Kenapa Suara Pria Lebih Berat dan Nge-Bass Ketimbang Suara Perempuan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Ketika Anda bicara di telepon dengan orang yang tidak dikenal, Anda pasti bisa menebak apa jenis kelamin orang tersebut hanya dari suaranya saja. Begitu juga saat Anda mendengar sebuah lagu. Anda mungkin langsung tahu apakah penyanyinya seorang pria atau wanita. Suara manusia memang unik dan bisa ditebak jenis kelaminnya. Berbeda dengan hewan, bukan?

Akan tetapi, sebenarnya seberapa jauh perbedaan suara wanita dan pria? Bagaimana jenis kelamin seseorang menentukan ciri khas atau karakter suaranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.  

Bagaimana suara manusia dihasilkan?

Pada dasarnya, suara manusia dihasilkan dari udara yang ada dalam tubuh Anda. Nah, proses dihasilkannya suara manusia terbagi menjadi tiga tahap utama.

Tahap pertama dimulai saat paru-paru memompa udara keluar menuju pita suara yang terletak di tenggorokan Anda. Tahap kedua yaitu ketika udara melewati pita suara. Karena ada pita suara, udara yang lewat pun jadi bergetar. Proses getaran udara oleh pita suara inilah yang menghasilkan bunyi.

Akan tetapi, bunyi ini tidak akan menjadi suara bila tidak melalui tahap yang terakhir, yaitu artikulasi. Artikulasi terjadi ketika bunyi diubah menjadi suara yang jelas melalui gerakan mulut, lidah, atau pipi bagian dalam.

Seberapa jauh perbedaan suara wanita dan pria?

Menurut para ahli, sebenarnya perbedaan suara wanita dan pria secara matematis tidak jauh berbeda. Namun, karena sejak kecil manusia sudah dibiasakan untuk membedakan mana suara seorang pria dan mana yang suara wanita, Anda pun menjadi sangat sensitif terhadap perbedaan suara wanita dan pria.

Pada kenyataannya, frekuensi suara pria berada pada rentang 65 hingga 260 Hertz. Sementara frekuensi suara wanita tercatat pada rentang 100 sampai 525 Hertz. Ini berarti pria dan wanita dengan frekuensi suara 100 sampai 260 Hertz seharusnya sulit dibedakan kalau hanya didengar dari suaranya saja.

Mengapa suara wanita dan pria berbeda?

Bila suara manusia pada dasarnya berada dalam frekuensi yang selisihnya tidak begitu jauh, lalu apa yang membuat suara wanita dan pria terdengar berbeda? Ini dia jawabannya.

Nada suara

Nada suara manusia atau pitch ditentukan oleh bentuk dan tekanan pada pita suara Anda. Tekanan pita suara sendiri dikendalikan oleh otot-otot laring (pangkal tenggorokan). Nah, semakin besar tekanan pada laring, getaran yang dihasilkan juga semakin cepat. Semakin cepat getarannya, semakin tinggi pula nada suara Anda.

Nah, wanita memang memiliki bentuk dan getaran pita suara yang bisa membuatnya menghasilkan suara dengan nada tinggi. Sedangkan pada pria, getaran yang lebih lambat membuatnya menghasilkan suara dengan nada rendah.

Hormon

Berbagai hormon dalam tubuh Anda berperan penting bagi banyak hal. Salah satunya adalah suara manusia. Pasalnya, sejumlah penelitian membuktikan kalau pria dengan kadar testosteron tinggi memiliki nada suara lebih rendah.

Hal yang sama bisa diamati pada wanita. Keseimbangan hormon akan memengaruhi apakah pita suara dan tenggorokan Anda kering atau cukup lembap. Selain itu, hormon jadi salah satu penentu kekuatan otot-otot laring dan paru-paru untuk memompa udara jadi suara.

Karena keseimbangan hormon dalam tubuh pria dan wanita berbeda, karakter suara yang dihasilkan pun jadi berbeda pula.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Agustus 24, 2017 | Terakhir Diedit: September 6, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca