Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Setelah Cabut Gigi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21/06/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jika dokter gigi menyarankan Anda untuk mencabut gigi, jangan panik. Ketika gigi bandel tersebut mulai mengganggu kesehatan mulut Anda, mematuhi apa kata dokter bisa jadi keputusan terbaik yang Anda buat selama ini.

Dalam kebanyakan kasus, rasa sakitnya bisa pulih beberapa hari setelah cabut gigi. Tapi Anda tetap perlu bermain aman dan mengikuti semua petunjuk perawatan setelah cabut gigi agar dapat sembuh total dan mencegah komplikasi.

Apa saja, sih, yang boleh dan tidak boleh dilakukan setelah cabut gigi?

Yang tidak boleh dilakukan setelah cabut gigi

  • Jangan berkumur dalam 24 jam setelah cabut gigi, meludah dengan kencang, atau mencolek/menyentuh area bekas cabut gigi dengan lidah atau obyek lainnya.
  • Hindari minuman keras dalam 24 jam setelah cabut gigi. Alkohol mendorong perdarahan dan menunda penyembuhan.
  • Hindari makanan atau minuman panas atau pedas sampai sensasi kebas mereda. Anda tidak dapat merasakan sakit saat sedang mati rasa dan dapat membakar mulut Anda. Jangan pula gunakan sedotan saat minum (gerakan menyeruput yang menekan sisi dalam mulut dapat memecahkan bekuan darah).
  • Jangan menggigit pipi — sengaja atau tidak.
  • Jangan mendengus atau buang ingus. Tekanan dapat menggeser atau memecahkan bekuan darah. Jika Anda sedang pilek atau alergi, gunakan obat yang tepat untuk mengobatinya.
  • Hindari merokok dalam 24 jam setelah cabut gigi, dan kalau bisa teruskan dalam beberapa hari ke depan. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah yang merisikokan perdarahan, sehingga memperlambat proses pemulihan. Gerakan mengisap rokok juga bisa mengempiskan gumpalan darah.
  • Hindari olahraga selama 3-4 hari setelah cabut gigi. Jika Anda penggiat olahraga rutin, sadari bahwa asupan cairan dan kalori normal Anda akan berkurang pasca operasi. Olahraga setelah operasi dan aktivitas fisik berat lainnya dapat meningkatkan perdarahan, pembengkakan, dan sensasi tidak nyaman. Kegiatan yang harus Anda lakukan setelah cabut gigi hanya dibolehkan istirahat atau duduk di sofa. Tapi usahakan jangan berbaring telentang. Sangga kepala dengan bantal untuk menghindari perdarahan.

Yang boleh dilakukan setelah cabut gigi

  • Minum obat penghilang rasa sakit — misalnya ibuprofen, paracetamol atau obat kombinasi yang mengandung codeine. Lebih baik lagi jika diminum segera setelah cabut gigi, jangan tunggu sampai rasa sakitnya muncul. Akan jauh lebih mudah untuk mencegah daripada mengobati. Tapi hindari aspirin. Jika Anda sudah diresepkan antibiotik, pastikan Anda habiskan seluruh dosisnya sesuai petunjuk.
  • Untuk membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak, tempelkan kompres dingin atau es di sisi pipi yang sakit selama 10-20 menit. Letakkan kain tipis di antara kompres dan kulit Anda.
  • Ganti kain kasa sebelum digenangi oleh darah, meski perdarahan setelah cabut gigi seharusnya tidak parah-parah amat. Jika demikian, itu berarti gumpalan kain kasa Anda hanya menyempil di antara gigi, bukannya menekan daerah luka bedah. Coba atur ulang posisi kain kasa. Jika perdarahan berlanjut atau mulai lagi, duduk tegak atau bersandar dengan menyangga kepala, stop aktivitas fisik, kompres es dan/atau gigit pada kasa selama 1 jam atau kantong teh basah selama 30 menit. Asam tannic dalam daun teh membantu mempercepat pembekuan darah.
  • Setelah 24 jam Anda baru boleh berkumur, terutama setiap habis makan. Kumur mulut Anda dengan lembut menggunakan larutan air garam  (1 sdt garam dan 1 cangkir air hangat) beberapa kali sehari untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Pastikan bahwa lubang gigi bersih dari semua sisa makanan, tapi jangan berkumur terlalu keras. Ini dapat melonggarkan bekuan darah dan menunda penyembuhan.
  • Setelah cabut gigi, Anda boleh menyikat gigi dengan perlahan.Penting untuk menjaga mulut dan lokasi cabut gigi sebersih mungkin. Hati-hati untuk tidak mengempiskan gumpalan darah saat menyikat dekat lokasi cabut gigi selama 3-4 hari ke depan.
  • Makan hanya makanan/minuman lunak dan suam-suam kuku — dingin lebih baik — selama satu-dua hari ke depan. Misalnya puding, sup, yogurt, milkshake buah, smoothie, kentang tumbuk, dll. Suplemen vitamin C juga dapat membantu pemulihan. Baru kemudian Anda mulai boleh menambahkan makanan padat secara bertahap seiring waktu.
  • Tanyakan dokter gigi Anda apabila ia menyediakan gel chlorine dioxide. Gel ini adalah terapi penyembuh terbaik untuk perawatan setelah cabut gigi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Adakah Cara untuk Memperbaiki Lapisan Enamel Gigi yang Rusak?

Enamel merupakan lapisan gigi yang ketika rusak tidak bisa kembali normal dengan sendirinya. Lalu, adakah cara untuk memperbaiki kerusakan pada enamel gigi?

Ditulis oleh: Roby Rizki
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 17/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Membedakan Stres, Depresi, dan Gangguan Kecemasan

Setiap orang pernah mengalami stres. Tapi tidak semua orang mengalami depresi atau gangguan kecemasan. Lalu, apa bedanya stres dan depresi serta kecemasan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Psikologi 09/06/2020 . Waktu baca 6 menit

8 Cara Mencegah Sakit Gigi

Saat sakit gigi, minum obat pereda nyeri adalah hal yang paling mudah meredakan sakitnya. Agar tidak berulang, coba cara mencegah sakit gigi, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 24/05/2020 . Waktu baca 6 menit

7 Gejala Sakit Gigi yang Perlu Anda Waspadai

Siapa yang tidak pernah merasakan sakit gigi? Agar tidak merasakan nyeri serta ngilu terlalu lama, ketahui dulu gejala-gejala sakit gigi di bawah ini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 21/05/2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat prostat

Obat-obatan yang Bisa Digunakan untuk Mengatasi Penyakit Prostat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 8 menit
Konten Bersponsor
baking soda untuk gigi

Cara Kerja Baking Soda untuk Membantu Memutihkan Gigi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 24/07/2020 . Waktu baca 4 menit
penyebab cantengan; kuku cantengan

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
cara menjaga kesehatan gigi

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . Waktu baca 4 menit