Kenali Orientasi Panseksual dan Perbedaannya dengan Biseksual

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Mungkin selama ini Anda hanya pernah mendengar heteroseksual dan homoseksual sebagai orientasi seksual. Namun, ternyata orientasi seksual memiliki spektrum yang sangat luas, bahkan sering sulit dibedakan, seperti panseksual dan biseksual. Meskipun kedua orientasi seksual ini mirip, panseksual memiliki pengertian yang berbeda dan berhubungan dengan gender di luar pria dan wanita. Agar Anda tidak salah membedakan dan lebih memahami, simak ulasan berikut ini.

Apa itu panseksual?

Panseksual adalah jenis orientasi seksual yang tidak terbatas dan unik. Menurut sosiolog Emily Lenning, dikutip dari Psychology Today, panksesual adalah orientasi yang menggambarkan ketertarikan seksual terhadap seseorang, terlepas dari jenis kelamin, gender, ataupun orientasi seksualnya.

Seorang panseksual tertarik pada orang lain sebagai individu, mungkin dari dengan kepribadian atau karakter orangnya, tanpa mempertimbangkan orientasi seksual dan gendernya. 

Biasanya, seorang panseksual menemukan daya tarik pada seseorang lewat bagaimana rasa romantisme, emosional, dan kepribadian antar satu sama lain terhubung.

Perlu dicatat bahwa jenis kelamin memiliki makna ciri-ciri biologis yang dimiliki seseorang ketika dilahirkan.

Seseorang dengan vagina, misalnya, memiliki jenis kelamin perempuan. Sedangkan orang yang lahir dengan penis memiliki jenis kelamin laki-laki.

Gender berbeda dengan jenis kelamin. Gender adalah identitas sosial yang dibentuk suatu budaya atau lingkungan masyarakat, terlepas dari jenis kelaminnya.

Seseorang yang lahir dengan penis, tapi merasa dirinya adalah perempuan, bisa jadi memiliki gender transpuan (transgender-perempuan).

Contoh lainnya, orang yang lahir dengan vagina, tapi tidak merasa bahwa dirinya perempuan atau laki-laki merupakan seorang agender atau tidak mengasosiasikan dirinya dalam kedua gender tersebut.

Orientasi seksual sendiri adalah kepada siapa seseorang memiliki ketertarikan secara seksual. Adanya ketertarikan ditandai dengan munculnya gairah seksual.

Ketertarikan seksual terhadap lawan jenis disebut heteroseksualitas. Ketertarikan seksual terhadap sesama jenis disebut homoseksualitas.

Sedangkan pengertian panseksual adalah ketertarikan pada jenis kelamin, gender, dan orientasi seksual.

Jadi jika diperluas artinya, panseksual adalah ketertarikan kepada seseorang, tak peduli apakah orang itu memiliki ciri-ciri gay atau seorang lesbian, transgender, pria, ataupun wanita.

Perbedaan panseksual dan biseksual

Perbedaan panseksual dan biseksual

Panseksual adalah orientasi seksual yang sering disalah artikan sebagai bigender. Anda memang bisa terkecoh dengan pengertian kedua orientasi seksual ini, tapi panseksual berbeda dari biseksual.

Jika Anda berpikir biseksual dan panseksual bisa dibedakan dengan mudah karena biseksual menunjukkan ketertarikan terhadap dua gender, laki-laki dan perempuan, hal ini sebenarnya kurang tepat.

Kedua orientasi seksual ini sama-sama melihat bahwa gender adalah spektrum yang sangat luas, tidak bisa dibatasi jadi laki-laki dan perempuan saja.

Seorang biseksual tertarik pada lebih dari satu gender, bisa terhadap laki-laki dan perempuan ataupun pada laki-laki, perempuan, dan nonbiner atau genderqueer (berada di antara atau di luar dua gender dominan). “Bi” dalam biseksual diartikan lebih dari satu, tidak terbatas hanya dua.

Apakah Saya Seorang Biseksual? Coba Jawab Pertanyaan Anda di Sini

Dari pengertian ini, sekilas keduanya terdengar sama. Namun, panseksual merujuk pada ketertarikan seksual pada seluruh gender, bukan hanya lebih dari satu gender sebagaimana biseksual.

Oleh karena itu, seorang panseksual mampu merasakan ketertarikan seksual dan romantis pada setiap identitas dalam spektrum gender. Bukan hanya lebih dari 2, 3, atau 5 gender, tapi seluruh gender. Indetitas gender sendiri sekarang ini sangat bervariasi dan terus berkembang sehingga jumlahnya tidak diketahui secara pasti.

Penting untuk diketahui, hal ini tidak lantas menyatakan bahwa panseksual tertarik secara seksual kepada semua orang. Sama halnya dengan heteroseksual yang tidak berarti menyukai semua lawan jenisnya, tanpa terkecuali.

Ciri-ciri panseksual

pasangan dengan orientasi seksual

Panseksual adalah orientasi seksual yang cukup baru bagi banyak orang. Secara statitik, tidak banyak orang yang mengidentifikasi dirinya sebagai panseksual.

Melansir data dari Human Rights Campaign, pada tahun 2017 diketahui terdapat 14% orang yang mengakui dirinya adalah panseksual. Jumlah ini sebenarnya meningkat dua kali lipat dari hasil survei yang dilakukan pada tahun 2012. Sebagian besar responden yang menyatakan dirinya panseksual adalah remaja. 

Sama halnya dengan orientasi seksual lainnya, panseksualitas tidak menunjukkan ciri-ciri fisik apa pun.

Cara utama yang bisa dilakukan untuk mengetahui Anda seorang panseksual adalah dengan mencari tahu apakah Anda tertarik, baik secara seksual maupun romantis, dengan siapa saja, tanpa memedulikan jenis kelamin, gender, dan orientasi seksualnya.

Ketertarikan seksual tersebut semestinya berasal dari dalam diri Anda, bukan karena unsur paksaan atau tuntutan sosial dari lingkungan pertemanan.

Anda bisa mencari tahu dengan bercermin pada diri sendiri dan membuka hati untuk mengenal seperti apa hasrat seksual dan romantis yang Anda miliki dalam berhubungan dengan orang lain.

Tidak ada kecenderungan bahwa seorang panseksual tidak bisa menjalani hubungan monogami dengan normal. Hanya karena seorang panseksual bisa tertarik pada siapa saja, ia pasti hobi selingkuh atau harus memiliki banyak pasangan.

Sama seperti seorang heteroseksual, ia juga bisa berkomitmen hanya dengan satu orang pasangannya saat ini.

Penting bagi setiap orang untuk menemukan dan mengakui jati dirinya, baik itu soal gender atau orientasi seksualnya. Dengan mengakuinya, seseorang bisa terus mengembangkan diri dan menggali potensi-potensinya.

Bagaimana jika Anda memiliki ciri-ciri tersebut?

Jika Anda curiga Anda adalah seorang panseksual, tidak perlu buru-buru melabeli diri atau malah menyangkal kemungkinan ini. Memang butuh waktu bagi seseorang untuk bisa memahami serta menerima jati dirinya.

Pasalnya, menurut studi dari Journal of Bisexuality, sampai saat ini para ahli belum bisa merumuskan secara pasti apa yang bisa menentukan orientasi seksual seseorang. Baik itu faktor genetik, faktor lingkungan, kombinasi keduanya, atau justru hal lainnya.

Akan tetapi, dalam Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa (PPDGJ) yang diserap dari Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM), panseksualitas tidak termasuk gangguan jiwa atau penyimpangan seksual.

Ini karena orientasi seksual seseorang memang tidak akan menimbulkan gejala-gejala klinis seperti rasa nyeri atau disfungsi organ tubuh. Oleh karena itu, panseksual bukanlah suatu kondisi yang harus diperbaiki atau diobati dengan cara apa pun.

Masalah Psikologis Transgender: Depresi hingga Penyalahgunaan Obat

Namun, karena tekanan sosial-budaya dari masyarakat, seorang panseksual mungkin lebih rentan mengalami stres berlebih atau depresi yang tentu mengganggu kesehatan jiwanya.

Bila Anda atau orang terdekat Anda mulai menunjukkan gejala-gejala depresi seperti putus asa, kesepian, atau sedih yang berlarut-larut disertai perubahan pola makan atau tidur, segera periksa ke dokter.

Sedangkan bila menurut Anda ada anggota keluarga atau teman terdekat yang memiliki keinginan untuk mencoba bunuh diri, hubungi Direktorat Bina Pelayanan Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di 021-500-454 atau nomor darurat 112.

Konselor tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Layanan ini tersedia bagi siapa saja. Semua panggilan bersifat rahasia.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pentingnya Ventilasi Udara yang Baik di Dalam Rumah untuk Kesehatan

Setiap rumah dan gedung wajib punya sistem ventilasi yang baik. Sebab, ventilasi udara yang baik bermanfaat bagi kesehatan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan, Informasi Kesehatan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Crystal X, Tongkat Ajaib Pengencang Vagina yang Justru Bahayakan Kesehatan

Banyak wanita yang ingin pakai crystal X untuk mengencangkan vagina mereka. Namun, hati-hati. Pakai crystal X lebih banyak mudharat daripada manfaatnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Wanita 23 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Benarkah Ada Orang yang Punya Ingatan Fotografis?

Pernah dengar orang yang punya ingatan fotografis (photographic memory), alias daya ingat yang kuat dan akurat? Apakah ini mungkin?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Bisakah Wanita Orgasme Hanya dengan Merangsang Payudara?

Sudah tahu caranya bikin wanita orgasme dengan stimulasi klitoris? Apakah orgasme pada wanita juga bisa dipicu dengan merangsang payudara?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 22 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pengertian micellar water adalah

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
kanker penyebab BAB berdarah

BAB Sering Berdarah? Hati-hati, Bisa Jadi Tanda Kanker pada Saluran Cerna

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
resep membuat bakwan

Ragam Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
penyebab mata berair

9 Penyebab Mata Anda Terus Berair dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit