Rasa sakitnya gusi bengkak bisa membuat Anda sulit berbicara dan sulit mengunyah. Namun jangan biarkan masalah ini berlarut-larut sehingga aktivitas harian Anda pun jadi terganggu. Simak berbagai hal yang jadi penyebab gusi bengkak berikut cara mengatasinya.

Apa saja penyebab gusi bengkak?

1. Kurang vitamin C

Penyebab gusi bengkak yang paling sering adalah kekurangan vitamin C. Vitamin C mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, termasuk gusi. Vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan kolagen. Jika kadar vitamin C dalam tubuh rendah, maka kemungkinan gusi membengkak semakin besar.

2. Infeksi

Jamur dan virus dapat menyebabkan gusi Anda terinfeksi dan membengkak. Jika Anda memiliki penyakit herpes, kemungkinan besar penyakit tersebut menyebabkan gusi membengkak. Kondisi ini biasa disebut “gingivostomatitis herpetik akut”.

3. Gingivitis

Penyakit gingivitis dapat menyebabkan iritasi dan gusi membengkak. Namun, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka mengidap penyakit ini karena gejalanya yang ringan. Jika tidak memperoleh perawatan, gingivitis bisa berakibat serius dan menyebabkan penyakit periodontitis, yaitu infeksi pada gusi yang bisa merusak dan menghancurkan tulang penyangga gigi. Penumpukan plak akibat bakteri dan sisa makanan pada sela-sela gigi menjadi faktor utama penyebab penyakit ini.

Kehamilan

Gusi bengkak sering terjadi selama masa kehamilan. Pasalnya, peningkatan kadar progesteron selama kehamilan mengakibatkan bakteri lebih mudah untuk tumbuh dan membuat jaringan gusi lebih sensitif terhadap plak.

Bagaimana cara mengatasi gusi bengkak?

Dikutip dari WebMD, ada beberapa cara untuk mengatasi gusi bengkak, di antaranya:

1. Menjaga kebersihan mulut

Menjaga kebersihan mulut menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Pastikan untuk menjaga kesehatan gigi Anda dengan rutin menyikat gigi dua kali sehari. Lakukan pada pagi dan malam hari setelah makan sehingga gigi bersih dari sisa makanan.

Saat menyikat gigi, perhatikan teknik menyikat gigi yang baik. Gunakan pembersih mulut untuk membunuh kuman serta gunakan bulu sikat gigi yang lembut supaya gusi Anda terhindar dari iritasi. Kunjungi dokter gigi untuk membersihkan gigi Anda dari plak dan tartar. Lebih baik lagi, rutin kontrol kesehatan gigi Anda minimal enam bulan sekali.

2. Menjaga kebutuhan nutrisi

Selain menjaga kebersihan mulut, menjaga asupan nutrisi seperti vitamin C dalam makanan yang Anda konsumsi dapat membantu mengatasi gusi bengkak. Perbanyak minum air dan biasakan minum air putih sesudah makan, supaya sisa makanan terbawa air dan tidak tersangkut pada sela-sela gigi.

Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin karena makanan tersebut dapat membuat gusi iritasi. Selain itu, kurangi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi.

3. Hindari stress

Stress dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh Anda. Hal ini tentu akan berdampak pada kesehatan Anda, tentunya kesehatan gusi Anda. Untuk mengurangi stress, Anda bisa merelaksasikan tubuh dan pikiran Anda dengan mendengarkan musik atau melakukan yoga.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca