7 Manfaat Kesehatan yang Didapat Jika Anda Berkulit Gelap

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Bagi sebagian orang khususnya wanita, memiliki kulit putih adalah sebuah dambaan. Bahkan tak jarang orang rela menghabiskan uang yang tidak sedikit untuk melakukan perawatan pemutihan kulit demi mendapatkan kulit putih impian. Padahal, tahukah Anda ternyata penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kulit hitam jauh lebih sehat dibandingkan kulit putih? 

Keuntungan punya kulit hitam

1. Terlindung dari sinar matahari

Semua orang memiliki jumlah melanosit (sel yang memproduksi melanin) yang sama, tak peduli warna kulit yang dimiliki. Namun, yang membedakan adalah ukuran dan penyaluran melanositnya. Semakin besar ukuran melanosit yang dimiliki, maka kulit akan semakin hitam.

Keuntungan yang paling penting dari memiliki jumlah melanin yang banyak di kulit adalah mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Hal ini akan membuat kulit terlindungi dari efek jangka pendek seperti terbakar sinar matahari yang parah. Tapi ingat, walaupun memiliki melanin yang banyak, orang-orang berkulit gelap tidak sepenuhnya terjamin dari kerusakan akibat sinar matahari. Jadi, jangan panas-panasan tanpa sunblock, ya.

2. Mengurangi risiko kanker kulit

Karena memiliki pigmen melanin yang banyak, hal ini membuat orang kulit hitam lebih banyak terproteksi dari sinar UV dibandingkan orang-orang yang berkulit putih. Hal tersebut yang membuat paparan sinar UV yang mengenai kulit orang hitam tidak mudah merusak jaringan sel-selnya sehingga mengurangi terkena risiko kanker kulit, terutama jenis yang lebih umum dikenal sebagai kanker kulit sel basal dan skuamosa.

3. Melindungi sistem saraf

Pigmen melanin bertugas melawan radikal bebas dan terbukti mampu melindungi sistem saraf pusat dari jamur Cryptococcus neoformans atau infeksi kriptokokosis. Infeksi jamur ini menyebabkan pembengkakan dan iritasi pada otak, juga sumsung tulang belakang.

4. Kebal terhadap beberapa penyakit

Pada serangga, melanin diketahui mampu melindungi terhadap serangan penyakit dengan cara menelan dan membunuh mikro organisme. Para peneliti pun beranggapan jika melanin memiliki fungsi yang sama pada manusia. Hal ini mungkin juga bisa menjelaskan alasan mengapa tentara berkulit putih ketika bertugas di lingkungan  lembab seperti hutan, tiga kali lebih rentan terkena penyakit kulit serius daripada mereka yang memiliki kulit hitam.

5. Lebih rendah risiko bayi cacat

Melanin berfungsi menyaring sinar ultraviolet untuk mencegah kerusakan pada DNA. Dengan begitu, perempuan berkulit gelap memiliki tingkat terendah dalam kasus kelahiran bayi cacat.

6. Membuat awet muda

Melanin memiliki banyak manfaat signifikan bagi kesehatan termasuk manfaat untuk kesehatan. Pasalnya, melanin mampu menjaga kulit dari penyebab kerusakan jangka panjang yang berhubungan dengan penuaan seperti kerutan, tekstur permukaan kasar, dan lainnya. Selain itu, orang yang memiliki kulit hitam juga cenderung memiliki serat kolagen yang banyak dan lebih tebal dibandingkan kulit  putih. Itu sebabnya pemilik kulit gelap cenderung terlihat lebih awet muda.

7. Memiliki tulang yang kuat

Banyaknya jumlah pigmen pada kulit gelap mampu menyimpan cadangan vitamin D3 yang berasal dari sinar matahari. Hal inilah yang membuat pemilik kulit gelap berisiko lebih kecil mengalami osteoporosis karena mampu menyerap kalsium lebih banyak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Warna rambut yang salah bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Berikut cara mengetahui warna rambut yang sesuai dengan karakter diri.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Kecantikan 31/05/2020 . 4 menit baca

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Seringkali Anda menyamakan arti dari hydrating dan juga moisturizing. Agar tidak salah lagi, kenali perbedaan produk skincara hydrating dan moisturizing!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 08/05/2020 . 4 menit baca

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Glass skin adalah tren kecantikan kulit bening bercahaya berasal dari Korea Selatan. Bagaimana langkah perawatan kulit untuk mendapatkannya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 03/05/2020 . 4 menit baca

7 Kesalahan yang Membuat Kulit Rentan Rusak Selama Bulan Puasa

Apabila tidak dijaga dengan baik, kulit wajah Anda bisa menjadi kurang nutrisi sampai rusak saat puasa. Ketahui beberapa penyebabnya di bawah ini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Hari Raya, Ramadan 02/05/2020 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

skin fasting adalah

Menilik Skin Fasting, Tren ‘Puasa’ Skincare agar Kulit Lebih Cantik

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . 5 menit baca
mencegah ruam popok

Tips Mencegah Ruam Popok Pada Pantat Bayi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 4 menit baca
bahan alami untuk mengusir kulit kepala gatal

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 09/06/2020 . 5 menit baca
gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . 5 menit baca