10 Buah Eksotis yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Oleh

Anda merupakan penggemar buah-buahan? Atau Anda sangat memperhatikan diet Anda dan selalu rajin mengonsumsi buah? Buah memang merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Tahukah Anda, selain buah-buahan yang Anda konsumsi sehari-hari, terdapat banyak sekali variasi buah yang dapat Anda konsumsi. Buah-buahan eksotis berikut ini merupakan salah satu pilihannya. Disebut eksotis karena buah-buahan ini hanya tumbuh di negara-negara tertentu saja, dan banyak di antaranya cukup lazim ditemukan di Indonesia. Tak hanya itu, manfaatnya bagi kesehatan pun berlimpah. Apa saja buah-buahan ini?

Loquat

Pernah mendengar nama buah loquat? Dalam bahasa Indonesia, buah ini disebut dengan buah Biwa. Mungkin terdengar asing di telinga Anda, buah ini berwarna kekuningan dan berbentuk mirip seperti plum berukuran kecil. Dagingnya yang berwarna kuning, oranye, atau putih sangat kaya akan beta karoten. Satu gelas buah ini dapat memenuhi hampir setengah dari kebutuhan harian Anda akan vitamin A. Selain itu buah ini juga mengandung banyak serat, vitamin B6, mangan, dan kalium.

Leci

Buah lychee atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan leci merupakan buah yang berasal dari dataran Cina Selatan. Buah berwarna merah dengan permukaan yang tidak rata dan berukuran sedikit lebih besar dari cherry ini banyak digunakan sebagai penambah rasa pada makanan ringan, makanan penutup, dan agar-agar. Satu gelas buah ini mengandung dua kali kebutuhan harian Anda akan vitamin C. Selain itu, lici juga mengandung antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu mencegah penyakit seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan penuaan.

Kumquat

Buah berukuran kecil yang masih berada dalam keluarga jeruk ini sangat kaya akan antioksidan dan vitamin C. Karena rasanya kulitnya yang manis, Anda dapat mengonsumsi buah ini secara langsung tanpa harus mengupasnya. Selain lebih praktis, keuntungan lainnya adalah Anda dapat mengonsumsi seluruh nutrisi yang terkandung dalam kulitnya.

Menurut penelitan terbaru, makanan yang banyak mengandung jeruk dapat membantu mencegah kerusakan sel dari zat oksidan dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Menambahkan kumquat ke dalam makanan Anda dapat membantu mencegah flu juga.

Manggis

Buah manggis sejak dahulu sering digunakan untuk mengobati luka dan infeksi kulit. Beberapa senyawa dalam buah ini dapat dengan efektif melawan bakter dan jamur tertentu. Sebuah penelitian baru-baru ini memperlihatkan bahwa buah manggis mungkin dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun, penelitian ini masih belum dibuktikan pada manusia.

Buah manggis juga banyak dijual dalam bentuk suplemen dan jus yang berkhasiat untuk mengurangi nyeri dan inflamasi. Akan tetapi, Mayo Clinic menyatakan bahwa masih diperlukan penelitian lebih banyak untuk mendukung hal ini.

Buddha’s hand

Pernah mendengar buah Buddha’s hand atau jari Buddha? Buah eksotis dari Cina dan India ini berbentuk menjari, persis seperti tangan manusia. Buah yang masih termasuk dalam keluarga jeruk ini memiliki rasa yang asam seperti lemon. Di negara asalnya yaitu Cina, buah ini dijadikan sebagai simbol kebahagiaan dan umur panjang. Selain sering digunakan sebagai dekorasi, buah ini juga dapat dinikmati sebagai hidangan penutup. Studi baru-baru ini memperlihatkan bahwa buah ini memiliki khasiat untuk meredakan migrain.

Belimbing

Satu gelas belimbing mengandung kurang lebih sepertiga dari kebutuhan vitamin C harian Anda. Buah yang memiliki rasa manis ini mengandung banyak phytochemical yang sangat berguna bagi kesehatan. Tambahkan belimbing ke dalam makanan Anda untuk mendapatkan khasiat yang optimal.

Buah naga

Buah ini mungkin merupakan buah eksotis yang paling terkenal akan khasiatnya bagi kesehatan. Saat buah ini dibelah, warna merah dan kuningnya yang memukau dan sisik hijaunya terlihat seperti terisi oleh es krim kacang vanilla yang lezat. Selain warnanya yang indah, buah naga juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Buah ini mengandung banyak mikronutrien seperti antioksidan dan polyphenol. Kulit buah naga sekarang ini sedang diteliti untuk membuktikan apakah buah ini juga dapat digunakan untuk memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel melanoma.

Nangka

Berukuran besar, buah ini juga memiliki manfaat yang besar loh! Buah nangka merupakan sumber vitamin C, mangan, kalium, dan tembaga yang baik. Selain itu, kandungan serat dan gulanya dapat bermanfaat sebagai prebiotik untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik dalam saluran cerna.

Buah nangka juga memiliki kandungan protein dan zat tepung yang seimbang. Hal ini membuat buah nangka menjadi bahan bernutrisi yang sering digunakan dalam berbagai jenis makanan di Asia. Buah ini mengandung banyak fitonutrisi yang berfungsi sebagai zat anti-kanker, antipenuaan, dan pengatur tekanan darah.

Apple pear

Buah unik ini memiliki tekstur yang renyah seperti apel dan rasa seperti buah pir. Kandungan seratnya yang mampu memenuhi sepertiga dari kebutuhan harian Anda menjadikan buah ini dapat menjadi makanan selingan yang menyehatkan. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin K, dan kalium.

Pomelo alias jeruk bali

Orang Indonesia mungkin lebih mengenal buah ini dengan sebutan jeruk bali. Buah ini sangat kaya akan antioksidan, vitamin C, dan serat yang mampu melindungi Anda dari berbagai penyakit kronis. Jenis keluarga jeruk terbesar ini dapat tumbuh sangat besar hingga seukuran bola basket. Secara tradisional, buah ini biasanya digunakan untuk mengobati masalah jantung dan pencernaan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca