Vulvodynia

Vulvodynia

Rasa sakit di vagina bisa dipicu oleh beragam kondisi. Salah satu penyebabnya yaitu kondisi bernama vulvodynia. Meski sering kali disebut sebagai depresi vagina, pada kondisi ini, vagina bukan benar-benar mengalami depresi. Untuk lebih jelasnya, cari tahu mengenai kebenaran depresi vagina di artikel ini.

Apa itu vulvodynia?

bentuk vagina

Dalam istilah medis, tidak ada istilah depresi vagina. Gejala nyeri vagina ini sebenarnya dikenal sebagai vulvodynia.

Vulvodynia atau vulvodinia adalah kondisi ketika vagina mengalami nyeri kronis tanpa diketahui penyebabnya. Nyeri ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Vulvodynia biasanya timbul pada area pembukaan vagina (vulva), yakni berupa rasa nyeri, sensasi terbakar, atau iritasi.

Nyeri tersebut dapat menyebabkan rasa tidak nyaman saat duduk untuk waktu yang lama atau ketika berhubungan seksual.

Banyak wanita penderita vulvodinia yang memiliki riwayat pengobatan infeksi jamur vagina atau vaginitis berulang. Beberapa wanita dengan kondisi ini terkadang juga memiliki riwayat pelecehan seksual.

Namun, penting untuk dicatat bahwa vulvodynia tidak menular, termasuk saat melakukan hubungan seksual atau juga bukan merupakan gejala kanker.

Apa penyebab vulvodynia?

Sejauh ini, penyebab vulvodynia belum dapat dipastikan.

Namun, ada beberapa faktor yang diduga bisa menjadi pemicunya, yaitu sebagai berikut.

  • Cedera atau irirtasi pada saraf di sekitar area vagina.
  • Infeksi vagina sebelumnya.
  • Alergi atau kulit sensitif.
  • Perubahan hormon.
  • Otot tegang atau mengalami kelemahan di dasar panggul yang berfungsi menyangga rahim, kandung kemih, dan usus.

Apa gejala vulvodynia?

Gejala utama vulvodynia yaitu rasa nyeri di sekitar vagina. Dilansir dari Mayo Clinic, rasa sakit tersebut dapat berupa:

  • perih,
  • sensasi terbakar,
  • gatal,
  • berdenyut,
  • bengkak, dan
  • sakit saat berhubungan seksual (vaginismus).

Rasa sakit yang dialami dapat terjadi secara konstan (terus menerus) dan bertahan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Namun, nyeri juga bisa hilang timbul atau hanya terasa saat disentuh.

Vulvodinia juga bisa terjadi di seluruh area vagina atau di bagian tertentu saja, misalnya di bagian luar vagina (vestibulum).

Meski umumnya terlihat normal, pada beberapa kasus, vagina juga bisa terlihat meradang atau membengkak.

Bagaimana cara mendiagnosis vulvodynia?

selama usg transvaginal

Pertama-tama, dokter akan menanyakan tentang catatan medis, gejalayang dialami, dan gaya hidup, termasuk yang berhubungan dengan kegiatan seksual.

Untuk memastikan kondisinya, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan lainnya, seperti berikut ini.

  • Pemeriksaan panggul, untuk melihat gejala pada vagina dan bagian sekitar alat kelamin secara langsung.
  • Tes swab, dengan mengusapkan kapas ke bagian yang sakit untuk mengambil sampel yang akan diperiksa guna mendeteksi penyebab infeksi.

Bagaimana cara mengobati vulvodynia?

Cara mengobati vulvodynia biasanya fokus pada menghilangkan gejalanya. Masing-masing wanita dengan kondisi ini mungkin memerlukan pengobatan yang berbeda-beda.

Misalnya, apakah gejala tersebut menimbulkan rasa sakit, lecet, atau perih di vagina.

Jika Anda merasa bahwa vagina Anda mengalami gejala yang telah disebutkan, jangan panik atau secara sembarangan minum obat, misalnya antidepresan, karena percaya dengan istilah depresi vagina.

Lalu, bagaimana cara mengobati vulvodinia yang direkomendasikan oleh medis? Berikut pilihan pengobatannya.

1. Obat-obatan

Jika gejala menunjukan kondisi vulvodynia, dokter biasanya akan memberikan Anda resep antidepresan trisiklik atau antikonvulsan yang dapat membantu mengurangi rasa sakit kronis di vagina Anda.

Antihistamin juga dapat diresepkan untuk mengurangi rasa gatal di vagina.

2. Terapi biofeedback

Terapi ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan mengajarkan Anda cara untuk mengendalikan respons tubuh terrhadap gejala yang dialami.

Tujuan dari biofeedback adalah untuk membantu Anda membuat otot panggul menjadi lebih rileks sehingga mengurangi rasa sakit.

3. Bius lokal

Obat-obatan, seperti salep lidocaine, dapat membantu meringankan gejala untuk sementara.

Dokter mungkin menyarankan penggunaan lidokain 30 menit sebelum berhubungan seksual untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang mungkin timbul.

Jika menggunakan salep lidokain, pasangan Anda mungkin juga akan mengalami mati rasa sementara setelah melakukan kontak seksual.

4. Blok saraf

Suntikan blok saraf lokal biasanya bisa diberikan pada wanita yang telah lama mengalami rasa nyeri di vagina dan tidak kunjung sembuh setelah ditangani dengan pengobatan lain.

5. Terapi dasar panggul

Beberapa wanita dengan vulvodynia mungkin memiliki masalah dengan penegangan otot-otot dasar panggul.

Otot-otot dasar panggul tersebut merupakan otot yang menopang rahim, kandung kemih, dan usus.

Latihan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul dapat membantu meringankan rasa sakit akibat vulvodynia.

6. Operasi

Jika rasa sakit hanya timbul di area yang kecil (misalnya, lokal vulvodynia atau vulva vestibulitis), operasi untuk mengangkat kulit dan jaringan yang terkena ini dapat mengurangi rasa sakit pada beberapa wanita.

Prosedur operasi tersebut dikenal dengan nama vestibulectomy.

Kapan saya harus ke dokter?

Vulvodynia cukup umum dialami, walau jarang wanita yang melakukan pemeriksaan terkait kondisi ini.

Bila timbul rasa nyeri di vagina, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan penyebabnya dan mendapat penanganan yang tepat.

Hal ini juga bertujuan untuk menghindari penggunaan obat vulvodynia yang dijual bebas di apotek , misalnya obat infeksi jamur, secara berlebihan tanpa resep dokter.

Kesimpulan

Ada baiknya jika Anda merasakan gejala vulvodynia, segera konsultasi ke dokter agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Dokter akan memberitahu Anda cara mengobati vulvodynia Anda dengan cara yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Vulvodynia. (2022). Retrieved 29 August 2022, from https://www.thewomens.org.au/health-information/vulva-vagina/vulva-vagina-problems/vulvodynia

Faye, R., & Piraccini, E. (2022). Vulvodynia. Retrieved 29 August 2022, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK430792/

Localised provoked vestibulodynia (vulvodynia): assessment and management. (2022). Retrieved 29 August 2022, from https://www.racgp.org.au/afp/2015/july/localised-provoked-vestibulodynia-vulvodynia-asses

staff, f. (2022). Vulvodynia – Vulvodynia Treatment | familydoctor.org. Retrieved 29 August 2022, from https://familydoctor.org/condition/vulvodynia/

Vulvodynia. (2022). Retrieved 29 August 2022, from https://www.plannedparenthood.org/learn/sex-pleasure-and-sexual-dysfunction/sexual-dysfunction/vulvodynia

Vulvodynia. (2022). Retrieved 29 August 2022, from https://www.healthywomen.org/condition/vulvodynia

Vulvodynia. (2022). Retrieved 29 August 2022, from https://www.acog.org/womens-health/faqs/vulvodynia

Vulvodynia – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 29 August 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/vulvodynia/symptoms-causes/syc-20353423

Vulvodynia & vestibulodynia. (2022). Retrieved 29 August 2022, from https://www.jeanhailes.org.au/health-a-z/vulva-vagina-ovaries-uterus/vulva-pain/vulvodynia-vestibulodynia

Vulvodynia (vulval pain). (2022). Retrieved 29 August 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/vulvodynia/

Vulvodynia | UCLA Obstetrics and Gynecology (OB/GYN) – Los Angeles, CA. (2022). Retrieved 29 August 2022, from https://www.uclahealth.org/obgyn/vulvodynia

Vulvodynia Information | Mount Sinai – New York. (2022). Retrieved 29 August 2022, from https://www.mountsinai.org/health-library/diseases-conditions/vulvodynia

Vulvodynia; Causes, Symptoms, Management & Treatment. (2022). Retrieved 29 August 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17878-vulvodynia

What is Vulvodynia?. (2022). Retrieved 29 August 2022, from https://www.nva.org/what-is-vulvodynia/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Reikha Pratiwi Diperbarui Oct 07
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita