Kenapa Lidah Jadi Pahit Kalau Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22/10/2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Ketika sedang sakit, Anda mungkin merasa makanan atau minuman apa pun yang dikonsumsi terasa tak enak di mulut. Memang orang yang sedang sakit biasanya akan mengeluhkan lidah yang terasa pahit. Akibatnya, makan dan minum pun jadi tak selera. Padahal ketika sakit, Anda butuh banyak asupan nutrisi lewat makanan dan minuman. Lalu kenapa lidah jadi pahit saat sedang sakit? Ini dia jawaban lengkapnya.

Penyebab lidah jadi pahit ketika sakit

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Brain, Behavior, and Immunity, para ahli menemukan bahwa indra pengecap Anda akan jadi lebih peka terhadap rasa pahit saat sedang sakit. Anda biasanya akan jatuh sakit kalau dalam tubuh Anda terjadi peradangan atau infeksi. Baik itu infeksi virus influenza, infeksi bakteri streptokokus penyebab radang tenggorokan, atau berbagai infeksi lainnya. Ketika mengalami peradangan atau infeksi, kadar protein tertentu dalam tubuh akan meningkat.    

Jenis protein ini dikenal dalam dunia medis dengan sebutan TNF-α (Tumor Necrosis Factor-α). Selain pada orang yang menderita infeksi atau peradangan, protein ini juga banyak ditemukan pada orang dengan penyakit autoimun. Ini karena protein tersebut dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit yang menyerang Anda.

Meningkatnya kadar protein TNF-α (Tumor Necrosis Factor-α) menyebabkan gangguan pada indra pengecap Anda, yaitu lidah. Protein ini mengaktifkan sel-sel tertentu yang bertanggung jawab untuk mengecap rasa pahit. Maka, apa pun yang Anda makan atau minum jadi terasa lebih pahit dari biasanya.

BACA JUGA: Tenggorokan Kering Tapi Tidak Flu, Wajar atau Bahaya?

Penyebab tidak nafsu makan saat sakit

Karena makanan dan minuman yang Anda konsumsi terasa pahit, orang-orang pun akan kehilangan nafsu makan ketika sakit. Hal ini dipicu juga oleh produksi jenis protein bernama sitokin. Bersama dengan protein TNF-α (Tumor Necrosis Factor-α), sitokin bertanggung jawab untuk melawan berbagai jenis penyakit yang menyerang tubuh. Namun, sitokin juga memiliki efek samping, yaitu mengurangi nafsu makan.

Selain itu, hilangnya nafsu makan juga dipengaruhi oleh fungsi tubuh Anda. Kalau Anda makan banyak seperti biasa, itu berarti sistem pencernaan Anda harus bekerja keras untuk mengurangi dan menyerap makanan. Padahal, tubuh memerlukan banyak energi untuk melawan penyakit. Maka, saat sakit tubuh Anda menyerap energi yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya sistem pencernaan Anda melemah dan Anda pun tidak merasakan dorongan untuk makan seperti biasanya.

Meningkatkan nafsu makan saat lidah jadi pahit

Meski tidak nafsu makan karena lidah jadi pahit, Anda tetap membutuhkan berbagai asupan gizi agar tubuh jadi lebih kuat melawan penyakit. Supaya selera makan Anda bertambah, perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Makan sering, dalam porsi kecil

Tak perlu memaksakan diri untuk menghabiskan satu porsi besar makanan Anda. Cobalah untuk mengurangi porsi makanan Anda hingga setengah atau seperempat bagian dari biasanya. Namun, dalam waktu beberapa jam Anda bisa melanjutkan makan lagi. Dengan begitu, pencernaan Anda tidak akan bekerja terlalu keras setiap kali Anda makan. Selain itu, Anda juga tidak perlu menahan rasa pahit untuk waktu yang terlalu lama ketika makan.

BACA JUGA: Ingin Turun Berat Badan? Coba Makan Lebih dari 3 Kali Sehari

2. Makan makanan bergizi

Meskipun Anda tidak banyak makan, pastikan bahwa nutrisi yang diperlukan tubuh seperti protein, vitamin, dan mineral tetap tercukupi. Maka, perbanyak makanan bergizi seperti ayam, daging sapi, sayuran, dan buah-buahan. Daripada Anda makan banyak tapi nutrisinya tidak seimbang, lebih baik padatkan setiap makanan dan minuman Anda dengan nutrisi penting.

3. Tambahkan rempah-rempah

Karena lidah jadi pahit, Anda bisa memperkuat rasa makanan dengan rempah-rempah alami. Selain menambah cita rasa makanan, rempah-rempah tertentu juga berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan. Anda bisa mencoba menambahkan jahe, lada, dan kayu manis dalam masakan seperti sup dan semur. Selain itu, Anda juga bisa menyeduh teh dengan jahe dan kayu manis sebagai alternatif air putih yang biasanya terasa pahit di lidah.

BACA JUGA: 5 Jenis Makanan Penyelamat Jika Anda Tidak Nafsu Makan

4. Makan jeruk

Untuk mengurangi rasa pahit di mulut, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, lemon, atau jeruk bali merah (grapefruit). Selain rasanya yang segar, buah-buahan ini bisa memicu produksi air liur. Air liur akan membantu mulut membersihkan rasa pahit di lidah. Anda bisa memakannya langsung atau memeras sarinya agar lebih mudah dicerna oleh tubuh.  

BACA JUGA: Makan Buah Sebaiknya Sebelum Atau Setelah Makan?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

    Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

    Etika Batuk yang Benar untuk Mencegah Penularan Penyakit

    Batuk ada etikanya, tak bisa sembarangan. Bukan cuma masalah kesopanan, tapi juga demi kesehatan. Simak etika batuk yang benar di sini, yuk.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Batuk, Health Centers 02/07/2020 . Waktu baca 7 menit

    Mengenal Bakteri pada Uang Kertas dan Koin dan Dampaknya bagi Kesehatan

    Uang termasuk salah satu benda yang kotor dan tempat bakteri bersarang. Lalu apa jenis dan dampak kesehatan dari bakteri pada uang kertas dan koin?

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Hidup Sehat, Fakta Unik 30/06/2020 . Waktu baca 4 menit

    Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

    Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    manfaat bersepeda

    Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
    Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
    penyebab cantengan; kuku cantengan

    Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit
    kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

    Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
    anak disunat

    Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit