Segudang Manfaat yang Ditawarkan dari Memelihara Ikan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 11/07/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Sudah bukan rahasia umum lagi jika merawat binatang mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Bagi kebanyakan orang mungkin lebih senang memelihara anjing atau kucing karena dapat diajak berinteraksi. Selain kedua hewan tersebut, ternyata ikan juga cukup populer. Lantas, manfaat apa yang ditawarkan dari memelihara ikan?

Manfaat memelihara ikan

Ikan termasuk binatang peliharaan yang cukup populer karena memiliki sisik yang berwarna cerah hingga perawatannya yang cukup mudah. Bahkan, bagi mereka yang menderita alergi hewan, ikan adalah alternatif yang paling baik. 

Bagi Anda yang ingin mulai memelihara ikan, sebaiknya kenali dahulu apa saja manfaat dari binatang air ini untuk kesehatan. 

1. Mengurangi tingkat stres

memelihara ikan

Salah satu manfaat yang ditawarkan dari memelihara ikan, terutama ikan hias, adalah mengurangi tingkat stres. Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian yang telah dipublikasi di PLoS one

Umumnya, sebagian besar penelitian telah menunjukkan manfaat dari interaksi dan kontak fisik antar manusia dan hewan, seperti anjing dan kucing.

Maka itu, peneliti mencoba mencari tahu apakah ada keistimewaan dari pelihara ikan mengingat tidak melibatkan kontak fisik sama sekali. 

Di dalam penelitian tersebut dilakukan pencarian secara sistematis. Semua bentuk interaksi terhadap ikan dipertimbangkan. Mulai dari memelihara ikan di akuarium pribadi, melihat ikan di akuarium umum, hingga menontonnya di video. 

Setelah 19 studi dilakukan, enam diantaranya menunjukkan bahwa melihat ikan di akuarium membantu mengurangi stres dan rasa cemas. Hal ini terlihat ketika beberapa peserta diminta untuk melihat ikan, baik di dalam video maupun akuarium. 

Detak jantung dan tekanan darah yang menjadi tolak ukur tingkat stres ternyata menurun. Maka dari itu, peneliti menyimpulkan bahwa manfaat dari pelihara ikan dapat membantu menurunkan kadar stres pemiliknya. 

2. Membantu mengelola penyakit diabetes

diabetes tipe 1 pada anak

Tahukah Anda bahwa memelihara ikan dapat membantu beberapa remaja mengelola penyakit diabetes? Dilansir dari News in Health, sebuah penelitian memperlihatkan bahwa merawat ikan dapat membantu remaja penyandang diabetes mengelola penyakit mereka.

Sekelompok remaja yang mengalami diabetes tipe 1 ini diminta untuk memberi makan dan memeriksan kadar air akuarium yang berisi ikan. Lalu, peserta juga melakukan perawatan rutin, seperti mengganti tangki air setiap minggu.  

Di saat yang sama, orangtua dari remaja tersebut juga diajak untuk memperhatikan kadar gula darah mereka. Hasilnya, remaja yang rajin merawat ikan mereka cenderung lebih disiplin memeriksa glukosa darah mereka sendiri dibandingkan remaja yang tidak memelihara ikan. 

Manfaat memelihara ikan yang satu ini cukup baik agar remaja rutin memeriksakan diri secara mandiri seiring dengan merawat hewan peliharaan. 

3. Membantu menenangkan pikiran

Selain mengurangi stres, manfaat memelihara ikan juga dapat membantu Anda menenangkan pikiran. Salah satu suara dari lingkungan sekitar yang kebanyakan orang nilai cukup menenangkan adalah suara air mengalir. Ada jenis musik lainnya yang membuat pikiran rileks, seperti suara ombak laut, badai hujan, dan suara sungai. 

Keistimewaan dari suara air mengalir ini ternyata yang membuat sebagian orang justru senang memancing ikan di sungai. Bukan karena menangkap ikan, melainkan mereka dapat menikmati suara dan keindahan alam di sekitar. 

Sementara itu, bagi mereka yang memelihara ikan di akuarium mungkin lebih senang membawa efek yang menenangkan ke rumah. Pasalnya, setelah akuarium diberikan hiasan dengan batu dan tanaman, menonton ikan berenang juga mengurangi tingkat stres dan rasa cemas. 

Selain itu, suara gemericik gelembung dari tangki, warna ikan, dan latar belakang akuarium juga menambah efek terapi. Tidak heran jika akuarium ikan sering terlihat di ruang tunggu praktik dokter agar pasiennya lebih tenang sebelum masuk ke ruang konsultasi. 

4. Baik untuk perkembangan anak

manfaat memelihara ikan

Memelihara ikan di akuarium tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan orang dewasa, melainkan juga baik untuk perkembangan anak. Selain mengurangi rasa cemas dan menenangkan anak, ikan juga membantu anak belajar tanggung jawab, alam, dan kreativitas mereka. 

Terlebih lagi, ikan merupakan hewan bebas alergi yang baik untuk anak, sehingga mereka dapat belajar bertanggung jawab. Mulai dari mengawasi hingga membantu memberi makan dan perawatan lainnya. 

Imajinasi anak pun dapat dikembangkan ketika mereka ikut membangun ‘taman bermain’ ikan dan meletakkan tumbuhan di akuarium. Saat mereka berhasil menyelesaikan tugas ketika memelihara ikan, kepercayaan diri anak pun meningkat. 

Manfaat memelihara ikan untuk juga membantu anak mengasah keterampilan sosial karena ikan dapat menjadi topik percakapan baru di antara teman-temannya. 

Tips memelihara ikan dengan baik

manfaat memelihara ikan

Walaupun memelihara ikan tidak menimbulkan alergi seperti halnya anjing dan kucing, hewan air ini ternyata bisa menyebabkan sejumlah penyakit. Mulai dari menularkan bakteri salmonella hingga streptococcus iniae yang dapat menginfeksi kulit. 

Maka dari itu, agar Anda dapat memaksimalkan manfaat dari memelihara ikan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar terhindar dari penyakit. 

  • Mencari tahu jenis ikan yang cocok dengan anggota keluarga lainnya.
  • Tidak membiarkan anak berusia di bawah 5 tahun merawat ikan sendirian.
  • Selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah memberi makan.
  • Menggunakan sarung tangan ketika memberi makan ikan jika tangannya terluka.
  • Hindari membersihkan akuarium di dekat orang dengan sistem imun lemah.

Manfaat yang ditawarkan dari memelihara ikan memang baik bagi kesehatan. Namun, jangan lupa untuk menjaga kebersihan diri agar tidak tertular penyakit yang dapat dibawa hewan, ya!

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Perkembangan Anak Usia 8 Tahun, Apakah Sudah Sesuai?

Perkembangan yang dialami anak usia 8 tahun termasuk perkembangan fisik, kognitif, psikologi, dan bahasa. Baca informasi lengkapnya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Anak, Parenting 22/04/2020 . Waktu baca 8 menit

Perkembangan Anak Usia 6 Tahun, Apakah Sudah Sesuai?

Pada usia 6 tahun, anak masih mengalami berbagai perkembangan. Apa saja perkembangannya? Sudahkah sesuai dengan si kecil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Anak, Parenting 20/04/2020 . Waktu baca 9 menit

Hati-hati, Ini Risiko Memelihara Hewan Selama Hamil

Memiliki hewan peliharaan tentu menyenangkan. Namun, memelihara hewan selama hamil memiliki risiko penyakit yang perlu diwaspadai.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 05/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Segudang Manfaat Ikan Mujair yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Kita

Siapa yang tak kenal ikan mujair? Ikan yang hidup di air tawar ini tentu digemari oleh masyarakat Indonesia. Apa saja manfaat ikan mujair untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Nutrisi, Hidup Sehat 14/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tips melatih anak belajar tengkurap

5 Cara Mudah Melatih Si Kecil Belajar Tengkurap

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit
memilih hewan untuk anak

Tidak Perlu Bingung Pilih Hewan Peliharaan untuk Anak, Ini 5 Tips dan Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 10/05/2020 . Waktu baca 6 menit
perkembangan anak usia 12 tahun

Perkembangan Anak Usia 12 Tahun, Apakah Sudah Sesuai?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 01/05/2020 . Waktu baca 8 menit
hewan peliharaan mengatasi

Punya Hewan Peliharaan ketika Karantina Selama Pandemi Atasi Rasa Sepi, Lho!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020 . Waktu baca 5 menit