7 Fakta Unik Mulut Manusia, Apa Saja?

    7 Fakta Unik Mulut Manusia, Apa Saja?

    Mulut adalah organ tubuh manusia yang terletak di wajah. Di dalam mulut, terdapat beberapa anggota tubuh lain, seperti lidah dan tulang gigi. Akan tetapi, berapa banyak yang sudah Anda ketahui soal mulut? Selain sebagai gerbang utama masuknya makanan ke saluran pencernaan, apa saja fakta seputar mulut manusia yang wajib diketahui? Simak faktanya berikut ini, yuk!

    Berbagai keunikan mulut manusia

    Menurut Encyclopaedia Britannica (2015), mulut Anda memiliki batasan yakni bibir, pipi, langit-langit keras dan jaringan lunak dan glotis (lubang antara laring dan pita suara).

    Kemudian, terbagi lagi dua bagian, yakni ruang depan, area antara pipi dan gigi, dan rongga mulut yang tepat. Bagian terakhir sebagian besar diisi oleh lidah, otot besar dengan kuat yang berujung ke dasar mulut oleh frenulum linguae.

    Selain informasi ini, ternyata ada banyak fakta mengenai mulut manusia yang mungkin belum Anda tahu. Berikut satu per satu faktanya.

    1. Ludah punya fungsi penting

    salad sayuran

    Ludah bukan sekadar hanya air liur pembasah bibir semata. Ludah merupakan cairan yang terdapat di dalam mulut. Zat berbahan air yang kental dan melapisi seluruh bagian mulut ini juga memiliki beberapa fungsi lainnya.

    Fungsi paling penting ludah adalah untuk melindungi mulut dan organ-organ lain di dalamnya dari kekeringan. Selain itu, fungsi lain dari air liur yang tak kalah penting seperti di bawah ini.

    • Melumasi jaringan mulut untuk membantu menelan dan berbicara.
    • Membantu indera perasa khusus.
    • Menjaga kesehatan lapisan mulut
    • Membantu pencernaan.
    • Remineralisasi email dengan menggunakan kalsium dan fosfat.
    • Memiliki aktivitas antimikroba, yang mencegah perkembangan dan pertumbuhan bakteri di mulut.
    • Mencegah terjadinya erosi gigi yang disebabkan oleh paparan minuman ringan soda secara bertahap dalam jangka lama atau asam lambung.

    Banyak orang dehidrasi yang tertolong karena adanya ludah di dalam mulut mereka. Selain mencegah dehidrasi, ludah juga digunakan untuk membantu pencernaan. Adanya enzim amilase pada ludah bisa membantu memproses karbohidrat dalam makanan.

    2. Gigi terbuat dari bahan yang kuat

    Fakta mulut manusia yang satu ini ada pada gigi. Gigi merupakan organ pada mulut yang terbuat dari bahan enamel. Enamel adalah bahan pembuat organ tubuh, termasuk gigi, dan kekuatannya bisa diadu dengan besi.

    Ini terbukti ketika Anda ke dokter gigi, alat-alatnya saja terbuat dari bahan besi atau bor mesin. Di samping itu, gigi yang kuat ini selalu jadi bahan identifikasi pada kasus korban-korban yang terbakar.

    3. Bagian mulut bersatu dengan bagian mata dan hidung

    cara membuat wajah glowing permanen

    Tahukah Anda, kalau fakta mulut itu ternyata terhubung dengan bagian mata dan hidung? Ya, pada dasarnya, mulut, hidung dan mata sama-sama memiliki tempat saluran, bukaan, dan kelenjar yang semuanya berakhir ke sistem pencernaan.

    4. Ludah bukan cuma air biasa

    Mulut manusia mengandung air air liur. Nah, air liur sebagian besar terbentuk dari air, tapi juga mengandung cairan lainnya, seperti protein yang fungsinya bisa melumasi lidah, menghambat pertumbuhan bakteri, mencegah perubahan pH yang berlebihan, dan membantu proses pencernaan.

    Beberapa zat juga dapat mencapai air liur dengan dengan melewati darah melalui ruang antarsel. Oleh karena itulah, beberapa senyawa yang terkandung di dalam darah juga ada pada air liur.

    Dalam dunia kesehatan, air liur bisa menunjukkan emosional, hormonal, kesehatan sistem kekebalan tubuh, kondisi neurologis, defisiensi nutrisi, dan metabolisme tubuh.

    Namun, pada orang dengan kondisi tertentu, fungsi air liur bisa terganggu, seperti orang yang menjalani perawatan terapi radiasi. Kadang mereka mengalami sulit bicara dan sulit untuk menelan.

    Kekurangan produksi air liur pada orang dengan diabetes membuat mereka rentan mengalami infeksi jamur di mulut.

    5. Ada ribuan bintil pengecap di lidah

    Bila Anda melihat lidah Anda lewat mikroskop, pasti Anda akan takjub melihatnya. Lidah yang Anda kira mulus begitu saja, ternyata permukaannya dihinggapi ribuan bintil pengecap.

    Bintil-bintil pada lidah ini lebih mirip seperti jamur ini disebut dengan papila. Ditambah lagi, masih ada saraf pada ujung tiap bintil papila di mulut manusia.

    Ada empat jenis papila yang perlu Anda tahu, seperti dilansir laporan pada jurnal The International journal of developmental biology.

    • Filiform. Jenis papila yang paling umum yang tidak mengandung kuncup pengecap. Sebaliknya, jenis papila ini berfungsi untuk membantu membersihkan mulut, mengunyah, dan berbicara.
    • Fungiform. Antara 200 dan 400 papila jenis ini ada di lidah Anda, sebagian besar di ujung dan tepi. Masing-masing berisi 3 sampai 5 kuncup pengecap serta sel sensorik untuk tekstur dan suhu.
    • Circumvallate. Jenis paila ini sangat besar dan berada di dasar lidah dekat tenggorokan dan mengandung ratusan perasa. Anda bisa melihat dengan jelas papila ini jika berkaca di depan cermin.

    Perlu Anda ketahui, saraf di bintil pengecap ini lama-lama bisa mati juga, kira-kira di usia 60 tahun. Akibatnya, indra pengecap Anda jadi tidak peka lagi terhadap rasa-rasa yang masuk ke mulut.

    Hal ini juga yang menjelaskan mengapa semakin tua usia seseorang bisa semakin menurun selera makannya. Ya, lidah sudah tidak mampu lagi merasakan berbagai macam rasa yang lezat sehingga nafsu makan pun berkurang.

    6. Lidah adalah organ yang terbuat dari gabungan otot

    fungsi lidah

    Siapa sangka lidah yang Anda miliki itu merupakan otot yang berdaging? Ya, lidah merupakan gabungan dari 4 otot yang bisa bergera. Gabungan dari 4 otot ini bisa menghasilkan gerakan seperti menelan, berbicara, hingga mengucapkan alfabet seperti “R” dan “L”.

    7. Mulut manusia adalah alat komunikasi yang sangat canggih

    Beberapa hewan berkomunikasi melalui feromon, yaitu zat kimia khusus yang dilepaskan dan ditangkap oleh hewan lainnya. Ada juga hewan yang berkomunikasi dengan gerakan serta getaran tubuh (seperti tarian), misalnya lebah. Nah, kebanyakan manusia berkomunikasi dengan suara.

    Suara memang awalnya diproduksi dari dalam paru-paru, tenggorokan, kotak suara, sampai ke pita suara. Akan tetapi, suara-suara tersebut tidak akan menjadi sebuah bahasa tanpa bantuan mulut manusia.

    Setelah udara ditiupkan sampai ke pita suara, bagian-bagian mulut seperti lidah, langit-langit mulut, gigi, dan bibir akan bergerak secara sistematis untuk menciptakan bunyi tertentu.

    Silakan coba sendiri, bisakah Anda menciptakan bunyi huruf “B” tanpa menggerakkan mulut atau bibir Anda sama sekali? Bisakah Anda menciptakan bunyi huruf “L” tanpa menempelkan lidah ke langit-langit mulut atau gigi atas? Tentu saja sangat sulit.

    Inilah pentingnya mulut manusia sebagai alat komunikasi. Mulut Anda bisa memproduksi ratusan bunyi, mulai dari alfabet A sampai Z hingga bunyi-bunyian seperti “ng”, “ny”, dan lain-lain. Luar biasa, bukan?

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    mouth | Definition, Anatomy, & Function. (2022). Retrieved 25 January 2022, from https://www.britannica.com/science/mouth-anatomy

    InformedHealth.org [Internet]. Cologne, Germany: Institute for Quality and Efficiency in Health Care (IQWiG); 2006-. How does the tongue work? 2011 Dec 19 [Updated 2016 Aug 23]. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK279407/

    Your Tongue (for Kids) – Nemours KidsHealth. (2022). Retrieved 25 January 2022, from https://kidshealth.org/en/kids/tongue.html

    What Your Tongue Can Tell You About Your Health. (2022). Retrieved 25 January 2022, from https://health.clevelandclinic.org/what-your-tongue-can-tell-you-about-your-health/

    Jung, H. S., Akita, K., & Kim, J. Y. (2004). Spacing patterns on tongue surface-gustatory papilla. The International journal of developmental biology48(2-3), 157–161. https://doi.org/10.1387/ijdb.15272380

    NPR Cookie Consent and Choices. (2022). Retrieved 25 January 2022, from https://www.npr.org/templates/story/story.php?storyId=129083762

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui Feb 17
    Ditinjau secara medis oleh drg. Farah Nadiya