang memiliki berat badan berlebih atau cenderung obesitas, Anda harus mengontrol berat badan Anda. Hal ini dapat mengurangi acanthosis nigricans yang Anda alami. Anda bisa memulai pola hidup dan pola makan yang lebih sehat.

Olahraga secara teratur dimulai dari yang ringan dan mudah dilakukan bisa Anda coba. Jaga gula darah Anda tetap stabil, hindari makanan yang membuat tubuh Anda kelebihan lemak.

2. Kebersihan leher saat mandi

Bagian leher apalagi bagian belakang merupakan bagian yang sering dilupakan saat membersihkan tubuh atau mandi. Dengan kurang dibersihkannya bagian tersebut, maka lama-kelamaan, kotoran dan daki akan semakin menebal.

Untuk mengatasi ini, mulailah membiasakan diri untuk membersihkan bagian leher, terutama bagian belakangnya agar daki yang menumpuk mulai menipis.

Jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin, dalam kurun waktu satu minggu saja, kulit leher hitam akan berangsur kembali ke warna semula.

3. Manfaatkan masker alami

Ada beberapa jenis tanaman, buah, atau bahan tertentu yang dipercaya bisa mengatasi leher hitam Anda. Di antaranya yaitu lidah buaya, lemon, serta kentang.

Lidah buaya

Lidah buaya bisa mengatasi leher hitam karena ia kaya akan antioksidan yang tidak hanya melembabkan tetapi juga mencerahkan kulit leher.

Cara menggunakannya yaitu dengan membelah dua lidah buaya, ambil gelnya dan dijadikan masker ke leher. Untuk hasil maksimal, Anda juga bisa menambahkan sedikit madu atau minyak zaitun. Setelah beberapa menit, bersihkan masker menggunakan air hangat.

Lemon

Hampir sama dengan khasiat lidah buaya, Anda juga bisa memanfaatkan lemon sebagai masker leher. Cara menggunakannya hampir sama dengan lidah buaya, yaitu mengoleskan air jaruk lemon pada bagian leher menggunakan kapas.

Setelah kering, cuci bersih menggunakan air hangat. Lemon bisa mengatasi kulit kusam dan hitam karena mengandung antioksidan, asam sitrat dan vitamin C yang bisa membuat kulit cerah dan lembab.

Kentang

Masker lainnya yaitu kentang, karena ia mengandung enzim catecholase dan vitamin C yang bisa mencerahkan dan melembabkan leher. Parut kentang atau blender hingga halus. Setelah itu bisa langsung dioleskan ke leher.

Anda juga bisa menambahkan pasta kentang tersebut dengan minyak zaitun ataupun madu. Jika sudah mengering, cucilah leher dengan air hingga bersih.

Lakukan pemakaian masker alami ini setidaknya dua kali dalam sehari. Hasilnya mungkin tidak langsung terlihat, tetapi jika Anda rutin melakukannya, maka dalam beberapa minggu tidak hanya bagian gelap pada leher yang hilang.

Anda juga bisa mendapatkan kulit leher yang lembut dan tidak kering dengan masker berbahan kentang ini.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Bulu mata membantu membangun karakter wajah seseorang. Tidak heran jika bulu mata rontok bisa bikin Anda minder. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar dan tidak rata bisa mengganggu penampilan. Masker alami bisa mengecilkan pori-pori, Anda bisa memilih sesuai dengan tipe kulit.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Penuaan

Setiap orang akan mengalami penuaan. Gaya hidup dan riwayat kesehatan membuat orang bisa mengalami penuaan lebih dini. Apa saja tandanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Lansia 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama

Di mobil duduk, di kantor duduk, sampai rumah duduk lagi. Apa kira-kira efeknya pada kesehatan kita?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

skincare anti-aging usia 50 tahun

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tips waxing di rumah

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
kaki lemas

Kaki Terasa Lemas Tiba-Tiba? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit