Kapan Saya Akan Mendapat Menstruasi Pertama?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 04/09/2019
Bagikan sekarang

Tidak ada yang benar-benar bisa memastikan kapan seseorang akan datang bulan untuk pertama kalinya, tapi kamu akan datang bulan pada masa puber. Pubertas terjadi di saat kamu mulai beranjak dewasa. Ini artinya akan ada banyak perubahan di luar atau di dalam tubuh kamu.

Beberapa perempuan mulai haid saat berumur 8 tahun, dan beberapa lainnya pada umur 13-14 tahun. Setiap perempuan memiliki waktu kematangan yang berbeda. Jadi jangan pikir kamu aneh jika terlalu cepat datang bulan atau terlambat dari teman teman kamu yang lain.

Saat awal masa puber, kamu akan menyadari bahwa payudaramu mulai tumbuh dan bulu-bulu halus juga akan mulai tumbuh pada organ vitalmu. Beberapa waktu kemudian bulu-bulu halus juga akan tumbuh pada ketiak.

Pada banyak perempuan, menstruasi yang pertama atau disebut menarche, dimulai sekitar 2 – 2½ tahun dari dimulainya perkembangan pertumbuhan payudara. Beberapa perempuan mungkin akan datang bulan kurang dari 2 tahun setelah itu, beberapa dari mereka bahkan lebih lama. Semua wanita memiliki perkembangan yang berbeda-beda dari perkembangan perempuan lainnya.

Pertanda utama jika kamu sudah mendekati menstruasi untuk yang pertama kali adalah di saat kamu menyadari ada sesuatu yang keluar dari organ vitalmu. Cairan yang keluar mungkin cair dan sedikit lengket, atau malah kental dan lengket, terkadang berwarna putih atau bening. Biasanya ini terjadi sekitar 6 bulan sebelum kamu mengalami menstruasi.

Kamu bisa jadi ibu suatu hari nanti

Menstruasi adalah tanda bahwa telah terjadi perubahan pada tubuh wanita sehingga suatu hari nanti dia bisa mengandung bayi. Setiap wanita punya dua ovarium yang berisi ribuan telur kecil dan tabung fallopi yang terhubung dengan uterus atau rahim, di mana bayi akan tumbuh. Jika kamu sudah menstruasi, itu artinya hormon di dalam tubuh akan membuat telur di ovarium matang, jadi setiap bulan ovarium akan melepaskan sel telur yang telah matang ke dalam rahim.

Menjelang datang bulan, dinding rahim akan menjadi lebih tebal oleh darah dan jaringan, yang akan berfungsi sebagai bantalan yang lembut untuk tempat bayi tumbuh. Ketika telur yang telah mencapai rahim tidak juga dibuahi oleh sperma dalam jangka waktu tertentu, dia akan pergi dari dinding rahim. Nah, saat itulah kamu datang bulan.

Beberapa perempuan akan bertanya-tanya apakah datang bulan mereka normal, tetapi pada faktanya setiap perempuan itu berbeda-beda. Datang bulan bisa berlangsung sekitar 2 hari sampai dengan seminggu. Beberapa perempuan akan mengalami kram dan sakit, dan yang lainnya lebih ringan setelah beberapa hari pertama.

Butuh beberapa waktu (biasanya 12 sampai 18 bulan) bagi wanita untuk dapat merasakan datang bulan yang normal setiap bulannya sejak menstruasi pertama mereka. Kamu mungkin tidak akan haid dalam beberapa bulan setelah menstruasi pertama. Semakin kamu tumbuh dewasa, siklus menstruasimu akan lebih teratur setiap bulannya, biasanya setiap 21-34 hari.

Jumlah darah yang keluar juga bervariasi, terkadang keluar banyak tapi biasanya hanya 2 sendok makan. Segera hubungi dokter jika kamu merasa darah menstruasi terlalu banyak atau jika kamu belum menstruasi selama tiga bulan.

Apakah kamu terlalu memikirkan kapan kamu akan datang bulang? Kamu tidak sendiri, banyak perempuan yang mempertanyakan hal yang sama. Jika kamu merasa sedikit khawatir atau cemas, ceritakanlah kepada orang terdekat kamu seperti ibu, tante, atau kakak perempuanmu.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Berbagai Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Melakukan Aborsi Sendiri

    Tahukah Anda, bahwa melakukan aborsi sendiri dapat menyebabkan munculnya penyakit ganas pada sang ibu? Itulah penyebab utama dari kematian ibu di dunia.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Adinda Rudystina
    Melahirkan, Kehamilan 01/04/2020

    Setelah Bertengkar Hebat, Dapatkah Seks Menyelesaikan Masalah?

    Benarkah melakukan hubungan suami-istri setelah bertengkar itu termasuk seks terbaik? Lalu apakah masalahnya terselesaikan? Temukan jawabannya di sini!

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki

    Alami 3 Tanda Ini, Itu Artinya Anda Terlalu Sering Masturbasi

    Masturbasi membantu memuaskan keinginan seksual. Namun, bila terlalu sering dilakukan, masturbasi bisa menimbulkan tanda-tanda seperti berikut ini.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji

    Bolehkah Melakukan Oral Seks Setelah Cabut Gigi?

    Setelah cabut gigi, gusi Anda akan terasa nyeri. Bila dilihat dari sisi medis, bolehkah melakukan seks oral setelah cabut gigi?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji

    Direkomendasikan untuk Anda

    cara membersihkan vibrato mainan seks sex toys

    Begini Cara yang Benar Membersihkan Vibrator

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020
    efek samping pakai vibrator terlalu sering

    Kalau Terlalu Sering Pakai Vibrator, Apa Efek Samping yang Ditimbulkan?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020
    seks rutin mencegah lansia

    Hubungan Seks Secara Rutin Bisa Mencegah Pikun, Benarkah?

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Dipublikasikan tanggal: 15/04/2020
    seks memperlambat menopause

    Rutin Berhubungan Seks Bisa Memperlambat Datangnya Menopause

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 03/04/2020