Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

1

ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

    Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

    Katanya, obat kumur juga bisa dijadikan obat sariawan. Meski di pasaran sudah banyak beredar obat sariawan berbentuk kumur maupun oles, banyak orang yang percaya kalau berkumur dengan obat kumur bisa menjadi cara mengobati sariawan pada mulut. Apakah benar seperti itu? Mari simak faktanya di bawah ini.

    Apa yang menjadi penyebab sariawan?

    mencegah sariawan

    Mouth ulcer atau sariawan adalah kondisi hilangnya atau terkikisnya jaringan halus yang melapisi bagian dalam mulut. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan istilah aphthous stomatitis.

    Luka sariawan memiliki bentuk bulat dengan pinggiran merah dan bagian tengah yang berwarna putih kekuningan. Kondisi ini dapat terjadi pada anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

    Dikutip dari Medline Plus, sariawan biasanya terjadi pada bagian dalam pipi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. Baik berukuran kecil atau besar, sariawan dapat terasa sakit dan mengganggu saat Anda berbicara dan makan.

    Penyebab sariawan bisa didasari oleh sistem kekebalan tubuh yang melemah, infeksi bakteri, stres, alergi makanan, serta kekurangan vitamin B12 atau asam folat. Terkadang, perubahan hormonal seperti menstruasi juga bisa menyebabkan munculnya sariawan.

    Benarkah obat kumur bisa menjadi obat sariawan?

    berkumur

    Sariawan merupakan kondisi yang dapat terjadi pada semua orang. Cara mengatasinya pun tidak tergolong sulit karena sariawan biasanya dapat sembuh tanpa perawatan.

    Dikutip dari Healthline, sariawan dengan ukuran besar atau jumlahnya cukup banyak dapat membuat mulut terasa nyeri. Obat berbentuk krim oles pun akan sulit digunakan untuk kondisi ini.

    Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman ketika sariawan yakni dengan berkumur. Selain berkumur dengan air garam, Anda juga bisa memanfaatkan produk-produk obat kumur (mouthwash) di pasaran.

    Namun, perlu diingat bahwa tidak semua obat kumur bisa digunakan untuk mengatasi sariawan. Obat kumur hanya bisa mengobati luka ringan pada mulut dan tenggorokan, misalnya akibat goresan makanan yang teksturnya keras.

    Dalam obat kumur, terdapat kandungan zat antiseptik yang membunuh bakteri penyebab sariawan. Hal ini akan mempercepat penyembuhan dengan cara yang mirip seperti krim antibiotik untuk mengurangi luka di kulit.

    Peneliti di University of Pennsylvania, AS, mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada larutan kumur yang mampu untuk mengatasi masalah sariawan secara ampuh.

    Meski begitu, setidaknya ada lima bahan dalam obat kumur yang diklaim bisa mengatasi sariawan tingkat ringan, seperti:

    • antibiotik fungsinya untuk membunuh bakteri di sekitar luka sariawan,
    • antihistamin atau anestesi lokal untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan dalam mulut,
    • antijamur untuk mengurangi pertumbuhan jamur dalam mulut,
    • kortikosteroid untuk mengobati peradangan sariawan, serta
    • antasida yang membantu memastikan bahan lainnya cukup melapisi bagian dalam mulut Anda.

    Perhatikan ini saat menggunakan obat kumur untuk mengobati sariawan

    cara memilih obat kumur saat puasa

    Meskipun obat kumur dapat meringankan gejala sariawan, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakannya.

    • Hindari penggunaan jenis obat kumur yang mempunyai kandungan alkohol tinggi untuk mengatasi sariawan. Kandungan alkohol akan memperparah peradangan pada mulut.
    • Kebanyakan sariawan akan sembuh selama satu minggu. Namun, segera temui dokter jika sariawan Anda tidak sembuh juga setelah dua minggu atau bentuk sariawan semakin besar.
    • Ketika Anda menggunakan obat kumur, jangan minum langsung dari leher botol obat. Hal ini bisa menyebabkan perpindahan bakteri dari botol ke dalam mulut sehingga muncul peradangan baru di dalam mulut atau tenggorokan.
    • Jangan menggunakan obat kumur dengan takaran lebih dari 15 mL. Hindari pemakaian obat kumur pada anak berusia 12 tahun ke bawah.
    • Saat mengalami sariawan, hindari penggunaan pasta gigi yang mengandung deterjen atau sodium lauryl sulfate. Pasalnya, kedua zat tersebut bisa memperparah luka pada sariawan.

    Pilihan selain obat kumur untuk mengatasi sariawan

    obat kumur, obat kumur untuk sariawan

    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sariawan bisa terasa menyakitkan dan mengganggu. Selain menggunakan obat kumur, Anda bisa mencoba beberapa pengobatan lainnya untuk mengatasinya. Di antaranya adalah:

    Hidrogen peroksida

    Tidak seperti obat kumur biasa, hidrogen peroksida merupakan antiseptik ringan yang dapat membantu meredakan iritasi pada mulut Anda, termasuk akibat sariawan.

    Obat kumur jenis ini bekerja dengan melepaskan oksigen ke jaringan yang bermasalah. Anda bisa mencampurkannya dengan larutan air atau mengoleskan hidrogen peroksida berbentuk gel pada sariawan.

    Magnesium hidroksida

    Selain obat kumur, milk of magnesia diklaim dapat Anda manfaatkan pula sebagai pengobatan untuk sariawan. Di dalamnya terdapat kandungan magnesium hidroksida yang merupakan penetral asam.

    Apabila digunakan secara oral, kandungannya pun mampu mengubah pH sehingga mencegah terjadinya perkembangan luka. Tidak hanya itu, obat oral ini juga diklaim dapat mencegah iritasi dan mengurangi rasa sakit.

    Anda hanya perlu mengoleskannya pada area sariawan dan biarkan selama beberapa detik. Lalu, bilas dan ulangi tiga kali dalam sehari.

    Menggunakan kortikosteroid

    Kortikosteroid merupakan obat yang dapat mengatasi masalah peradangan. Kandungannya mampu mempertahankan kekebalan tubuh, mengurangi pembengkakan, serta meredakan rasa sakit.

    Namun, sebelum menggunakan obat ini, Anda perlu memerhatikan risiko efek samping seperti tekanan darah tinggi, perubahan suasana hati, dan lain-lain. Maka dari itu, penggunaan kortikosteroid harus atas resep dokter.

    Apabila telah disetujui oleh dokter, Anda bisa mengonsumsi kortikosteroid jenis prednison. Cara ini diklaim sebagai pengobatan paling efektif untuk sariawan.

    Mengonsumsi vitamin dan mineral tertentu

    Tidak hanya obat kumur, asupan vitamin juga penting untuk mengatasi sariawan. Ternyata, kemungkinan Anda mengalami sariawan akan lebih besar apabila kurang mendapatkan asupan vitamin B12.

    Salah satu penyebab timbulnya sariawan yaitu kekebalan tubuh yang menurun atau rendah. Guna mencegah timbulnya sariawan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen lain seperti zinc.

    Apabila dikonsumsi secara teratur, zinc diklaim apat membantu sistem kekebalan tubuh sekaligus melawan bakteri penyebab sariawan.


    Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

    Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Wayne, Jake. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://healthfully.com/mouthwash-a-sore-throat-4900581.html

    donald, Stevie. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://healthfully.com/ingredients-in-magic-mouthwash-4878091.html

    Mcgurgan, Holly. Healthfully. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://healthfully.com/a-remedy-for-tongue-ulcers-3323317.html

    Mouth ulcers . (2017). Retrieved 15 April 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/mouth-ulcers/

    Khan, April. Canker Sore: Treatments, Causes, and Symptoms. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://www.healthline.com/health/canker-sores

    Canker sore – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/canker-sore/diagnosis-treatment/drc-20370620

    Canker Sores: MedlinePlus. (2019). Retrieved 15 April 2020, from https://medlineplus.gov/cankersores.html

    Mcdermott, Anette. How to Get Rid of Canker Sores: 16 Ways. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/how-to-get-rid-of-canker-sores

    Prednisone and other corticosteroids: Balance the risks and benefits. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://www.mayoclinic.org/steroids/art-20045692

    Sissons Claire. Remedies for canker sores: 9 options. (2020). Retrieved 15 April 2020, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/320015

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui Jun 06
    Ditinjau secara medis oleh drg. Farah Nadiya
    Next article: