Nama Generik: Dandelion

Manfaat

Untuk apa dandelion?

Dandelion digunakan untuk berbagai kondisi, tapi sejauh ini tidak ada cukup bukti ilmiah untuk menentukan apakah manfaat itu benar efektif atau tidak.

Dandelion digunakan untuk mengatasi kehilangan nafsu makan, sakit perut, gas usus, batu empedu, nyeri sendi, nyeri otot, eksim, dan memar. Dandelion juga digunakan untuk meningkatkan produksi urin dan sebagai pencahar untuk melancarkan buang air besar. Ia juga digunakan sebagai toner kulit, tonik darah, dan tonik pencernaan.

Beberapa orang menggunakan dandelion untuk mengobati infeksi, terutama infeksi virus, dan kanker.

Belum ada bukti apakah dandelion efektif dalam mengobati kondisi medis. Penggunaan produk obat ini belum disetujui oleh FDA di Amerika tetapi mendapatkan persetujuan di negara lain.

Bagaimana cara kerjanya?

Belum ada studi yang mencukupi tentang bagaimana suplemen herbal ini bekerja. Silakan diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahan kimia yang disebut Taraxacum officinale dalam dandelion mampu memproduksi antitumor / tindakan imunogenik dan anticolitic.

 

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk dandelion untuk orang dewasa?

Akar dandelion telah digunakan sebagai tonik untuk keluhan pencernaan dalam dosis 9-12 g per hari, disajikan sebagai teh.

Dosis untuk suplemen herbal ini mungkin berbeda untuk setiap pasien. Dosis yang dipakai tergantung pada usia Anda, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman. Silakan berdiskusi dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang tepat bagi Anda.

Dalam bentuk apa saja dandelion tersedia?

Suplemen herbal ini mungkin tersedia dalam bentuk berikut: kapsul, ekstrak cairan, tanaman segar, jus, ekstrak padat, teh, sirup.

 

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh dandelion?

Dandelion dapat menyebabkan beberapa efek samping termasuk:

  • mual, muntah, anoreksia, batu empedu, kandung empedu inflamasi
  • reaksi hipersensitivitas, dermatitis kontak

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter.

 

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi dandelion?

Jauhkan produk dandelion cahaya dan kelembapan.

Anda harus memantau timbulnya reaksi hipersensitivitas dan dermatitis kontak. Jika salah satu dari reaksi ini muncul, hentikan penggunaan dandelion dan gunakan antihistamin atau terapi lain yang sesuai.

Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak terlalu ketat dibandingkan dengan peraturan penggunaan obat. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan keamanannya. Sebelum menggunakan suplemen herbal, pastikan manfaatnya lebih banyak dibandingkan dengan risikonya. Konsultasilah dengan ahli herbal dan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah dandelion?

Tidak cukup diketahui tentang penggunaan dandelion sebagai pengobatan selama kehamilan dan menyusui. Tetap supaya aman sebaiknya hindari penggunaannya.

Dandelion tidak boleh digunakan oleh orang dengan hipersensitivitas terhadap produk ini dan harus digunakan dengan hati-hati oleh penderita diabetes mellitus, ketidakseimbangan cairan dan elektrolit, hipertensi, atau gagal jantung kongestif.

Orang dengan sindrom iritasi usus, penyakit pencernaan, saluran empedu obstruksi, obstruksi usus, atau alergi lateks harus menghindari penggunaan ramuan ini.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi dandelion?

Suplemen herbal ini dapat berpengaruh dengan obat Anda saat ini atau kondisi medis yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum menggunakannya.

Mengonsumsi dandelion bersama dengan antibiotik dapat menurunkan efektivitas beberapa antibiotik.

Dandelion mengandung sejumlah besar kalium. Beberapa “pil air” juga dapat meningkatkan kadar kalium dalam tubuh. Mengonsumsi dandelion dapat menurunkan kemampuan tubuh menghilangkan lithium.

Dandelion dapat menurunkan efektivitas hati dalam mencerna obat-obatan.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 20, 2017 | Terakhir Diedit: Januari 20, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan