home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Seks Pertama Kali Pasti Terasa Sakit?

Apakah Seks Pertama Kali Pasti Terasa Sakit?

Melakukan seks pertama kali adalah hal yang sering dikhawatirkan oleh banyak orang, terlebih bagi pasangan yang baru menikah. Hal ini adalah wajar, pasalnya semua orang menginginkan malam pertama yang sempurna sehingga tidak mengecewakan pasangannya. Kekhawatiran yang paling sering ditakuti adalah perihal seks pertama kali yang “katanya” menyakitkan.

Hmmm… Apakah benar seks pertama kali selalu terasa sakit? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab rasa sakit saat berhubungan seks pertama kali

Rasa sakit saat berhubungan seks bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti penyakit, infeksi, masalah fisik atau psikologis.

Namun umumnya, seks cenderung sakit karena Anda tidak rileks dan terlalu cemas akan rasa sakit yang muncul selama berhubungan seksual.

Nah, hal inilah yang justru membuat Anda tegang sehingga sulit bagi Anda untuk bisa merasakan rangsangan seksual dari pasangan.

Seiring dengan ini, Anda tidak bisa mengeluarkan cairan lubrikasi alamiah secara maksimal untuk melumasi vagina yang pada akhirnya menambah ketidaknyamanan saat berhubungan seksual.

Selain merasakan sakit, tak jarang ada juga wanita yang mengalami sedikit perdarahan yang ditandai dengan adanya bercak darah akibat selaput dara yang robek sehabis berhubungan seksual.

Meski begitu, adanya bercak darah sehabis berhubungan seksual pertama kali adalah wajar.

Namun kalau Anda mengalami perdarahan yang banyak, bisa jadi ada hal lain yang terjadi. Banyaknya perdarahan yang terjadi tergantung pada ukuran dan ketebalan selaput dara yang dimiliki masing-masing wanita.

Pasalnya, selaput dara setiap wanita berbeda-beda. Reena Liberman, Seorang terapis seks di Ann Arbor, MI menjelaskan jika hubungan seksual mungkin terasa tidak nyaman dan menimbulkan rasa sakit pada awalnya.

Akan tetapi, rasa sakit ini seharusnya tidak terlalu menyakitkan.

Bagaimana cara mengurangi rasa sakit saat seks pertama?

Nah, berikut beberapa tips agar hubungan seks pertama kali terasa lebih nyaman:

1. Santai saja

Pengalaman pertama berhubungan seksual memang akan selalu membuat Anda tegang dan gugup.

Oleh sebab itu, usahakan untuk bersikap rileks dengan cara ambil napas dalam-dalam lalu hembuskan sebelum Anda melakukan hubungan seks dan buang jauh-jauh segala kekhawatiran yang ada di benak Anda.

Biarkan pengalaman seks pertama ini berjalan apa adanya.

2. Bicarakan dengan jujur

Bicaralah secara jujur tentang apa yang Anda rasakan ketika berhubungan seksual.

Selain itu, jangan ragu untuk merencanakan cara berhubungan seksual yang sebaiknya dilakukan agar kenikmatan bisa dirasakan oleh Anda dan pasangan.

Meskipun terasa aneh untuk berbicara langsung dan terbuka selama momen intim, tetapi hal ini merupakan cara ampuh untuk mengendalikan perasaan canggung dan rasa nyaman terhadap pasangan.

Kebanyakan pria biasanya sangat penasaran tentang perasaan yang dirasakan wanitanya selama berhubungan seksual, jadi jangan sungkan untuk menunjukan kepada pasangan Anda.

3. Lakukan foreplay

Lakukanlah foreplay atau pemanasan terlebih dahulu sebelum Anda memulai penetrasi dengan pasangan.

Anda bisa bereksperimen dengan berbagai jenis foreplay untuk membangkitkan gairah pasangan sehingga meningkatkan produksi cairan lubrikasi.

Bentuk foreplay ini bisa berupa banyak hal, mulai dari berciuman, meraba, mengelus, meremas atau apapun itu yang membuat pasangan mendapatkan rangsangan seksual yang intens dari Anda.

4. Jangan berharap terlalu tinggi

Banyak hal yang tidak terduga yang terjadi saat Anda melakukan seks pertama.

Apa saja bisa terjadi, seperti adanya rasa sakit saat melakukan hubungan seksual, pasangan yang tidak orgasme, lebih dahulu ejakulasi sebelum klimaks, dan lain sebagainya.

Apapun itu, jangan berharap terlalu tinggi pada pegalaman pertama berhubungan seksual.

Ini adalah hal yang normal untuk pengalaman seks pertama, jadi jangan saling menyalahkan satu sama lain dan biarlah pengalaman pertama berhubungan seksual Anda berjalan apa adanya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Is Sex Painful The First Time?. Retrieved 16 April 2021, from http://www.nhs.uk/chq/pages/3047.aspx?categoryid=118 

Pain During First Penetration. Retrieved 16 April 2021, from http://goaskalice.columbia.edu/answered-questions/pain-during-first-penetration-something-wrong-will-it-ever-feel-good

7 Way Reduce Pain During First Time Sex. Retrieved 16 April 2021, from http://www.hercampus.com/health/sexual-health/7-ways-reduce-pain-during-first-time-sex 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal diperbarui 3 minggu lalu
x