home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Trench Mouth

Trench Mouth

Radang gusi dialami oleh banyak orang, terutama pada mereka yang tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik. Kondisi ini memang cenderung ringan, tapi bisa berujung pada komplikasi yang lebih parah bila terus dibiarkan. Salah satu risikonya yakni radang gusi bisa berkembang menjadi trench mouth.

Definisi trench mouth

Trench mouth adalah penyakit infeksi gusi yang dapat berkembang dengan cepat. Penyakit ini merupakan jenis dari gingivitis parah yang menyebabkan rasa sakit, infeksi, dan perdarahan pada gusi.

Sebutan trench mouth atau “mulut parit” diambil dari istilah yang banyak digunakan selama Perang Dunia I, di mana saat itu banyak tentara di parit medan perang yang menderita infeksi pada gusi.

Ditambah dengan tekanan psikologis dan pola makan yang buruk, infeksi pun berkembang menjadi semakin parah. Dalam dunia medis, penyakit ini juga dikenal dengan nama gingivitis ulseratif nekrotikans (NUG).

Seberapa umum penyakit ini terjadi?

Trench mouth termasuk penyakit yang cukup langka. Kasusnya diperkirakan hanya sekitar 0,5% sampai 1% dari total populasi di dunia. Penyakit ini lebih umum dialami oleh orang-orang yang tinggal di wilayah dengan tingkat kebersihan yang buruk.

Kasus trench mouth banyak ditemukan pada orang-orang dewasa muda berusia 18 – 30 tahun. Meski demikian, penyakit ini dapat menyerang orang dari segala usia.

Tanda-tanda dan gejala trench mouth

Tanda-tanda dan gejala dari trench mouth dapat meliputi:

  • nyeri gusi parah,
  • perdarahan dari gusi saat ditekan walau hanya sedikit,
  • gusi yang merah atau membengkak,
  • nyeri saat makan atau menelan,
  • muncul lapisan abu-abu pada gusi,
  • muncul luka (ulkus) di antara gigi dan gusi,
  • rasa tidak sedap pada mulut,
  • napas bau,
  • demam dan kelelahan, serta
  • timbul pembengkakan kelenjar limfa di sekitar kepala, leher atau rahang.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter gigi?

Gejala trench mouth dapat muncul dengan cepat. Segera kunjungi dokter gigi apabila Anda mengalami suatu gejala. Seringkali, gejala-gejala juga dapat menandakan masalah pada gusi selain trench mouth, seperti jenis gingivitis lain atau infeksi gusi yang disebut periodontitis.

Semua jenis penyakit gusi dapat menjadi serius, dan kebanyakan cenderung akan memburuk apabila tidak ditangani. Semakin cepat Anda mendapatkan perawatan, semakin besar kemungkinan gusi Anda kembali sehat. Ini sekaligus dapat mencegah kehilangan gigi permanen, kerusakan tulang dan jaringan lain.

Penyebab trench mouth

Mulut pada dasarnya merupakan tempat tinggal bagi banyak jenis bakteri yang berbeda. Trench mouth terjadi ketika bakteri yang bersifat membawa penyakit lebih banyak jumlahnya daripada bakteri yang baik, sehingga bakteri ini menginfeksi gusi dan menimbulkan borok yang menyakitkan.

Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena kondisi ini adalah:

  • tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik,
  • tidak memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik,
  • merokok,
  • memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah,
  • memiliki infeksi pada tenggorokan, gigi, atau mulut, serta
  • mengalami stres emosional.

Diagnosis dan pengobatan trench mouth

Untuk mendiagnosis trench mouth, dokter akan memeriksa keadaan mulut Anda guna melihat adanya tanda-tanda penyakit seperti kemunculan bisul yang dipenuhi dengan plak dan jaringan gusi yang meradang atau mulai rusak di sekitar gigi

Selain itu, Anda juga mungkin perlu menjalani pemeriksaan lanjutan yang akan mempermudah keputusan diagnosis dokter. Pemeriksaan dapat berupa rontgen gigi dan swab.

Rontgen gigi dapat dilakukan untuk melihat seberapa parah dampak infeksi yang timbul dan berapa banyak jaringan yang telah rusak. Sedangkan tes swab meliputi pengambilan sampel lapisan gusi dengan alat usapan untuk diperiksa di laboratorium.

Kemudian, bila penyakitnya sudah jelas, dokter akan memberikan perawatan yang bertujuan untuk menghentikan perkembangan penyakit serta mengatasi gejala yang timbul.

Perawatan ini meliputi penghapusan jaringan mati dari area yang terdampak menggunakan instrumen ultrasonik, pemberian obat pereda nyeri, dan pemberian antibiotik bila penyakit telah menimbulkan demam atau pembengkakan kelenjar.

Kemudian, dokter mengobati kondisi yang sudah ada sebelumnya seperti radang gusi. Anda mungkin harus menjalani pembersihan gigi termasuk scaling atau root planning dan menggunakan obat kumur antibakteri.

Selanjutnya, Anda harus disiplin melanjutkan perawatan sehari-hari dengan melakukan praktik kebersihan mulut seperti menggosok gigi setiap dua kali sehari.

Cara mencegah trench mouth

Kebiasaan kesehatan yang baik dapat mengurangi risiko terhadap trench mouth. Berikut adalah langkah-langkah pencegahannya.

  • Menjaga kebersihan mulut dengan baik. Sikat gigi dan gunakan benang gigi setidaknya 2 kali sehari atau sesuai rekomendasi dokter gigi. Lakukan pembersihan gigi secara profesional. Obat kumur antiseptik juga dapat membantu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sikat gigi elektrik lebih efektif daripada sikat gigi biasa.
  • Jangan merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya. Tembakau merupakan penyebab utama dari terbentuknya trench mouth.
  • Miliki pola makan yang sehat. Konsumsi banyak buah dan sayuran, pilihlah gandum utuh dibandingkan gandum olahan, konsumsi protein yang sehat seperti ikan atau kacang-kacangan, serta pilihlah produk susu yang rendah lemak.
  • Atasi stress. Stress mempengaruhi kesehatan fisik dan mental, belajar mengatasinya penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Olahraga, teknik relaksasi, yoga dan hobi adalah contoh dari cara mengatasi stress yang baik.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Trench Mouth: What Is It, Symptoms & Treatment. (2018). Cleveland Clinic. Retrieved 7 September 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17776-trench-mouth

Trench mouth Information. (n.d.). Mount Sinai. Retrieved 7 September 2021, from https://www.mountsinai.org/health-library/diseases-conditions/trench-mouth

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui 5 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x