home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Manfaat Mengejutkan dari Minyak Grapefruit (Jeruk Bali Merah)

5 Manfaat Mengejutkan dari Minyak Grapefruit (Jeruk Bali Merah)

Diartikan secara harfiah, grapefruit seharusnya berarti “buah anggur”. Namun buah ini bukan anggur. Grapefruit adalah jeruk besar berkulit tebal dengan daging buah berwarna merah tua keunguan dan memiliki rasa kecut agak manis. Selain baik untuk dimakan, grapefruit juga menyimpan manfaat jika dibuat menjadi minyak esensial. Kira-kira apa saja manfaat minyak grapefruit buat kesehatan tubuh?

Manfaat minyak grapefruit yang perlu Anda ketahui

Jeruk grapefruit masih satu keluarga dengan jeruk Bali sehingga sering disebut juga jeruk Bali merah.

Buah jeruk yang punya nama latin Citrus paradise, Citrus racemosa, dan Citrus maxima ini sering dibuat menjadi minyak esensial dengan mengekstrak kulitnya. Beberapa manfaat minyak grapefruit yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Meredakan stres dan mabuk kendaraan

Menghirup wangi menyegarkan khas buah jeruk bisa membantu Anda merasa lebih melek dan fokus, serta memperbaiki suasana hati.

Bahkan, menghirup aromaterapi grapefruit juga bisa membantu meredakan gejala mabuk kendaraan dan meredakan efek hangover setelah minum-minum alkohol.

Penelitian terbitan jurnal daring Flavour and Fragfrance Journal menunjukkan aroma grapefruit dapat membantu mengaktifkan respons relaksasi dan mengirimkan sinyal emosi positif di dalam otak. Alhasil selain memperbaiki mood, mencium wangi grapefruit juga sekaligus bisa mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah.

2. Menyehatkan kulit dan rambut

Minyak jeruk bali merah memiliki sifat antibakteri sehingga sering ditambahkan pada krim wajah atau losion untuk tubuh. Sifat antibakterial pada minyak ini mampu melawan bakteri penyebab jerawat, melindungi kulit dari paparan zat asing, dan mengurangi peradangan.

Selain itu, minyak ini juga dipercaya dapat mengendalikan produksi minyak di kuit kepala sehingga sering digunakan sebagai perawatan rambut berminyak.

3. Mengurangi nafsu makan

Tidak perlu repot-repot makan buahnya untuk mendapatkan manfaat yang sama. Ternyata, menjadikan minyak grapefruit sebagai aromaterapi bisa membantu Anda menjalani pola makan sehat dan menurunkan berat badan dengan cara mengurangi nafsu makan.

Minyak esensial dari buah jeruk bali merah merangsang aktivitas saraf simpatik dalam otak yang membantu menurunkan rasa lapar dan ngidam makanan asin atau bergula. Tentu akan lebih efektif dibarengi dengan olahraga rutin, ya!

4. Penyegar udara

Aroma khas buah jeruk selain menyegarkan pikiran juga bisa mengharumkan ruangan. Aroma menyegarkan dari minyak esensial ini bisa menghilangkan bau tidak sedap yang sering tercium di dapur atau kamar mandi Anda.

5. Meredakan sakit

Minyak grapefruit dilaporkan berpotensi meredakan rasa nyeri seperti sakit kepala, nyeri sendi, pegal linu, dan kram perut akibat PMS jika digunakan sebagai minyak pijat.

Caranya mudah, cukup oleskan beberapa tetes minyak dan pijat lembut bagian tubuh yang terasa nyeri sampai merasa baikan.

minyak grapefruit
Sumber: The Truth About Cancer

Sebelum pakai minyak grapefruit…

Minyak esensial grapefruit tidak untuk dikonsumsi lewat mulut atau dicampurkan pada makanan. Konsumsi minyak esensial bisa menyebabkan keracunan.

Selain itu, pastikan dulu Anda tidak memiliki alergi terhadap buah jeruk dengan melakukan tes sederhana. Oleskan 1-2 tetes minyak ini ke kulit punggung tangan atau kulit di belakang telinga dan tunggu 1 jam. Jangan teteskan terlalu banyak karena minyak ini sangat mudah menyerap di kulit. Jika setelahnya kulit malah memerah, gatal, atau terasa panas, jangan gunakan minyak ini.

Sebelum dioleskan ke kulit, larutkan dulu dengan minyak pembawa, seperti minyak almond atau jojoba oil.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Grapefruit Oil: An Essential Oil with Antioxidant Benefits. https://articles.mercola.com/herbal-oils/grapefruit-oil.aspx. Accessed on December 12, 2018.

13 Grapefruit Essential Oil Benefits — Starting with Weight Loss. https://draxe.com/grapefruit-essential-oil/. Accessed on December 12, 2018.

The Benefits of Grapefruit Essential Oil. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-grapefruit-essential-oil-88780. Accessed on December 12, 2018.

Actions of essential oils on the central nervous system: An updated review. https://pdfs.semanticscholar.org/fc4d/01f20b689f5f3c19d747c2bda4f256865b81.pdf. Accessed on December 12, 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 19/12/2018
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum