Kenapa Perokok Sering Merasa Mulut Asam dan Pahit Kalau Tidak Merokok?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Rokok telah menjadi penyebab utama meningkatnya angka kematian di dunia setiap tahunnya. Menurut data World Health Organization saja pada tahun 2015, terdapat lebih dari 1,1 juta orang yang menjadi perokok aktif. Hal ini menandakan semakin banyak perokok aktif.

Meskipun sudah menjadi rahasia umum jika rokok adalah racun dan sangat berbahaya bagi tubuh, tetapi tetap saja banyak orang yang terjerat rokok. Bahkan bagi para perokok aktif, justru rokok yang membuat mereka bersemangat dan membangkitkan mood mereka – walaupun hal ini salah besar. Sampai-sampai kebanyakan dari mereka menyatakan bahwa mulut mereka akan terasa asam, pahit, dan kering jika tidak merokok sekali saja dalam satu hari.

Memangnya, apakah benar tidak merokok akan membuat mulut asam dan pahit?

Apakah mulut asam dan pahit memang akibat dari tidak merokok?

Mungkin Anda pernah mendengar sendiri pernyataan ini dari teman-teman atau orang sekitar Anda yang menjadi perokok aktif. Atau bahkan Anda merasakannya sendiri – jika Anda salah satu perokok aktif. Ya, mulut asam dan pahit sangat mungkin sering terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan merokok. Apakah berhenti merokok membuat mulut semakin asam dan pahit?

Tentu jawabannya tidak. Sebenarnya, perasaan mulut asam dan pahit yang Anda rasakan adalah imbas dari kebiasaan merokok Anda selama ini. Seperti yang kita tahu, rokok mengandung berbagai zat kimia yang semuanya buruk bagi kesehatan, salah satunya kesehatan mulut.

Mulut asam tanda bahwa kesehatan mulut Anda buruk

Kerusakan pertama yang ditimbulkan rokok pada mulut Anda adalah perubahan dari sistem saraf pada lidah Anda. Lidah berguna untuk merasakan berbagai rasa, seperti manis, asin, asam, dan pahit. Jika Anda perhatikan, pada permukaan lidah terdapat banyak bintil-bintil yang merupakan alat penerima rangsangan saraf dari luar. Papila ini yang akan mengartikan setiap rasa yang Anda rasakan ketika Anda sedang makan atau minum sesuatu.

Namun ketika Anda merokok, jangan harap Anda bisa peka merasakan beragam rasa pada makanan. Zat di rokok akan menurunkan kemampuan mengecap Anda. Tidak hanya itu saja bahkan, rokok merusak papila tersebut hingga mengacaukan kemampuan lidah untuk mengecap. Salah satu dampak yang Anda rasakan dari kerusakan ini adalah mulut asam dan pahit.

Lalu apa yang harus saya lakukan agar mulut tidak asam?

Tentu saja, solusi yang paling baik adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok Anda. Kebiasaan buruk ini tidak hanya akan membuat mulut asam dan pahit saja, lambat laun pasti banyak efek samping yang timbul akibat kerusakan organ yang terpapar dengan zat kimia yang ada di dalam rokok.

Meskipun susah untuk berhenti merokok, bukan berarti hal itu tidak bisa Anda lakukan. Banyak hal yang dapat membantu Anda lepas dari jeratan tembakau dan rokok perusak tersebut. beberapa cara di antaranya Anda bisa temukan di sini.

Share now :

Direview tanggal: Mei 5, 2017 | Terakhir Diedit: Juni 20, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca