home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Obat-obatan Alami untuk Sakit Perut yang Ampuh

7 Obat-obatan Alami untuk Sakit Perut yang Ampuh

Sakit perut merupakan kondisi yang umum terjadi. Seringnya, sakit perut yang Anda rasakan bukanlah masalah yang serius. Tak harus selalu ke dokter, sakit perut yang ringan bisa diredakan dengan berbagai obat alami yang bisa Anda temukan di dapur.

Bahan yang bisa digunakan obat sakit perut yang alami

Sudah banyak diketahui bahwa bahan-bahan makanan atau rempah tertentu dapat dimanfaatkan menjadi obat-obatan. Bahkan, pengobatan alami ini telah digunakan sejak bertahun-tahun lamanya.

Beberapa bahan menunjukkan hasil efektif untuk mengurangi intensitas penyakit, tak terkecuali sakit perut. Yuk, simak lebih lanjut untuk mengetahui bahan-bahan apa saja yang bisa digunakan untuk meredakan sakit perut.

1. Jahe

jahe untuk obat alami sakit perut

Sejak dahulu, jahe telah digunakan untuk mengobati berbagai kondisi, dari rasa mual hingga nyeri sendi maupun keduanya secara bersamaan.

Baru-baru ini, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jahe juga dapat menjadi pengobatan yang sangat efektif dan alami untuk sakit perut.

Jahe mengandung bahan kimia alami yang berfungsi mengendurkan otot-otot pada lapisan perut dan dinding usus. Karena khasiat inilah jahe sering dugunakan untuk bantu meringankan kram perut atau sakit perut kolik. Jahe juga dapat secara alami meredakan peradangan.

Anda bisa mengonsumsi jahe dengan berbagai cara. Bila lidah Anda cukup kuat, Anda bisa langsung mengunyah jahe mentah.

Pilihan lainnya, Anda juga dapat menambahkan potongan jahe ke dalam seduhan teh panas Anda. Terdapat pula jahe yang telah dikemas dalam bentuk suplemen.

2. Peppermint

peppermint obat alami sakit perut
Sumber: Medical News Today

Peppermint dikenal akan kandungan mentolnya yang cukup tinggi. Zat kimia ajaib ini tidak hanya menjaga napas Anda segar, tapi juga berperan sebagai analgesik alami (pereda nyeri).

Karena itulah peppermint dikatakan dapat menjadi obat alami yang efektif untuk mengatasi mual dan sakit perut.

Seperti jahe, mint segar dapat digunakan dalam berbagai bentuk. Anda dapat menambahkan peppermint ke secangkir teh panas, menambahkannya ke dalam resep makanan Anda, atau mengunyah daun mint langsung.

Mint juga membantu dapat meningkatkan nafsu makan. Bukan cuma mengatasi sakit perut, bahan ini bisa menjadi salah satu solusi yang baik untuk nyeri haid.

3. Lemon

minum air lemon

Apakah Anda tahu bahwa jus lemon hangat bisa dan bermanfaat untuk sakit perut Anda? Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana jus lemon dapat membantu, karena sifatnya yang sangat asam.

Lemon sebenarnya dapat membantu saat perut memiliki masalah kesulitan dalam mencerna makanan. Ketika makanan tidak dapat sepenuhnya dicerna, maka hal ini dapat menimbulkan rasa tak nyaman seperti nyeri perut dan sembelit.

Jus lemon akan merangsang produksi asam untuk membantu memecah makanan dalam perut dan membuat makanan bisa bergerak lebih lancar.

Salah satu cara menggunakan lemon untuk menghilangkan sakit perut adalah dengan memeras air dari setengah lemon. Kemudian, campurkan ke dalam segelas air hangat ditambah dengan sedikit gula. Anda juga bisa mengganti gula dengan madu.

Meski bisa melancarkan pencernaan, penggunaan air lemon sebagai obat alami sebaiknya tidak dilakukan bila sakit perutnya disebabkan oleh maag. Sebab, lemon dapat memperparah gejala maag yang dirasakan.

