Bagaimana Bekerja sesuai Passion Bisa Bantu Kesehatanmu?

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/07/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Bekerja merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan banyak orang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mencari nafkah dapat dilakukan dengan menjadi pegawai kantoran. Akan tetapi, sejumlah orang merasa jenuh atau merasa pekerjaan yang dilakukan sudah tidak menyenangkan lagi. Hal ini dapat dipicu oleh banyak hal dan salah satunya adalah pekerjaan sudah tidak sesuai dengan kegemaran atau gairahnya. Beberapa orang pun beralih pekerjaan dengan mendirikan usaha sendiri agar dapat bekerja sesuai passion. Ketika dilakukan dengan tepat, hal ini ternyata memiliki manfaat kesehatan.

Manfaat bekerja sesuai passion terhadap kesehatan

Ada banyak manfaat saat bekerja di sebuah perusahaan. Hal yang mudah diingat adalah memiliki pendapatan yang stabil. Tak hanya itu, sejumlah perusahaan juga memberikan keuntungan tambahan, seperti bonus tahunan dan cuti berbayar. Namun, setiap pekerjaan memiliki sebuah target yang harus dicapai.

Target pun erat dengan tekanan. Apabila pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai kegemaran, tekanan dapat menjadi beban. Oleh karena itu, penting agar bekerja sesuai passion supaya mendapatkan manfaat-manfaat di bawah ini.

Menjalani hari dengan kebahagiaan

Tekanan tidak selalu berarti buruk. Usaha atau pekerjaan yang disukai membuat Anda melewati tekanan dengan hati yang lebih riang. Menurut Harvard Health Publishing, menjalani hari dengan kebahagiaan membuat aktivitas yang dilakukan terasa tanpa usaha walaupun memiliki beban pekerjaan yang berat.

Pikiran yang bahagia juga menurunkan peluang seseorang melakukan kebiasaan yang berdampak buruk bagi kesehatannya, seperti merokok.

Menjaga jarak dengan stres

Stres merupakan sinyal untuk tubuh agar siap menghadapi sesuatu. Stres juga bisa menjadi motivasi, seperti belajar untuk menghadapi ujian. Saat sinyal diterima, tubuh akan menunjukkan reaksi, seperti:

  • Napas dan detak jantung menjadi lebih cepat
  • Otot-otot menegang
  • Otak membutuhkan lebih banyak oksigen

Reaksi-reaksi tersebut dapat mengganggu fungsi tubuh apabila seseorang mengalami stres kronis alias berlangsung dalam waktu lama. Alasannya, karena stres kronis membuat tubuh selalu “terjaga” sehingga tidak pernah menerima sinyal agar kembali berfungsi dengan sewajarnya.

Masalah kesehatan yang dapat terjadi karena stres kronis adalah gangguan pencernaan atau gejala-gejala depresi dan gangguan kecemasan. Maka dari itu, bekerja sesuai passion dapat membantu Anda untuk menjaga jarak dengan stres kronis.

Tidak mudah merasakan kelelahan

Kelelahan artinya sering merasa capai atau penat, secara fisik atau pikiran, bahkan gabungan keduanya. Ini dapat terjadi karena masalah di tempat kerja dan stres. Perasaan lelah yang sering terjadi tidak baik bagi kesehatan karena memicu:

  • Nyeri otot
  • Mudah marah
  • Sulit mengambil keputusan
  • Sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik

Ketika sering merasakan kelelahan akibat pekerjaan, mungkin ada baiknya mengambil waktu sejenak untuk memikirkan tentang kesehatan Anda. Bagi banyak orang, kelelahan dapat diatasi dengan melakukan perubahan sederhana nan bermanfaat pada hidup.

Menurunkan risiko terserang penyakit kronis

Menurut National Institute of Mental Health, tubuh dan pikiran yang sering mengalami stres dapat meningkatkan risiko penyakit kronis. Pada awalnya, stres menaikkan tekanan darah menjadi tinggi. Seiring waktu, stres dan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah pada jantung. Bahaya diabetes turut membayangi seseorang dengan stres yang berlarut-larut.

Dengan demikian, bekerja sesuai passion yang disenangi dapat membantu melewati hari lebih mudah dan ceria. Alhasil, risiko terserang penyakit kronis juga dapat diminimalisasi. Hidup bahagia ternyata salah satu kunci hidup sehat, ya.

Melindungi diri saat bekerja sesuai passion

Mencari nafkah melakukan hal yang disukai merupakan keinginan banyak orang. Ketika Anda ingin melakukan keputusan untuk bekerja sesuai passion atau membuka usaha sendiri, pastikan Anda melakukannya dengan cermat. Contohnya, jika ingin membuka usaha sendiri, memiliki rencana bisnis yang baik merupakan awal yang tepat. Merintis usaha sendiri, terutama di awal, bisa berarti memiliki penghasilan yang tidak pasti.

Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki uang simpanan yang cukup apabila bisnis yang dimulai membutuhkan waktu untuk berhasil. Selain itu, lindungi diri dari kondisi yang tidak bisa ditebak, seperti masalah kesehatan. Manfaat dari asuransi kesehatan dapat melindungi calon pemilik usaha, seperti Anda dari masalah keuangan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Langkah mudah memilih asuransi kesehatan yang tepat adalah mencari asuransi yang menawarkan manfaat lengkap dengan premi yang terjangkau. Dengan begitu, Anda dapat terlindungi ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk mengutamakan asuransi kesehatan dengan proses yang tidak berbelit, ya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

9 Cara Lindungi Diri Jalankan Hobi di Luar Ruang saat Adaptasi Kebiasaan Baru

PSBB memang mulai longgar, tetapi tetap ikuti tips lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru agar terhindar dari COVID-19, Sobat Sehat!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Tips Jaga Diri Saat Merawat Orang Sakit Kronis di Masa Pandemi

Ketika sibuk meluangkan waktu untuk mengasuh anggota keluarga, jangan lupa untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis. Simak caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
foto orang yang merawat anggota keluarga yang terkena penyakit kronis; saat mengasuh, penting untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 5 menit

5 Masalah Kesehatan yang Mengintai Freelancer dan Cara Mengatasinya

Bekerja sebagai pekerja lepas memang menyenangkan. Namun, ada 5 masalah dan cara menjaga kesehatan sebagai freelancer yang patut diketahui.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
Asuransi, Hidup Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental untuk Pebisnis Startup

Menekuni usaha yang sesuai passion adalah impian sejumlah orang. Namun, jangan sampai lupa waktu. Simak cara menjaga kesehatan untuk pebisnis sekarang.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
Asuransi, Hidup Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
asuransi kesehatan untuk freelancer

Tips untuk Freelancer Menjaga Kesehatan dan Memilih Asuransi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
asuransi di masa pandemi

5 Manfaat Punya Asuransi di Masa Pandemi COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 29/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor

8 Tips Lari di Luar Ruangan saat Masa New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
persiapan saat new normal

8 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Keluar Rumah di Masa New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 29/07/2020 . Waktu baca 6 menit