5 Cara Cepat Ademkan Langit Mulut Terbakar Karena Makan Panas dan Pedas

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Juni 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Selama ini kulit dikenal sebagai bagian tubuh yang paling peka terhadap sentuhan dan rangsangan. Nyatanya, mulut beserta setiap area di dalamnya punya fungsi yang tidak jauh berbeda. Ada berjuta-juta jaringan halus di dalam mulut yang membuatnya lebih sensitif terhadap sajian yang panas dan pedas, termasuk pada bagian langit-langit mulut. Tanda yang paling kentara yaitu ketika Anda tiba-tiba merasakan mulut panas disertai sensasi seperti terbakar. Tenang saja, agar tak tersiksa lebih lama lagi, Anda bisa mengatasi kondisi ini dengan melakukan perawatan sederhana di rumah.

Beragam cara untuk mengatasi mulut panas

Makanan dan minuman panas jenis apa pun, terutama yang berbentuk cairan, bisa dengan mudah menimbulkan rasa terbakar di mulut, menurut drg. Kimberly Harms, DD, seorang dokter gigi dari American Dental Association.

Pasalnya, jaringan-jaringan penyusun langit-langit mulut cenderung halus dan tipis sehingga sangat rentan terhadap panas daripada jaringan lunak tubuh lainnya. Itu sebabnya, Anda mungkin menyadari mulut terasa perih, bengkak, kemerahan, hingga sulit merasakan makanan dan minuman.

Agar bisa menikmati santapan Anda seperti sedia kala, coba trik mudah untuk mengatasi keluhan langit-langit mulut panas dengan cara seperti:

1. Perbanyak minum air dingin

minum air dingin

Kebanyakan orang akan refleks minum air dingin ketika langit-langit mulut panas usai menyantap makanan dan minuman yang terlalu panas atau pedas. Bukan hanya membantu mendinginkan area mulut yang terasa seperti terbakar, cara ini sekaligus juga mencegah kerusakan pada lapisan mulut bagian dalam.

Namun, hindari mengisap maupun memakan langsung es batu yang masih cukup keras. Sebaiknya tambahkan air ke segelas es batu, atau biarkan es mencair hingga bisa diminum. Di samping itu, minum cairan dalam jumlah banyak dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi optimal guna mendukung proses penyembuhan.

2. Makan makanan manis

makanan manis diabetes

Makan makanan dan minuman manis bisa jadi pilihan lain untuk mengobati sensasi panas dan terbakar di langit-langit mulut. Misalnya yogurt, susu, cokelat, permen, puding, es krim, dan lainnya.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena makanan serta minuman manis dapat bertindak seolah-olah sebagai pengalih rasa sementara agar luka di dalam mulut tidak begitu terasa panas atau nyeri.

3. Madu

manfaat madu manuka obat jerawat alami

Madu cukup terkenal berkat sifat antimikroba yang ampuh guna memperlambat pertumbuhan mikroorganisme, mencegah infeksi, sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka.

Ini alasan mengapa madu dapat membantu menyembuhkan sensasi terbakar di langit-langit mulut Anda. Sesaat setelah mengoleskan madu di bagian mulut yang panas, rasa lembap akan membantu meredakan nyeri pada mulut yang terbakar.

4. Hindari makanan yang terlalu panas, pedas, dan renyah

makan pedas

Van B. Haywood, DMD, dosen Fakultas Kedokteran Gigi di Augusta University, menyarankan Anda untuk menjauhi makanan renyah dengan ujung yang tajam, panas, dan pedas untuk sementara waktu demi pemulihan yang lebih cepat.

Jenis makanan tersebut justru akan memperburuk luka di mulut Anda, hingga membuatnya jauh lebih sakit daripada sebelumnya. Sebagi gantinya, Anda bisa memilih makanan dengan tekstur lembut sampai mulut sembuh sepenuhnya.

5. Kumur air garam

manfaat air garam untuk kesehatan mulut

Sudah bertahun-tahun lamanya, berkumur air dengan garam dikenal mampu mengatasi bermacam-macam masalah mulut. Salah satunya untuk mempercepat penyembuhan mulut yang luka serta mencegahnya berkembang menjadi infeksi.

Anda bisa membuatnya dengan melarutkan seperempat sendok teh garam dalam segelas air. Selanjutnya, berkumurlah seperti biasa dan buang air yang telah digunakan. Lakukan rutin selama 3-4 sehari sampai luka di dalam mulut sembuh seutuhnya.

Kapan harus ke dokter?

Luka di langit-langit mulut terbagi atas beberapa tahapan. Mulai dari yang terbilang ringan, sedang, hingga benar-benar parah. Jika luka pada langit-langit mulut terbilang parah sehingga tidak mempan diobati hanya dengan cara rumahan, terutama ketika tak kunjung membaik lebih dari dua minggu, disertai dengan demam, bengkak di area mulut, dan nyeri yang semakin parah, ada baiknya segera konsultasikan kondisi ini lebih lanjut dengan dokter.

Pasalnya, luka yang menimbulkan sensasi panas seperti terbakar ini lama-lama dapat menghancurkan lapisan mukosa di sekitar mulut. Dokter biasanya akan meresepkan obat penghilang rasa sakit guna meredakan peradangan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Stomatitis

Stomatitis adalah peradangan yang muncul di mulut. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, serta pengobatan stomatitis di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 3 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Wajib Tahu 15 Penyebab Bau Mulut yang Mengganggu!

Mulai dari penyebab secara umum hingga kondisi kesehatan tertentu, berikut 15 hal yang bisa menyebabkan bau mulut. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 27 November 2020 . Waktu baca 9 menit

Glositis (Radang Lidah)

Jika Anda mengalami lidah bengkak, meradang, dan berubah warna, mungkin Anda mengalami penyakit glossitis. Apa penyebab dan bagaimana mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 27 November 2020 . Waktu baca 6 menit

3 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut demi Senyum yang Indah

Demi menghasilkan senyuman yang indah dan sehat, kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga dengan baik. Bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 16 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
bayi tumbuh gigi

11 Ciri Bayi Tumbuh Gigi yang Perlu Diketahui Orangtua

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
mulut bayi berjamur

Oral Thrush, Infeksi Jamur pada Mulut Bayi dan Cara Aman Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
mulut terasa asam

Mulut Terasa Asam Padahal Anda Bukan Perokok? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 4 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit