home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Proses Pemasangan Gigi Palsu dari Awal Sampai Akhir yang Perlu Anda Ketahui

Proses Pemasangan Gigi Palsu dari Awal Sampai Akhir yang Perlu Anda Ketahui

Gigi ompong akan membuat Anda kesulitan untuk mengunyah makanan atau bahkan berbicara. Bukan hanya itu saja, kondisi gigi ompong juga dapat menurunkan rasa percaya diri. Nah, jika Anda salah satu empunya gigi ompong, melakukan prosedur pasang gigi palsu bisa jadi solusi mengembalikan senyum yang indah.

Gigi palsu merupakan salah satu cara merapikan gigi agar kondisinya kurang lebih sama seperti sedia kala. Tidak hanya untuk masalah estetika, gigi palsu berfungsi menggantikan gigi yang tanggal atau rusak sehingga tidak mengganggu proses mengunyah atau berbicara.

Pertanyaan selanjutnya, manakah jenis gigi palsu yang sesuai dengan kebutuhan? Lalu, seperti apa proses pemasangan gigi palsu dan apa saja hal yang perlu Anda persiapkan? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Jenis-jenis gigi palsu

jenis gigi palsu

Gigi tanggal atau ompong dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari kerusakan gigi akibat penyakit gusi (periodontitis), faktor usia, benturan keras yang mengenai mulut, dan berbagai faktor lain yang dapat merusak gigi.

Apapun penyebabnya, gigi yang ompong harus segera diganti dengan gigi yang baru. Pasalnya, gigi yang dibiarkan ompong dapat mengubah struktur tulang rahang sehingga wajah jadi tidak simetris. Belum lagi Anda mungkin akan mendapati keluhan sulit mengunyah makanan dan berbicara sehari-hari.

Supaya tidak telanjur mengalami berbagai hal tersebut, Anda dapat melakukan prosedur pasang gigi palsu. Dikutip melalui American Dental Association, gigi palsu adalah gigi tiruan yang bisa dilepas pasang dan biasanya terbuat dari bahan akrilik, nilon, atau metal. Gigi palsu lepasan ini dibuat sangat mirip dengan gigi asli.

Berdasarkan jenisnya, gigi palsu dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Gigi palsu lengkap

Gigi palsu lengkap merupakan gigi tiruan yang dibuat untuk menggantikan semua gigi Anda yang hilang, entah itu yang gigi bagian atas, gigi bagian bawah, maupun keduanya. Jenis gigi palsu ini biasanya lebih banyak digunakan oleh lansia yang rata-rata sudah tidak memiliki gigi sama sekali.

2. Gigi palsu sebagian

Gigi palsu sebagian adalah gigi tiruan dibuat hanya untuk menggantikan dan mengisi celah pada satu atau beberapa gigi yang hilang. Jenis gigi palsu sebagian umumnya menggunakan material plastik, nilon, atau pelat logam dengan sejumlah gigi palsu yang melekat.

Penggunaan gigi palsu sebagian dapat dipertimbangkan apabila masih terdapat gigi alami dengan struktur yang kuat. Sehingga gigi alami dapat dijepit dan menahan gigi tiruan.

Pada kasus gigi ompong sebagian, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jenis gigi palsu permanen, seperti implan gigi atau bridge gigi yang prosedur persiapan dan pemasangannya pun berbeda. Jenis gigi tiruan ini bersifat permanen sehingga tidak dapat dilepas pasang seperti gigi palsu pada umumnya.

Persiapan sebelum pasang gigi palsu

pasang gigi palsu di dokter gigi

Sebelum pasang gigi palsu, Anda perlu konsultasi dulu beberapa kali dengan dokter bedah gigi. Dokter akan memeriksa keadaan gusi dan tulang penyokong gigi untuk menentukan rencana perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Pemeriksaan ini mungkin akan melibatkan rontgen mulut, film panorama, atau CT scan. Selain pemeriksaan fisik dan pencitraan, dokter juga akan menanyakan riwayat medis Anda secara menyeluruh.

Sampaikan pada dokter bila Anda punya riwayat penyakit tertentu atau sedang rutin minum obat jenis apa pun. Bila dokter menemukan masalah pada tulang penyokong gigi, dokter mungkin akan lebih dulu menjalankan bedah mulut. Tujuannya untuk memperbaiki masalah tersebut supaya stabilitas gigi palsu nantinya tidak terganggu.

Dalam kasus lain, Anda mungkin harus lebih dahulu menjalani prosedur cabut gigi sebelum gigi palsu dipasang apabila kondisi gigi sudah tidak sempurna lagi. Bila kondisi gigi dan mulut di sekitar lokasi pemasangan sudah dalam keadaan baik, Anda baru bisa menjalani prosedur pasang gigi palsu.

Prosedur pemasangan gigi palsu

prosedur pemasangan gigi palsu

Berdasarkan jenisnya, berikut proses pemasangan gigi palsu yang perlu Anda ketahui.

Pemasangan gigi palsu lengkap

Gigi palsu lengkap dapat dipasang setelah seluruh gigi bagian atas atau bawah dicabut. Proses pasang gigi palsu jenis ini dapat dilakukan segera setelah Anda mencabut gigi atau menunggu beberapa waktu (konvensional).

Pada gigi palsu konvensional, dokter akan mencetak gigi baru setelah semua gigi yang rusak dicabut, kemudian menunggu waktu untuk gusi dan tulang penyokong gigi menyesuaikan dengan keadaan baru. Ini artinya, Anda mungkin membutuhkan beberapa kali kunjungan ke dokter gigi sebelum gigi palsu berhasil dipasang.

Bagian gusi tempat gigi dicabut harus dipastikan sudah benar-benar sembuh. Biasanya, proses penyembuhan gusi setelah cabut gigi memakan waktu sekitar 2-3 bulan. Selama waktu ini, Anda dapat diberikan gigi palsu sementara supaya Anda lebih mudah untuk mengunyah dan menggigit makanan.

Selain itu ada pula gigi palsu yang dapat langsung dipasang setelah gigi dicabut. Jadi, Anda tak perlu menunggu waktu pemulihan gusi setelah semua gigi dicabut terlebih dulu. Namun karena proses pemasangannya cepat, maka gigi palsu ini memerlukan waktu penyesuaian yang lebih banyak.

Dikutip dari Oral Health Foundation, hal ini dikarenakan tulang penyokong gigi dan gusi dapat menyusut dan berubah bentuk, terutama selama enam bulan awal sejak gigi Anda dicabut. Sehingga gigi palsu Anda mungkin perlu disesuaikan atau diganti tergantung hasil konsultasi dengan dokter.

Pemasangan gigi palsu sebagian

Gigi palsu sebagian digunakan untuk mengganti satu atau lebih gigi yang hilang. Selain tentu gigi tiruan ini memiliki fungsi untuk mengisi ruang gigi yang kosong. Pemasangan gigi palsu sebagian juga mencegah gigi asli lainnya berubah posisi.

Gigi palsu sebagian terdiri dari gigi pengganti yang melekat erat pada plastik berwarna merah muda dengan tampilan mirip gusi. Gigi pengganti kemudian dihubungkan dengan kerangka logam yang berfungsi menahan gigi palsu agar tetap berada tempatnya. Kerangka logam ini juga berfungsi sebagai pengait supaya Anda dapat melepas dan menggunakannya kembali dengan mudah.

Sebelum pasang gigi palsu, dokter akan mencetak gigi dan tulang penyokong gigi terlebih dahulu dengan menggunakan lilin khusus. Anda akan diminta dokter untuk mencoba contoh gigi palsu beberapa kali dulu.

Proses coba-coba ini bertujuan supaya gigi tiruan nantinya benar-benar pas dan nyaman ketika digunakan. Setelah pas, gigi palsu yang sebenarnya akan dibuat untuk Anda.

Ketika pertama kali menggunakan gigi palsu, Anda mungkin akan merasa agak aneh dan seperti ada yang mengganjal di mulut. Sensasi ini akan hilang seiring waktu, kurang lebih selama beberapa minggu sebelum Anda mulai terbiasa.

Jika selama proses ini Anda menemui masalah mulut, seperti gusi berdarah atau bau mulut tak wajar sebaiknya segera berkonsultasi dan kunjungi dokter Anda untuk dilakukan pengecekan sekaligus penyesuaian pada gigi palsu.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

nhs.uk. 2017. Dentures (False Teeth). [online] Available at: <https://www.nhs.uk/conditions/dentures/> [Accessed 3 July 2019].

Ada.org. 2019. [online] Available at: <https://www.ada.org/~/media/ADA/Publications/Files/ADA_PatientSmart_Dentures.pdf?la=en> [Accessed 3 July 2019].

Mouthhealthy.org. 2019. Dentures – American Dental Association – From Mouthhealthy. [online] Available at: <https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/d/dentures> [Accessed 3 July 2019].

Oral Health Foundation. 2020. Dentures. [online] Available at: <https://www.dentalhealth.org/dentures> [Accessed 14 December 2020].

dentures, T., 2020. Types Of Dentures. [online] Ncbi.nlm.nih.gov. Available at: <https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK279192/> [Accessed 14 December 2020].

Foto Penulis
Ditulis oleh Risky Candra Swari pada 21/12/2020
Ditinjau oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
x