home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mimpi Basah pada Wanita, Apakah Normal Terjadi?

Mimpi Basah pada Wanita, Apakah Normal Terjadi?

Umumnya, mimpi basah biasa terjadi pada laki-laki. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan apabila wanita juga mengalami kondisi ini. Tak hanya di masa perkembangan remaja, mimpi basah juga bisa terjadi hingga dewasa. Apakah mimpi basah pada wanita normal terjadi? Ini yang terjadi saat wanita mengalaminya.

Mimpi basah pada wanita

mimpi basah pada wanita

Dalam dunia medis, mimpi basah mempunyai istilah yaitu emisi nokturnal. Mengutip dari American Psychological Association, ini adalah kondisi ejakulasi yang tidak disengaja saat mimpi pada malam hari.

Umumnya, mimpi basah mulai terjadi pada masa perkembangan remaja, yaitu ketika masa puber.

Berdasarkan pengertiannya, terlihat bahwa yang paling sering mengalaminya adalah remaja laki-laki hingga saat ia sudah dewasa.

Hal ini karena pengertian dari ejakulasi adalah mengeluarkan air mani atau cairan yang mengandung sperma dari penis.

Namun faktanya, mimpi basah juga dapat terjadi pada wanita. Apabila laki-laki mengalami ejakulasi, wanita kemungkinan juga mengalami orgasme serta keluarnya cairan sekresi vagina.

Sementara itu, mengutip dari laman Young Women’s Health mengenai mimpi basah, perempuan dapat mengalami sesuatu yang mirip dengan mimpi basah atau emisi nokturnal.

Sebagai contoh, saat wanita mengalami perasaan terangsang saat tidur. Lalu, saat bangun juga merasakan adanya cairan yang keluar dari vagina.

Apakah normal terjadi?

Dari penjelasan sebelumnya, dapat dikatakan bahwa mimpi basah pada perempuan juga merupakan hal yang normal terjadi.

Namun, tidak semua wanita merasa bahwa itu merupakan hal yang sama seperti mimpi basah. Apalagi, masih sedikit penelitian yang berhasil menjelaskan proses mimpi basah pada wanita.

Kemungkinan, penyebab dari hal ini bukan karena sedikitnya perempuan yang mengalami mimpi basah. Akan tetapi, karena emisi nokturnal pada wanita lebih sulit dikenali tanda-tandanya dibandingkan dengan pria.

Selain itu, walaupun mimpi basah pada perempuan adalah kasus yang umum terjadi, kenyataannya pembicaraan ini masih jarang dibahas dalam pendidikan seks.

Tanda-tanda atau gejala mimpi basah pada wanita, biasanya ditandai dengan keluarnya cairan vagina seperti saat menerima rangsangan seksual.

Mimpi basah juga berkaitan dengan salah satu tahapan tidur yaitu rapid eye movement (REM). Peredaran darah pada bagian tubuh sekitar kemaluan akan jadi lebih meningkat secara berkala.

Sirkulasi darah ini bisa memuncak dan menyebabkan keluarnya cairan dari kemaluan baik pada laki-laki maupun wanita.

mimpi basah pada wanita

Ketika laki-laki orgasme, penis akan berejakulasi dan mengeluarkan air mani sebagai bukti bahwa ia telah mencapai klimaks.

Sementara itu, perempuan yang orgasme akan mengeluarkan cairan lubrikan alami saat terangsang maupun mimpi basah.

Maka, sulit untuk membedakan apakah cairan yang keluar penyebabnya adalah rangsangan seksual semata atau karena mimpi basah sehingga ia berhasil mencapai orgasme saat tidur.

Hanya Anda yang tahu jenis mimpi basah yang dialami. Bahkan, tidak menutup kemungkinan Anda tidak mengingat seperti apa mimpi tersebut.

Belum ada bukti pasti bahwa mimpi basah yang terjadi pada wanita berhubungan dengan mimpi erotis atau jenis lainnya.

Seberapa sering wanita mengalami mimpi basah?

Emisi nokturnal atau mimpi basah ini bukan menjadi hal yang bisa Anda kendalikan dengan mudah. Begitu juga dengan frekuensi atau seberapa sering mimpi basah pada setiap orang.

Berikut adalah kemungkinan frekuensi mimpi basah pada wanita, di antaranya adalah:

  • tidak pernah mengalami mimpi basah sama sekali,
  • hanya beberapa kali mengalaminya,
  • terjadi hanya pada masa perkembangan remaja, atau
  • mengalami mimpi basah secara teratur.

Apakah mimpi basah bisa berhenti?

mimpi basah pada wanita

Apabila Anda adalah wanita yang mengalami mimpi basah, tak perlu malu atau minder. Perlu Anda ingat bahwa ini menjadi bagian tidur yang sehat dan normal.

Ini juga merupakan reaksi saat tidur yang tidak disengaja dan bisa Anda cegah begitu saja.

Pada wanita dalam usia dewasa, mimpi basah bukan menjadi tanda bahwa seseorang tidak cukup berhubungan seks atau bahkan tidak puas dengan pasangan.

Tidak ada salahnya Anda dan pasangan membicarakan perihal mimpi basah secara terbuka untuk mengurangi kecemasan serta rasa malu.

Begitu juga saat mimpi basah pada wanita ini memengaruhi aktivitas seksual, waktu tidur, hingga menjadi penyebab masalah tertentu. Segera konsultasikan dengan dokter atau psikolog.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Is It Normal to Get Erections? (for Teens) – Connecticut Children’s Medical Center. (2021). Retrieved 15 April 2021, from https://m.kidshealth.org/ConnecticutChildrens/en/teens/normal-erections.html

Nocturnal Orgasm in College Women: Its Relation to Dreams and Anxiety Associated with Sexual Factors. (2021). The Journal Of Genetic Psychology. Retrieved from https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00221325.1976.10534034?journalCode=vgnt20

APA Dictionary of Psychology. (2021). Retrieved 15 April 2021, from https://dictionary.apa.org/nocturnal-emission

Can girls have wet dreams?. (2011). Retrieved 15 April 2021, from https://youngwomenshealth.org/2011/10/05/girls_and_wet_dreams/

What Are Wet Dreams? (for Teens) – Nemours KidsHealth. (2021). Retrieved 15 April 2021, from https://kidshealth.org/en/teens/expert-wet-dreams.html

Vaginal Discharge: What’s Normal, What’s Not (for Teens) – Nemours KidsHealth. (2021). Retrieved 15 April 2021, from https://kidshealth.org/en/teens/vdischarge2.html

Wet Dreams. (2015). Retrieved 15 April 2021, from https://youngmenshealthsite.org/guides/wet-dreams/

Is It Normal to Have Wet Dreams? . (2021). Retrieved 15 April 2021, from https://www.family.org.sg/FOTFS/Response_Forms/Talk_About_Sex/Talk_About_Sex_Is_It_Normal_to_Have_Wet_Dreams.aspx

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Atifa Adlina pada 09/05/2021
x