Berbagai Jenis Penyakit Lidah yang Bisa Dideteksi dari Warnanya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Lidah memiliki banyak saraf yang membantu mendeteksi dan mengirimkan sinyal rasa ke otak, seperti rasa manis, asam, pahit, dan asin. Lidah sangat penting untuk mengunyah, menelan makanan, dan berbicara.

Lidah yang sehat adalah lidah yang berwarna merah muda dan ditutupi oleh papilla. Karena Anda selalu menggunakan lidah untuk berbicara, makan atau minum, maka Anda perlu menjaga kesehatan lidah agar tidak mengalami masalah yang dapat mengganggu kenyamanan Anda. Meskipun sebagian besar masalah lidah tidak serius dan dapat diatasi dengan cepat, namun, Anda tetap perlu mengetahui masalah apa saja yang dapat terjadi pada lidah.

Uniknya, warna lidah Anda bisa menunjukkan gangguan apa yang dialami oleh lidah.

Jika lidah memiliki lapisan putih atau bintik putih

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan lidah memiliki lapisan putih atau bintik putih, di antaranya :

  • Sariawan. Terjadi karena infeksi jamur yang berkembang di dalam mulut. Kondisi ini dapat dialami oleh semua orang, namun lebih sering terjadi pada orang yang menggunakan obat jenis steroid atau dengan sistem imun yang lemah.
  • Lichen planus oral. Merupakan jaringan garis putih yang muncul di lidah Anda, yang dapat berbentuk seperti renda. Kondisi ini biasanya membaik dengan sendirinya, terutama jika Anda melakukan perawatan kebersihan gigi yang baik, menghindari tembakau, dan mengurangi makanan yang mengganggu mulut Anda.
  • Leukoplakia. Merupakan suatu kondisi di mana sel-sel di dalam mulut tumbuh secara berlebihan, yang menyebabkan bercak putih di lidah dan di dalam mulut. Meskipun jinak dan tidak berbahaya, kondisi ini dapat berkembang menjadi kanker mulut. Sehingga jika Anda memiliki kondisi ini, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Jika warna lidah merah tua

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi jika lidah Anda yang semula berwarna merah muda menjadi merah terang:

  • Kekurangan vitamin. Kekurangan asam folat dan vitamin B-12 dapat menyebabkan lidah Anda mengalami kemerahan.
  • Lidah geografik (geographic tongue) adalah kondisi kelainan pada permukaan lidah, yang ditandai dengan munculnya papila tipis dan berwarna merah muda keputih-putihan yang menyerupai gambaran pulau-pulau dan menutupi permukaan lidah.
  • Demam scarlet. Merupakan infeksi yang menyebabkan lidah memiliki penampilan seperti stroberi (merah dan bergelombang).
  • Penyakit kawasaki. Juga menyebabkan lidah berwarna seperti stroberi yang disertai dengan demam, serta bengkak atau kemerahan pada tangan dan kaki.

Jika lidah berwarna hitam dan berambut

Sama seperti rambut, papila di lidah Anda juga tumbuh sepanjang hidup Anda. Pada beberapa orang, papila tumbuh memanjang dan cenderung membawa bakteri. Jika tumbuh, papila ini akan terlihat gelap dan hitam, sehingga menyerupai rambut. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang tidak mempraktikkan kebersihan gigi dan mulut dengan baik. Orang yang menggunakan antibiotik, menjalani kemoterapi, dan penderita diabetes lebih cenderung mengalami kondisi ini.

Jika lidah sakit atau bergelombang

Benjolan yang menyakitkan di lidah dapat disebabkan oleh:

  • Lidah yang tidak sengaja tergigit dapat menimbulkan rasa sakit pada lidah.
  • Merokok secara berlebihan dapat mengiritasi lidah dan membuatnya terasa sakit.
  • Kanker mulut. Benjolan atau sakit pada lidah Anda yang tidak hilang dalam dua minggu dapat menjadi indikasi adanya kanker mulut.

Jaga kesehatan gigi, mulut, dan lidah Anda!

Untuk mencegah terjadinya masalah pada lidah, Anda perlu menjaga kesehatan gigi dan mulut, salah satunya dengan menyikat gigi dan lidah. Anda juga perlu melihat kondisi lidah Anda secara rutin, sehingga jika ditemukan sesuatu yang salah, Anda dapat langsung mengetahuinya dan langsung memeriksakannya ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengobatinya dengan tepat.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca