Kenapa Gigi Bungsu Baru Tumbuh di Usia Dewasa?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jika Anda saat ini sedang mengeluh rasa nyeri di bagian belakang rahang, bisa jadi gigi bungsu Anda sedang tumbuh. Gigi bungsu atau wisdom teeth adalah gigi geraham ketiga atau gigi geraham terakhir yang tumbuh di usia belasan tahun atau di awal usia dua puluh tahunan. Tumbuhnya gigi bungsu ini kerap menimbulkan masalah, salah satunya adalah rasa nyeri yang luar biasa. Gejala ini biasanya terjadi apabila sudah tidak adanya lagi ruang yang tersisa pada gusi yang bisa ditempati gigi bungsu. Lalu, kenapa gigi bungsu baru tumbuh di usia dewasa?

Penyebab gigi bungsu tumbuh di usia dewasa

Gigi bungsu atau gigi molar ketiga biasa tumbuh dalam rentang umur 17-24 tahun. Jika gigi ini tumbuh miring maka muncul gejala bengkak, nyeri, atau bahkan demam. Terlebih jika gigi ini menusuk gusi, rasanya akan menjadi sangat nyeri. Gigi bungsu akan tumbuh di empat bagian rahang, yaitu kanan atas belakang, kiri atas belakang, kanan bawah belakang, dan kiri bawah belakang.

Tidak ada cara mencegah gigi bungsu ini untuk tidak tumbuh miring. Pertumbuhan gigi ini bersifat alamiah dan tergantung benih giginya. Jika benihnya bagus maka gigi tersebut akan tumbuh lurus. Maka saat gigi ini tumbuh berpotensi sangat besar untuk sakit.

Gigi bungsu pertama Anda biasanya akan muncul saat Anda berusia 6 tahun, sedangkan gigi bungsu ke dua muncul saat Anda berumur 12 tahun. Gigi geraham Anda yang terakhir ini atau biasa yang disebut dengan gigi bungsu sebenarnya tumbuh pada saat Anda berusia sekitar 10 tahun.

Namun gigi ini tidak bisa muncul seperti gigi geraham yang lain karena memiliki pertumbuhan berbeda dengan yang lain, hal ini disebabkan oleh ruang yang tidak cukup di dalam rahang Anda. Tidak ada lagi ruang yang tersisa pada gusi yang bisa ditempati gigi bungsu inilah yang menyebabkan gigi bungsu baru muncul (di beberapa orang) pada rentang usia 17 sampai 25 tahun, meskipun banyak kemungkinannya tidak muncul di usia 25 tahun.

Karena bentuk rahang manusia yang berbeda-beda, hal ini yang menyebabkan pertumbuhan gigi bungsu setiap orang berbeda. Gigi bungsu ini sering terhalang oleh gigi geraham lain yang sudah muncul jika rahang Anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk gigi bungsu.

Bagaimana mengatasi gigi bungsu yang tumbuh sakit?

Sakit akibat tumbuh gigi bungsu ini bisa diatasi dengan meminum obat analgetik atau pereda nyeri. Biasa yang digunakan adalah asam mefenamat atau mefinal. Selain efek nyeri, gigi bungsu yang tumbuh miring ini dapat mempengaruhi susunan gigi lainnya yang tumbuh lebih dulu.

Jika gigi bungsu ini tumbuh miring lalu berbahaya bagi gigi lain atau bahkan gusi, maka harus dicabut. Pencabutan gigi ini biasa disebut operasi odontektomi dan harus ditangani oleh dokter spesialis bedah mulut. Sebelumnya Anda akan melakukan foto rontgen panoramic gigi untuk melihat kemiringan gigi.

Tidak semua orang akan mengalami tumbuhnya gigi bungsu ini. Sakit akibat tumbuh gigi bungsu tidak hanya saat tumbuh. Bahkan di kisaran umur 40 tahun seseorang bisa mengalami sakit akibat gigi bungsu ini. Dan jika gigi bungsu ini muncul pada wanita hamil, maka tidak boleh dicabut. Yang paling aman adalah diberi analgesik dengan jenis dan dosis yang tepat untuk wanita hamil.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Leukoplakia

Leukoplakia adalah munculnya bercak atau luka putih di dalam mulut akibat iritasi. Cari tahu gejala, penyebab, serta pengobatan leukoplakia di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 30 November 2020 . Waktu baca 11 menit

Sariawan

Sariawan adalah luka yang muncul di jaringan mulut akibat cedera atau penyakit. Cari tahu lebih lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 30 November 2020 . Waktu baca 12 menit

Bau Mulut (Halitosis)

Bau mulut atau halitosis dapat mengganggu keseharian Anda. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, serta mencegah bau mulut di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 27 November 2020 . Waktu baca 12 menit

Mengatasi Gangguan pada Lidah Dimulai dengan Menjaga Kebersihannya

Demi menjaga kesehatan lidah, membersihkan lidah sama pentingnya dengan menggosok gigi. Simak tips menjaga kebersihan lidah di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 27 November 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kelebihan kekurangan pakai kawat gigi alias behel

Manfaat dan Risiko Memakai Kawat Gigi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 4 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit
cara memutihkan gigi

Berbagai Cara Memutihkan Gigi Melalui Perawatan Dokter

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit
proses pasang behel

Bagaimana Proses Pemasangan Behel atau Kawat Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit
gusi bengkak

Gusi Bengkak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 30 November 2020 . Waktu baca 13 menit