4. Air beras

manfaat air beras

Ternyata, air beras juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami sakit perut. Air sisa mencuci beras ini dapat meredakan sakit dengan membentuk lapisan yang melindungi perut Anda untuk mengurangi peradangan.

Anda perlu memasak nasi dengan jumlah air dua kali lipat. Biasanya untuk ½ cangkir nasi putih Anda akan membutuhkan 2 cangkir air.

Masak nasi Anda secara normal, kemudian diamkan selama beberapa saat dalam keadaan tertutup. Tuangkan cairan yang berlebih ke dalam cangkir, tambahkan sedikit madu, dan minum.

5. Cuka sari apel

cuka apel obat alami sakit perut
Sumber: Rodales Organic Life

Cuka sari apel merupakan obat alami yang sudah lama digunakan untuk sakit perut. Mungkin Anda ragu untuk menggunakannya, mengingat cuka sari apel juga memiliki rasa yang asam.

Memang belum ada penelitian medis yang menunjukkan keefektifan cuka sari apel untuk masalah pencernaan. Meski demikian, terdapat sebuah teori bahwa asam yang ada pada cuka apel merupakan jenis asam yang sama yang dapat ditemukan dalam perut.

Konsumsi cuka apel dirasa bisa menyeimbangkan produksi asam di lambung. Cuka ini juga dapat membantu memecah lemak yang biasanya menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

Kandungan dalam cuka dapat membantu membersihkan kotoran di usus Anda, mencuci bakteri jahat ke bawah, dan mengeluarkannya dari sistem Anda sekaligus menjaga bakteri baik yang sehat.

Beberapa orang memilih untuk minum sesendok cuka apel setiap hari sebagai tindakan pencegahan. Jika Anda merasa rasa cuka terlalu kuat, campurkan beberapa sendok cuka dengan air beserta satu sendok teh madu, kemudian minum perlahan-lahan.

6. Yogurt

yogurt obat alami sakit perut

Anda juga dapat mencoba makan yogurt polos. Yogurt merupakan cara yang baik untuk memberikan sistem kekebalan tubuh Anda dorongan kecil dengan probiotik yang berkualitas.

Yogurt memiliki bakteri alami yang dapat dimanfaatkan menjadi obat alami untuk meringankan sakit perut yang Anda alami.

Cara terbaik untuk mengonsumsinya guna menghilangkan sakit perut yaitu dengan makan yogurt polos tanpa tambahan gula. Bila ingin makan yogurt yang manis, Anda bisa menambahkan sedikit gula.

7. Diet BRAT (Banana, Rice, Applesauce, Toast)

obat alami sakit perut
Sumber: Medical News Today

Kombinasi makanan-makanan ini adalah diet yang sempurna bagi mereka yang memiliki ketidaknyamanan perut karena mual atau diare.

Makanan-makanan yang dianjurkan pada diet BRAT memiliki serat yang rendah dan kandungan garam atau rempah-rempah yang lebih sedikit.

Seperti yang telah diketahui, makanan dengan cita rasa yang terlalu kuat menjadi pantangan saat Anda mengalami diare.

Diet ini dapat dilakukan ketika Anda merasa sakit tapi Anda masih harus makan nutrisi lain yang penting untuk tubuh. Salah satunya, roti panggang dapat membantu menyerap racun dalam perut Anda, selain itu juga menghilangkan sakit perut.

Itulah berbagai obat dan cara alami yang bisa Anda coba untuk menghilangkan sakit perut. Ingat, bahan-bahan di atas mungkin hanya akan bekerja efektif untuk sakit perut yang lebih ringan.

Bila rasa nyeri semakin menyiksa, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan solusi dan pengobatan terbaik.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

http://www.healthline.com/health/digestive-health/natural-upset-stomach-remedies

Upset Stomach Home Remedies: 9 Natural Ideas

http://everydayroots.com/stomach-ache-remedies

http://www.refluxmd.com/apple-cider-vinegar-for-acid-reflux/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 03/02/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x