7 Khasiat Baik Jika Rutin Makan Jeruk Bali Merah (Grapefruit)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 01/06/2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Grapefruit atau yang sering dikenal dengan nama jeruk bali merah tergolong sebagai buah-buahan tropis. Buah ini didominasi rasa manis dan agak asam, yang dibalut dalam daging buah berwarna merah hampir oranye. Para peneliti meyakini bahwa ada manfaat grapefruit yaitu mengurangi risiko batu ginjal.

Bukan cuma itu saja. Nyatanya, masih ada beragam khasiat baik lain dari buah ini yang sebaiknya Anda coba.

Manfaat grapefruit yang baik bagi kesehatan

1. Membantu memenuhi kebutuhan cairan

air grapefruit infused
Sumber: Wide Open Eats

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, maka penting untuk menjaga kadar air di dalam tubuh tetap seimbang. Selain dari air putih, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan makan grapefruit.

Faktanya, air merupakan penyusun sebagian besar berat buah. Dalam setengah buah grapefruit ukuran sedang, mengandung sekitar 118 ml air atau sama dengan 88 persen dari berat total buah grapefruit itu sendiri.

2. Tinggi antioksidan

grapefruit untuk diet

Manfaat grapefruit lainnya yang tak kalah penting, yakni kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sebenarnya, tubuh sudah memproduksi antioksidan sendiri, tapi jumlahnya belum memadai untuk melawan dampak dari radikal bebas.

Maka itu, masih diperlukan asupan antioksidan tambahan dari makanan sehari-hari. Nah, salah satu caranya bisa Anda penuhi dengan makan buah grapefruit. Beberapa jenis antioksidan yang terkandung dalam grapefruit, yakni:

  • Vitamin C berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, yang sering berdampak pada penyakit jantung dan kanker.
  • Beta karoten akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, yang bisa membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis. Misalnya penyakit jantung, kanker, serta gangguan yang berhubungan dengan mata.
  • Likopen dikenal dengan kemampuannya untuk mencegah perkembangan jenis kanker, terutama kanker prostat; bisa juga untuk membantu memperlambat pertumbuhan tumor.
  • Flavonoid memiliki sifat antiradang yang juga mampu mengurangi tekanan darah dan kolesterol tinggi.

3. Memperbaiki sistem imun

hidup teratur

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, grapefruit mampu menyumbang vitamin C yang tinggi bagi tubuh. Itu sebabnya, grapefruit dipercaya mampu menjaga sel-sel tubuh dari serangan virus dan bakteri. Singkatnya, manfaat grapefruit sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

Fakta ini diperkuat oleh sebuah penelitian dari Clinical Infectious Diseases yang menyatakan bahwa kandungan vitamin A dalam grapefruit terbukti ampuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, dengan cara melindungi tubuh dari peradangan dan berbagai penyakit menular.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin B, zinc, tembaga, dan zat besi mampu bertindak sebagai pelindung tubuh terhadap serangan infeksi.

4. Menurunkan berat badan

waktu terbaik menimbang berat badan

Bagi Anda yan berencana untuk menurunkan berat badan, makan buah grapefruit bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Hal ini dikarenakan grapefruit mengandung sejumlah serat yang dapat membantu mengurangi asupan kalori.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Medicinal Food mempelajari total 91 orang dengan obesitas. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang makan buah jeruk bali merah selama 12 minggu sebelum makan mengalami penurunan berat badan sekitar 1,6 kg. Sementara orang yang tidak makan buah grapefruit hanya mampu menurunkan 0,3 kg berat tubuhnya.

Namun, bukan berarti hanya dengan makan grapefruit saja berat badan sudah pasti akan turun. Sebaiknya, masukkan grapefruit ke dalam diet harian bersama makanan pendukung lainnya guna mendapatkan hasil yang optimal.

5. Menjaga kesehatan rambut

suplemen untuk kulit dan rambut

Ada berbagai cara untuk mendapatkan manfaat grapefruit. Dimakan secara langsung, diolah menjadi makanan, ataupun diproses untuk dijadikan minyak. Ya, grapefruit juga bisa diolah menjadi minyak yang tak kalah bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk rambut.

Biasanya, minyak dari olahan buah grapefruit ini dimanfaatkan untuk memperindah kilau alami rambut, terutama pada rambut yang berminyak.

6. Menjaga kesehatan jantung

penyakit jantung boleh puasa

Buah grapefruit kaya akan beragam nutrisi penting seperti kalium dan serat yang bermanfaat baik untuk menjaga fungsi jantung yang normal.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menguak bahwa orang yang makan jeruk bali merah secara rutin sebanyak tiga kali sehari dalam waktu enam minggu, mengalami penurunan tekanan darah dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Tentunya, ini bisa mencegah risiko penyakit jantung dan stroke.

7. Mencegah resistensi insulin

suntik insulin

Terakhir namun yang tak kalah penting, makan grapefruit bisa membantu mencegah resistensi insulin pada tubuh. Insulin merupakan hormon yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Maka ketika terjadi resistensi insulin, artinya insulin tidak bisa dimanfaatkan dengan baik yang akan berujung pada lonjakan kadar gula darah. Penelitian telah membuktikan bahwa orang yang makan setengah buah grapefruit sebelum makan mampu memperbaiki kerja hormon insulin dibandingkan orang yang tidak makan grapefruit.

Namun, hal ini tidak hanya berlaku pada buah grapefruit saja. Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Basic and Clinical Endocrinology, makan buah-buahan umumnya berkhasiat baik untuk mengontrol kadar gula darah sehingga bisa mengurangi risiko diabetes.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Resep Pasta Gandum Rendah Kalori yang Mudah Dimasak

Menu diet tidak harus itu-itu melulu sajiannya. Anda masih bisa makan pasta nikmat dan pastinya rendah kalori. Simak 3 resep pasta gandum pada artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Saat ini hampir semua tempat makanan atau minuman terbuat dari wadah plastik. Namun, sebelum menggunakannya, ketahui dulu kode dari masing-masing wadah.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

4 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Seputar Tanggal Kedaluwarsa

Setiap produk makanan kemasan pasti mencantumkan tanggal kedaluwarsa. Tapi, apa Anda sudah benar-benar memahami yang dimaksud dengan tanggal kedaluwarsa?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ada yang bilang kita sudah tak boleh minum air yang disimpan dalam botol plastik hangat. Misalnya karena ditinggal di mobil seharian. Benarkah demikian?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hubungan baru setelah bercerai

Kapan Waktu Tepat Memulai Hubungan Baru Setelah Bercerai?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 16/07/2020 . Waktu baca 4 menit
orgasme tanpa disentuh

3 Hal yang Bisa Membuat Anda Orgasme Tanpa Disentuh

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
pasien koma masih sadar atau tidak

Ini yang Terjadi Pada Tubuh dan Pikiran Saat Kita Sedang Koma

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tidak puas dengan pekerjaan berbahaya bagi kesehatan

Tidak Menikmati Pekerjaan di Masa Muda, Bisa Membahayakan Kesehatan di Masa Depan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit