Terapi Laser Vagina, Apa Manfaatnya dan Seperti Apa Prosesnya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tak dapat dipungkiri, vagina akan mengalami begitu banyak perubahan seiring waktu. Bertambahnya usia, menopause, dan setelah melahirkan adalah beberapa alasan yang bisa membuat vagina Anda mengendur. Selain senam Kegel, ada satu cara lain yang tersedia untuk mengencangkan vagina, yaitu dengan terapi laser vagina.

Apa itu terapi laser vagina?

Vagina kendur terjadi karena berkurangnya kekencangan struktur jaringan penyokong atau melemahnya otot-otot sekitar vagina, yang disebabkan oleh kurangnya kolagen. Masalah ini biasanya bisa mengurangi kenikmatan hubungan seksual dengan pasangan.

Terapi laser vagina diklaim dapat mengencangkan kembali vagina yang kendur hanya dengan beberapa langkah mudah. Selama prosesnya, teknisi akan “menembakkan” laser penghasil panas ke jaringan sekitar vagina yang kemudian merangsang pembentukan kolagen baru.

Adanya kolagen baru ini akhirnya mengencangkan kembali vagina yang kendur. Setiap tembakan laser ke vagina biasanya tidak akan terasa sakit, hanya seperti getaran hangat. Proses terapi ini juga cukup singkat,  hanya 15-30 menit.

Tapi apakah aman?

Terapi laser vagina sudah mendapat persetujuan penggunaannya oleh U.S. Food and Drug Administration pada tahun 2014.

Satu studi yang menguji metode ini pada 50 wanita selama lebih dari 12 minggu menunjukkan kemajuan dari keluhan yang dilaporkan seputar perubahan bentuk dan fungsi vaginanya. Dalam penelitian tersebut, 84 persen wanita melaporkan kepuasan dengan prosedur tersebut.

Dalam studi lain terhadap 120 pasien, hampir 90 persen partisipan melaporkan berkurangnya rasa sakit saat melakukan hubungan seksual mengikuti prosedur ini.

Sedangkan untuk efek samping, pasien yang menjalani perawatan ini awalnya mungkin mengalami keputihan atau sedikit bercak perdarahan, namun gejala ini hilang hanya dalam 2-3 hari.

Apa manfaatnya melakukan terapi laser vagina?

1. Meningkatkan kepuasaan seksual

Setelah melahirkan, seiring berjalannya waktu, jaringan vagina Anda bisa menjadi kendur, longgar, dan berkurangnya kepekaan di daerah vagina. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kepuasan selama berhubungan seksual.

Terapi laser vagina bisa membentuk kembali jaringan kolagen baru pada dinding vagina, menambah sensivitas reseptor vagina, meningkatkan kemampuan kontraksi jaringan vagina yang ada, meningkatkan kekencangan vagina, dan meningkatkan kepuasan seksual.

2. Mengatasi inkontinensia urin

Inkontinensia urin adalah istilah yang menggambarkan kebocoran urin yang terjadi tanpa disadari selama aktivitas yang mampu meningkatkan tekanan di perut seperti batuk, bersin, tertawa atau berolahraga. Kondisi ini disebabkan oleh hilangnya kekuatan di uretra karena struktur pendukung pelvis yang lemah.

Terapi laser vagina mengurangi gejala SUI dan secara efektif mengembalikan buang air kecil secara normal karena meningkatkan ketebalan dinding vagina dan memperkuat struktur pendukung pelvis.

3. Mengurangi rasa sakit karena atrofi vagina

Atrofi vagina (atrofik vaginitis) adalah penipisan dan peradangan pada dinding vagina akibat penurunan estrogen. Atrofi vagina paling sering terjadi setelah menopause, tetapi bisa juga berkembang selama menyusui atau pada saat produksi estrogen menurun. Bagi banyak wanita, atrofi vagina bisa membuat hubungan seks terasa menyakitkan.

Terapi laser vagina menurut sebuah penelitian mampu mengurangi gejala atrofi vagina dan mengurangi rasa sakit saat berhubungan seksual. Penelitian ini berlangsung selama 12 minggu dan melibatkan 50 wanita, diakhir penelitian, 84% wanita merasakan kondisi mereka membaik setelah melakukan terapi laser vagina.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Khusus untuk Pria, Ini 10 Cara Biar Lebih Tahan Lama di Ranjang

Beda dengan wanita, pria butuh cara khusus biar bisa tahan lama saat melakukan hubungan intim. Namun, jangan cemas, berikut tips atasinya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Seksual, Tips Seks 17 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

4 Tips Penting untuk Menjaga Vagina Tetap Wangi dan Segar

Jangan sembarangan menggunakan produk kimia untuk membuat vagina wangi. Berikut ini panduan menjaga kesegaran alami vagina.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Konten Bersponsor
vagina wangi
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 15 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Pilihan Cara Ampuh Mengatasi Keputihan, Lewat Perawatan Alami dan Obat Dokter

Resah dengan keputihan yang keluar berlebih? Jangan khawatir. Ada banyak cara mengatasi atau menghilangkan keputihan di rumah atau berobat ke dokter.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 10 Februari 2021 . Waktu baca 11 menit

11 Penyebab yang Membuat Vagina Anda Terasa Gatal

Tiga dari 4 wanita di dunia pernah kena infeksi jamur yang bikin vagina gatal minimal sekali seumur hidupnya. Selain itu, apa lagi penyebab vagina gatal?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 5 Februari 2021 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

nyeri pinggang saat seks

Kenapa Saya Tiba-tiba Sakit Pinggang Saat Bercinta? (Plus Cara Mengatasinya)

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
luka di vagina

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat crystal x mengencangkan vagina

Crystal X, Tongkat Ajaib Pengencang Vagina yang Justru Bahayakan Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
squirt

Mengulas Squirting, Ejakulasi Wanita Saat Seks dan Cara Mencapainya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 20 Februari 2021 . Waktu baca 9 menit