Tumor Payudara Bisa Dicegah Dengan Rajin Minum Teh, Ungkap Penelitian Baru

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 10/09/2017
Bagikan sekarang

Teh sudah jadi minuman sehari-hari yang disukai banyak orang. Dalam seminggu Anda mungkin minum lebih dari lima cangkir teh. Nah, satu tim ilmuwan dari Swedia rupanya menemukan bahwa minum teh bisa mengutak-atik gen tertentu dalam tubuh wanita dalam jangka panjang. Alhasil, mereka juga menemukan bahwa risiko tumor payudara terlihat menurun pada beberapa wanita yang rajin minum teh daripada yang tidak. Begini penjelasannya.

Efek minum teh pada aktivasi gen dalam tubuh wanita

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Human Molecular Genetics tahun 2017, ada kemungkinan perubahan aktivitas gen pada tubuh wanita yang rutin minum teh. Dalam penelitian ini, perubahan yang terjadi berkaitan erat dengan pengaturan kadar hormon estrogen wanita.

Di dalam tubuh setiap orang, terdapat susunan gen yang begitu rumit dan menakjubkan. Setiap gen memiliki kode khusus yang bertugas untuk mengatur cara kerja setiap organ tubuh pada masing-masing orang.

Akan tetapi, tidak semua gen yang ada dalam tubuh Anda bersifat aktif. Faktor-faktor tertentu seperti lingkungan, gaya hidup, dan pola makan Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan berbagai gen yang dimiliki.

Jadi misalnya Anda punya gen bawaan dari orangtua yang membuat Anda rentan mengalami obesitas. Gen ini belum tentu diaktifkan dalam tubuh Anda sehingga tetap ada kemungkinan Anda tumbuh dengan sehat, tidak mengalami obesitas.

teh tanpa kafein

Akan tetapi, ketika ada faktor seperti gaya hidup yang tidak sehat, kebanyakan konsumsi kalori dan lemak jenuh, serta kurang olahraga, gen bawaan tersebut bisa terpicu jadi aktif sehingga Anda pun mengalami obesitas.

Nah, efek teh pada gen di tubuh wanita yang berhasil diamati oleh para ahli kurang lebih bekerja dengan cara seperti itu. Menurut para ahli, menenggak teh bisa mengaktifkan gen yang bertugas untuk mengendalikan kadar hormon estrogen dalam tubuh wanita.

Perubahan yang terjadi membuat gen memerintahkan tubuh untuk membatasi produksi estrogen. Dengan begitu, wanita yang minum teh bisa mencegah tumbuhnya tumor payudara, yaitu kondisi yang bisa disebabkan salah satunya oleh produksi estrogen berlebihan.

Namun, para ahli masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memahami seperti apa persisnya hubungan antara nutrisi dan kandungan dalam teh dengan perubahan gen pada tubuh wanita. Di samping itu, ilmuwan juga masih harus menguji gen dalam tubuh pria yang suka minum teh.

Berapa batas minum teh yang sehat dalam satu hari?

Meskipun minum teh menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan, kebanyakan minum teh juga tidak baik. Pasalnya, teh mengandung kafein yang bisa menyebabkan gangguan tidur serta kesulitan menyerap zat besi.

Perhatikan juga kadar gula yang Anda tambahkan untuk minum teh. Apakah melebihi batas wajar? Masalahnya, kelebihan gula dalam darah bisa menyebabkan penyakit diabetes atau kencing manis.

Itulah mengapa sebaiknya Anda tetap membatasi konsumsi teh. Usahakan agar Anda tidak minum sebanyak lebih dari lima cangkir sehari.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Penyebab mulut terasa pahit saat puasa biasanya tidak berbahaya. Bisa jadi, mulut terasa pahit karena Anda lalai melakukan hal yang satu ini! Apa ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 19/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020