5 Fakta Unik Kulit Manusia yang Perlu Anda Tahu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Banyak yang beranggapan kalau fakta tentang kulit itu hanya menyerupai masalah jerawat, ruam merah, dan mengenai penyakit kulit lainnya. Tapi tahukah Anda bahwa kulit punya peranan penting dalam tubuh manusia? Yuk, simak penjelasan mengenai fakta penting tentang kulit berikut ini.  

Beberapa fakta tentang kulit manusia

1. Kulit adalah organ terbesar tubuh

Kulit adalah organ terbesar pada tubuh manusia. David Bank, seorang direktur pada Pusat Dermatologi dan Bedah Kosmetik di New York mengatakan bahwa kulit pada orang dewasa memiliki panjang dan lebar sekitar 1,73 meter persegi, dan berfungsi untuk menutupi tulang dan manusia. Lalu, berat badan Anda dipengaruhi oleh 16% berat kulit secara keseluruhan.

2. Kulit berperan penting untuk mengatur suhu tubuh

Tahukah Anda, jika kulit berperan penting dalam mengatur suhu tubuh manusia? Nyatanya memang benar kalau kulit berfungsi sebagai thermostat tubuh, dan berfungsi mengatur kelenjar keringat untuk mendinginkan tubuh saat cuaca sedang panas.

Pada kondisi normal, biasanya keringat yang keluar berjumlah 1 liter per harinya. Selain itu, ketika Anda berada di suhu yang sangat dingin, pembuluh darah di kulit akan mengencang dengan sendirinya dan membatasi jumlah darah mencapai permukan kulit. Hal itu ditujukan guna mencegah hilangnya panas pada tubuh.

Pori-pori pada kulit pun juga akan mengecil dengan sendirinya saat berada di suhu yang dingin, sehingga tubuh Anda tidak merasakan kedinginan yang ekstrim.

3. Warna kulit terbuat dari pigmen yang disebut melanin

Mengapa terkadang warna kulit bisa tiba-tiba cerah dan kadang juga pucat? Pada dasarnya warna kulit manusia dihasilkan oleh pigmen melanin dalam tubuh. Setiap manusia punya jumlah sel dengan jumlah sama untuk menghasilkan melanin, dan dibuat oleh lapisan epidermis pada kulit. Tapi, semakin banyak tubuh menghasilkan melanin, semakin gelap pula warna kulit Anda.

Pernah bingung tidak, kenapa kalau panas-panasan warna kulit jadi gelap? Menurut Journal of American Medical Association, paparan sinar matahari membuat tubuh lebih banyak menghasilkan melanin untuk melindungi kulit dari sinar UV (ultra violet). Tidak jarang kalau Anda berjemur di bawah sinar matahari kulit jadi sedikit menggelap dan merah. Hal tersebut merupakan salah satu perlindungan melanin kulit terhadap bahaya sinar UV yang dihasilkan.

4. Jutaan bakteri hidup di kulit

Permukaan kulit pada tubuh manusia banyak dihinggapi berbagai bakteri, dan secara umum dikenal sebagai mirkrobiota kulit. Bakteri-bakteri tersebut biasanya banyak tumbuh subur akibat manusia yang lalai atau jarang membersihkan sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Ada baiknya Anda rutin melakukan eksfoliasi (mengangkat sel kulit yang mati) pada kulit untuk mendapatkan warna kulit yang cerah bersih. Andre Bank menganjurkan, bila kulit Anda termasuk tipe sensitif, lakukan satu kali eksfoliasi per minggunya menggunakan oatmeal guna mencegah adanya jerawat dan bakteri yang bertandang ke permukaan kulit.

5. Debu sebenarnya terdiri dari sel kulit mati

Debu merupakan salah satu hasil fakta tentang kulit yang terbuat dari sel kulit mati. Biasanya kulit akan mengelupas dengan sendirinya tiap 28 hari sekali dan berbaur berubah menjadi debu. Tak hanya itu, debu juga terbuat dari faktor lain contohnya pasir, bulu binatang, serangga dan akhirnya kulit Anda yang mati dan mengelupas dengan sendirinya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca