5 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening yang Paling Umum

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Tubuh memiliki banyak kelenjar getah bening (limfa), seperti di ketiak, sela paha, atau paha dagu. Fungsinya untuk menghasilkan cairan yang mengandung sel darah putih untuk mencegah bakteri atau virus sehingga infeksi bisa dicegah. Nah, pada bagian tersebut sel kanker bisa berkembang dan kondisi dikenal denganĀ limfoma. Bagaimana gejala kanker getah bening?

Ciri dan gejala kanker getah bening (limfoma)

Sel kanker yang menyerang limfa bisa memperburuk sistem kekebalan tubuh. Tanpa perawatan, infeksi jadi lebih mudah terjadi, menyebabkan komplikasi, dan bisa berakibat fatal. Untuk itulah Anda perlu mengetahui bagaimana gejala dan ciri kanker kelenjar getah bening yang umumnya terjadi supaya bisa dicegah dan diobati lebih cepat.

1. Kelelahan

mengatasi kelelahan akibat rematik

Lelah dan lesu jadi pertanda bahwa tubuh sedang tidak sehat. Diperkirakan sekitar 9 dari 10 orang yang memiliki limfoma lebih mudah mengalami kelelahan.

Akan tetapi, tingkat kelelahan setiap pasien berbeda-beda, bisa ringan maupun kronis. Jadi jika Anda merasa kelelahan terus-terusan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter dan jangan menyepelekannya.

2. Demam disertai menggigil dan berkeringat di malam hari

makanan pantangan saat demam

Demam adalah respon alami jika tubuh mengalami infeksi, tapi juga bisa jadi tanda adanya limfoma. Biasanya pasien limfoma akan mengalami demam dengan derajat yang relatif rendah, disertai tubuh kedinginan, menggigil, dan tubuh mengeluarkan banyak sekali keringat di malam hari.

3. Berat badan turun secara mendadak

diet yang ampuh

Berat badan turun drastis secara mendadak tanpa penyebab yang jelas, bisa jadi gejala limfoma. Orang dengan kondisi ini, membakar lebih banyak energi karena tubuh mencoba melawan sel-sel kanker. Biasanya berat badan akan berkurang sebesar 5 sampai 10 persen dalam waktu satu bulan.

4. Ruam dan gatal

badan gatal gejala penyakit kuning

Limfoma dapat menyebabkan kulit gatal dan ruam. Kian lama, kulit akan terlihat bersisik kemerahan atau keunguan. Kondisi ini sering terjadi pada daerah lipatan kulit dan hampir mirip dengan eksim.

Ruam dan gatal bisa menimbulkan benjolan pada kulit. Gejala ini umumnya terjadi pada jenis limfoma hodgin dan terjadi karena zat sitokin yang dilepaskan oleh tubuh untuk melawan sel kanker.

5. Nyeri dada atau punggung bawah

jantung berdebar ketika berdiri mendadak

Kelenjar getah bening berada pada timus, yaitu organ kecil yang berada di antara paru dan sternum (tulang dada). Jika sel kanker memengaruhi timus, gejala nyeri pada dada bisa terjadi.

Selain itu, sel kanker juga bisa menyerang limfa di sekitar punggung bawah. Kondisi ini menimbulkan pembengkakan dan memberi tekanan lebih pada saraf sumsum tulang belakang.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca