home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Langkah Mengatasi Sakit Setelah Operasi Amandel

Langkah Mengatasi Sakit Setelah Operasi Amandel

Operasi amandel atau tonsilektomi seringkali menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman setelah prosedurnya berlangsung. Rasa sakit tersebut umumnya bisa diatasi sendiri di rumah dengan cara-cara alami. Lebih lanjut, simak penjelasannya berikut ini.

Apa penyebab rasa sakit setelah operasi amandel?

Amandel atau tonsil adalah dua buah kelenjar di bagian belakang tenggorokan yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh yang membantu menghadang infeksi.

Saat amandel Anda mengalami infeksi atau meradang, inilah yang disebut sebagai radang amandel alias tonsilitis. Kondisi ini dapat diatasi dengan prosedur yang disebut dengan tonsilektomi.

Setelah operasi amandel, Anda mungkin akan merasakan sakit dan mungkin akan terasa lebih parah dalam 3 hingga 4 hari setelah prosedur berlangsung.

Rasa sakit ini biasanya terasa lebih parah pada pagi hari dan bertahan hingga dua minggu.

Selain itu, mungkin ada perubahan warna di mana amandel diangkat. Namun, kondisi tersebut akan pulih dalam waktu sekitar 3 hingga 4 minggu.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa operasi amandel juga dapat menyebabkan sakit yang lebih parah jika Anda mengalami risiko prosedur, seperti:

1. Reaksi anestesi

Obat anestesi yang diberikan dokter saat melakukan prosedur tonsilektomi sering kali menyebabkan masalah, tetapi tidak akan bertahan lama. Masalah tersebut termasuk:

  • sakit kepala,
  • mual,
  • muntah,
  • atau nyeri otot.

2. Bengkak

Pembengkakan lidah dan langit-langit mulut dapat menyebabkan masalah pernapasan, khususnya selama beberapa jam pertama setelah prosedur dilakukan.

3. Perdarahan selama operasi

Dalam kasus yang jarang terjadi, perdarahan hebat terjadi selama operasi dan membutuhkan perawatan tambahan di rumah sakit.

4. Perdarahan selama penyembuhan

Perdarahan dapat terjadi selama proses penyembuhan, terutama jika luka diangkat terlalu cepat.

5. Infeksi

Dalam kasus langka, pembedahan pada amandel dapat menyebabkan infeksi yang membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Bagaimana mengatasi sakit setelah operasi amandel?

penyebab batu amandel

Anda mungkin tahu bahwa anak yang baru menjalani operasi amandel biasanya sering dipersilakan untuk makan es sepuasnya.

Cara ini memang efektif untuk meringankan rasa sakit setelah operasi amandel, tapi terdapat beberapa upaya lain yang juga dapat Anda lakukan. Berikut penjelasannya.

1. Obat-obatan

Situs The University of Mississippi menyebutkan beberapa obat-obatan yang dapat mengatasi sakit setelah operasi amandel:

  • Obat nyeri narkotik, seperti hydrocodone atau acetaminophen umumnya diresepkan untuk orang dewasa yang mengalami nyeri hebat.
  • Antibiotik, seperti amoxicillin biasanya diresepkan untuk dikonsumsi beberapa hari setelah operasi.
  • Carafate, yaitu obat cair yang digunakan untuk melapisi tenggorokan Anda guna memberikan efek menenangkan.
  • Prednison, yaitu obat yang diresepkan untuk membantu meredakan nyeri pasca-operasi.

2. Minum banyak air

Penting bagi Anda untuk minum banyak cairan selama tiga hari pertama setelah operasi. Anda perlu minum setiap satu jam sekali.

Anda perlu mendapatkan banyak cairan setelah operasi untuk menghindari dehidrasi. Air es adalah salah satu minuman yang bisa Anda pilih.

Anatomi amandel atau tonsil

3. Makan makanan lunak

Dalam proses penyembuhan pasca-operasi amandel pada orang dewasa, Anda mungkin lebih nyaman mengonsumsi makanan yang mudah ditelan.

Makanan, seperti es krim dan puding juga boleh dikonsumsi Anda untuk mengatasi sakit setelah operasi amandel.

Hindari makanan asam, pedas, keras atau, renyah karena itu dapat menyebabkan nyeri atau perdarahan.

4. Istirahat

Istirahat di tempat tidur penting dilakukan selama beberapa hari setelah operasi. Anda juga perlu mengurangi aktivitas berat, seperti berlari dan bersepeda selama dua minggu setelah operasi.

Umumnya, Anda dapat kembali bekerja sekitar 10 hari setelah operasi amandel. Anda pun dapat meningkatkan aktivitas Anda secara perlahan, 14 hari setelah operasi.

Kapan saya harus ke dokter?

penyebab amandel bengkak sebelah

Anda harus segera ke dokter jika mengalami kondisi-kondisi di bawah ini.

  • Ada bintik-bintik darah berwarna gelap yang keluar dari hidung atau air liur. Anda mungkin memerlukan pembedahan untuk menghentikan perdarahan.
  • Demam lebih dari 38,9 atau lebih tinggi.
  • Mengalami gejala dehidrasi, seperti jarang buang air kecil, haus, lemas, hingga sakit kepala.
  • Kesulitan bernapas, yang mungkin diawali dengan napas mendengkur atau berisik pada minggu pertama setelah pemulihan.

Operasi amandel adalah prosedur umum dan tergolong minim risiko. Namun, jangan ragu melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Tonsillectomy – Mayo Clinic. (2021). Retrieved 16 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/tonsillectomy/about/pac-20395141#

Tonsil_Adenoidectomy_Adult. (2021). Retrieved 16 April 2021, from https://www.umc.edu/Healthcare/ENT/Patient-Handouts/Adult/Adenoids_tonsils/Tonsil_Adenoidectomy_Adult.html

Tonsillectomy: Treatment, Risks, Recovery, Outlook. (2021). Retrieved 16 April 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/15605-tonsillectomy

Tonsillectomy (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2021). Retrieved 16 April 2021, from https://kidshealth.org/en/parents/tonsil.html

Bohr, C., & Shermetaro, C. (2021). Tonsillectomy and Adenoidectomy. Statpearls Publishing. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK536942/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Fajarina Nurin
Tanggal diperbarui 31/01/2017
x