Apakah Seks Pertama Kali Pasti Terasa Sakit?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Melakukan seks pertama kali adalah hal yang sering dikhawatirkan oleh banyak orang, terlebih bagi pasangan yang baru menikah. Hal ini adalah wajar, pasalnya semua orang menginginkan malam pertama yang sempurna sehingga tidak mengecewakan pasangannya. Kekhawatiran yang paling sering ditakuti adalah perihal seks pertama kali yang “katanya” menyakitkan.

Hmmm… Apakah benar seks pertama kali selalu terasa sakit? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab rasa sakit saat berhubungan seks pertama kali

Rasa sakit saat berhubungan seks bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti penyakit, infeksi, masalah fisik atau psikologis. Namun umumnya seks cenderung sakit karena Anda tidak rileks dan terlalu cemas akan rasa sakit yang muncul selama berhubungan seksual.

Nah, hal inilah yang justru membuat Anda tegang sehingga sulit bagi Anda untuk bisa merasakan rangsangan seksual dari pasangan. Seiring dengan ini, Anda tidak bisa mengeluarkan cairan lubrikasi alamiah secara maksimal untuk melumasi vagina yang pada akhirnya menambah ketidaknyamanan saat berhubungan seksual.

Selain merasakan sakit, tak jarang ada juga wanita yang mengalami sedikit perdarahan yang ditandai dengan adanya bercak darah akibat selaput dara yang robek sehabis berhubungan seksual. Meski begitu, adanya bercak darah sehabis berhubungan seksual pertama kali adalah wajar.

Namun kalau Anda mengalami perdarahan yang banyak, bisa jadi ada hal lain yang terjadi. Banyaknya perdarahan yang terjadi tergantung pada ukuran dan ketebalan selaput dara yang dimiliki masing-masing wanita. Pasalnya selaput dara setiap wanita berbeda-beda.

Reena Liberman, Seorang terapis seks di Ann Arbor, MI menjelaskan jika hubungan seksual mungkin terasa tidak nyaman dan menimbulkan rasa sakit pada awalnya, namun rasa sakit ini seharusnya tidak terlalu menyakitkan.

Bagaimana cara mengurangi rasa sakit saat seks pertama?

Ini beberapa tips agar hubungan seks pertama kali terasa lebih nyaman:

1. Santai saja

Pengalaman pertama berhubungan seksual memang akan selalu membuat Anda tegang dan gugup. Oleh sebab itu, usahakan untuk bersikap rileks dengan cara ambil napas dalam-dalam lalu hembuskan sebelum Anda melakukan hubungan seks dan buang jauh-jauh segala kekhawatiran yang ada di benak Anda. Biarkan pengalaman seks pertama ini berjalan apa adanya.

2. Bicarakan dengan jujur

Bicaralah secara jujur tentang apa yang Anda rasakan ketika berhubungan seksual. Selain itu, jangan ragu untuk merencanakan cara berhubungan seksual yang sebaiknya dilakukan agar kenikmatan bisa dirasakan oleh Anda dan pasangan.

Meskipun terasa aneh untuk berbicara langsung dan terbuka selama momen intim, tapi hal ini merupakan cara ampuh untuk mengendalikan perasaan canggung dan rasa nyaman terhadap pasangan. Kebanyakan pria biasanya sangat penasaran tentang perasaan yang dirasakan wanitanya selama berhubungan seksual, jadi jangan sungkan untuk menunjukan kepada pasangan Anda.

3. Lakukan foreplay

Lakukanlah foreplay atau pemanasan terlebih dahulu sebelum Anda memulai penetrasi dengan pasangan. Anda bisa bereksperimen dengan berbagai jenis foreplay untuk membangkitkan gairah pasangan – sehingga meningkatkan produksi cairan lubrikasi. Bentuk foreplay ini bisa berupa banyak hal, mulai dari berciuman, meraba, mengelus, meremas atau apapun itu yang membuat pasangan mendapatkan rangsangan seksual yang intens dari Anda.

4. Jangan berharap terlalu tinggi

Banyak hal yang tidak terduga yang terjadi saat Anda melakukan seks pertama. Apa saja bisa terjadi, seperti adanya rasa sakit saat melakukan hubungan seksual, pasangan yang tidak orgasme, lebih dahulu ejakulasi sebelum klimaks, dan lain sebagainya.

Apapun itu, jangan berharap terlalu tinggi pada pegalaman pertama berhubungan seksual. Ini adalah hal yang normal untuk pengalaman seks pertama, jadi jangan saling menyalahkan satu sama lain dan biarlah pengalaman pertama berhubungan seksual Anda berjalan apa adanya.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengapa Wanita Lebih Sering Mendesah di Ranjang Dibanding Pria?

Menurut penelitian, desahan wanita belum jadi jaminan kalau ia merasa cukup terangsang. Lalu apa artinya? Ini dia jawaban dari para ahli!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Pasangan Anda belum cukup luwes dan percaya diri saat berhubungan intim? Tenang, ini dia berbagai cara merangsang istri yang ampuh dan penuh kehangatan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

4 Hal yang Harus Langsung Dilakukan Wanita Setelah Seks

Tiap wanita mungkin punya kebiasaan yang berbeda. Namun, ada empat hal yang wajib wanita lakukan setelah seks, demi kesehatannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Seksual, Tips Seks 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Trikomoniasis

Kalkulator Masa Subur Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut. Kapan Ya? Your browser ...

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Seksual, Trikomoniasis 2 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

impotensi

Impotensi (Disfungsi Ereksi)

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
buah zakar gatal

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
program dan cara cepat hamil

7 Cara Cepat Hamil yang Perlu Dilakukan Anda dan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
cara tahan lama

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit