home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenali 3 Penyebab Vagina Berkeringat dan Cara Mengatasinya

Kenali 3 Penyebab Vagina Berkeringat dan Cara Mengatasinya

Berkeringat adalah cara tubuh untuk mendinginkan diri. Hal ini nomal terjadi setiap kali Anda merasa panas. Misalnya setelah melakukan aktivitas yang berat seperti olahraga atau menggunakan baju berlapis-lapis. Berkeringat bisa mengganggu aktivitas Anda, terlebih lagi jika keringat muncul di daerah vagina. Tak hanya menganggu aktivitas, vagina berkeringat juga kesehatan Anda. Apa yang menyebabkan vagina berkeringat dan bagaimana mengatasinya?

Apa yang menyebabkan vagina berkeringat?

Vagina berkeringat akan memicu perkembangan berbagai organisme berbahaya seperti bakteri dan jamur. Pertumbuhan dari organisme ini akhirnya bisa menyebabkan infeksi vagina.

Bagi kebanyakan wanita, vagina berkeringat bisa sangat menganggu karena biasanya akan membuat vagina bau dan terasa gatal. Lalu, apa yang sebenernya membuat vagina berkeringat?

1. Rambut kemaluan

vagina wangi dan segar

Rambut kemaluan bisa menjadi salah satu penyebab vagina berkeringat. Bulu-bulu halus ini memerangkap bakteri dan kelembapan. Jadi, rambut kemaluan yang terlalu lebat dapat menyebabkan keringat berlebih dan juga menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, penting untuk menjaga area vagina dan sekitarnya agar tetap kering dan sehat.

2. Memiliki berat badan berlebih

kegemukan penyakit menular

Wanita dengan berat badan berlebih atau kegemukan akan lebih mudah berkeringat dibandingkan dengan wanita dengan berat badan ideal. Termasuk juga di area intim Anda.

3. Bahan celana dalam yang tidak tepat

mengganti celana dalam

Celana dalam yang digunakan penting untuk Anda perhatikan. Salah memilih bahan celana dalam bisa menyebabkan vagina berkeringat.

Celana dalam berbahan sutra dan renda susah menyerap keringat, sehingga vagina menjadi lembap dan dapat memicu pertumbuhan bakteri maupun jamur. Begitu juga kalau celana dalam Anda ukurannya terlalu sempit dan ketat.

Bagaimana mengatasi vagina berkeringat?

Berikut cara mengatasi vagina berkeringat dan langkah-langkah menjaga vagina agar tetap sehat dan bersih.

1. Pilih celana dalam yang tepat

risiko pelumas vagina

Dengan menggunakan celana dalam katun asli, organ intim Anda bisa bernapas lebih lega dan dapat menyerap keringat dengan baik. Selain itu, hindari menggunakan celana yang terlalu ketat.

2. Langsung ganti pakaian setelah berkeringat

alami yang bisa mengusir biang keringat

Olahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya tentu membuat Anda berkeringat lebih banyak. Usahakan selalu ganti pakaian Anda setelah berkeringat, termasuk celana dalam.

Keringat dapat membuat organ intim menjadi lembap, dan akhirnya akan memberi peluang bagi bakteri atau jamur untuk tumbuh. Hal ini akan membuat vagina terasa gatal dan terkadang terasa perih seperti tebakar.

3. Mencukur rambut kemaluan

mencukur rambut kemaluan

Rambut kemaluan berfungsi untuk mengurangi gesekan langsung antara pakaian dengan kulit Anda dan juga untuk menangkap keringat dari kulit Anda.

Namun, rambut kemaluan yang terlalu lebat juga bisa jadi sarang bakteri. Di daerah vagina terdapat bakteri baik dan jahat, Anda perlu bakteri baik ini untuk mencegah pertumbuhan jamur yang berlebih. Namun, ketika bakteri bercampur dengan keringat dan minyak pada rambut kemaluan, ini akan membuat vagina menjadi bau dan berkeringat.

Maka, disarankan untuk menjaga kebersihan rambut kemaluan dan mencukur rapi rambut-rambut halus di area vagina Anda. Anda tidak perlu mencukurnya habis, kok. Cukur sedikit saja, yang penting Anda nyaman dan tidak lagi mengalami vagina berkeringat.

 

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sweaty Vagina: Why It Happens and What You Can Do https://www.healthline.com/health/womens-health/sweaty-vagina#sweatwicking-underwear diakses 5 April 2018.

How to Deal With Crotch Sweat https://www.self.com/story/how-to-deal-with-crotch-sweat diakses 5 April 2018.

Causes of Vaginal Sweat or Crotch Sweat & Ways to Stop it https://www.epainassist.com/pelvic-pain/vagina/vaginal-sweat-or-crotch-sweat diakses 5 April 2018.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 21/06/2019
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x