Mengenal Berbagai Jenis Orientasi Seksual dan Artinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 1 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Orientasi seksual (sexual orientation) adalah ketertarikan kepada orang lain dan dengan siapa Anda ingin berhubungan secara romantis, emosional, dan seksual. Ini berbeda dengan identitas gender yang menerangkan Anda siapa (pria atau wanita). Lebih lengkap, simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu orientasi seksual?

pacaran dengan rekan satu kantor

Seperti yang telah disebutkan, orientasi seksual adalah tentang dengan siapa Anda tertarik secara romantis, emosional, dan seksual. Orientasi seksual berbeda dengan identitas gender.

Identitas gender bukanlah tentang dengan siapa Anda tertarik tetapi tentang siapa Anda (pria, wanita, atau transgender).

Ini berarti bahwa menjadi transgender tidak sama dengan menjadi gay, lesbian, atau biseksual. Orientasi seksual adalah tentang siapa yang Anda inginkan untuk bersama, sedangkan identitas gender adalah tentang siapa Anda.

Dikutip dari Planned Parenthood, orientasi seksual adalah bagian alami dari Anda, bukan pilihan. Ini bisa berubah di sepanjang hidup Anda.

Bagaimana orientasi seksual dapat terbentuk?

hormon testosteron pada pria

Tidak diketahui secara pasti dari mana sexual orientation dapat terwujud.

Namun, berbagai penelitian menunjukkan bahwa hal itu kemungkinan disebabkan oleh faktor biologis yang dimulai sebelum kelahiran.

Seseorang tidak dapat memilih kepada siapa mereka merasa tertarik. Terapi atau perawatan juga tidak akan mengubah orientasi seksual seseorang.

Orientasi seksual biasanya ditetapkan sejak Anda berusia dini. Namun, tidak jarang keinginan dan ketertarikan Anda terhadap orang lain menjadi berubah. Ini disebut “fluiditas”.

Peneliti seks dan ilmuwan percaya bahwa sexual orientation dapat didefinisikan dengan skala. Satu sisi skala tersebut berarti “sepenuhnya homoseksual”, sedangkan satu sisi lainnya berarti “heteroseksual”.

Banyak orang tidak akan berada benar-benar di ujung homoseksual atau heteroseksual, tapi berada di antara keduanya.

Apa saja jenis orientasi seksual?

Berikut ini adalah jenis-jenis orientasi seksual yang perlu Anda tahu:

Orientasi monoseksual

hubungan pacaran sehat

Beberapa orang secara eksklusif tertarik hanya kepada satu jenis kelamin. Label sexual orientation yang biasa digunakan oleh orang-orang monoseksual, meliputi:

1. Heteroseksual

Heteroseksual merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan orang-orang yang tertarik dengan gender berlawanan dari diri mereka.

Mereka yang memiliki orientasi seksual ini secara eksklusif tertarik pada gender yang berlawan. Jadi, seorang pria yang hanya tertarik pada wanita atau wanita yang hanya tertarik pada pria.

Heteroseksual atau juga disebut dengan straight mungkin menjadi sexual orientation yang paling sering Anda temui.

2. Gay

Gay adalah payung istilah untuk mendeskripsikan ketertarikan romantik dan seksual terhadap sesama gender, baik pria atau wanita, walaupun istilah “gay” lebih populer digunakan sebagai referensi pria penyuka sesama.

3. Lesbian

Lesbian adalah istilah untuk mendeskripsikan ketertarikan romantik dan seksual antar-wanita.

Jadi, mereka yang memiliki orientasi seksual ini merupakan seorang wanita yang hanya tertarik secara romantis, emosional, dan seksual dengan wanita.

Orientasi poliseksual

ciri biseksual

Beberapa orang menunjukkan ketertarikan terhadap beberapa gender. Label sexual orientation yang biasa digunakan oleh orang-orang poliseksual, meliputi:

1. Biseksual

Biseksual adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap orang-orang yang jenis kelaminnya sama dan orang dengan jenis kelamin berbeda.

Seorang biseksual mungkin tertarik pada satu jenis kelamin, lebih dari jenis kelamin lainnya. Mungkin juga, seorang biseksual sama-sama tertarik pada semua jenis kelamin.

Selain itu, orang dengan orientasi seksual biseksual juga mungkin menganggap gender tidak penting dalam hal ketertarikan.

2. Panseksual

Orientasi seksual ini berarti orang-orang yang tertarik dengan orang lain, terlepas dari gender yang dimiliki. Panseksual juga bisa disebut dengan omniseksual.

Jadi, orang dengan panseksual dapat tertarik dengan orang lain, terlepas dari gender yang dimiliki. Mereka tak hanya bisa tertarik dengan pria atau wanita, tetapi juga transgender dan mereka yang gendernya tidak teridentifikasi (agender).

3. Queer

Queer mirip dengan panseksual, queer bisa menjadi identitas yang mengidentifikasikan diri dengan ketertarikan dengan banyak gender.

Hal ini dapat mencakup, tapi tidak terbatas pada, gay, lesbian, biseksual, transgender, interseks, dan orang-orang aseksual.

Istilah ini memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda, tapi bisa juga digunakan sebagai istilah payung layaknya LGBT, seperti “komunitas queer“.

Orientasi aseksual

apa itu biseksual

Aseksual adalah kelompok orang yang umumnya tidak mengalami ketertarikan dan/atau hasrat seksual terhadap orang lain, terlepas dari gender yang dimiliki.

Umumnya ditandai dengan tidak adanya keinginan untuk berpasangan secara seksual, tapi, masih bisa merasakan perasaan romantik terhadap orang lain.

Aseksual tidaklah sama dengan hidup selibat (celibacy), yang merupakan pilihan sukarela dan disengaja untuk tidak melibatkan diri dari aktivitas seksual.

Orientasi seksual lainnya

Selain yang telah disebutkan di atas, terdapat berbagai sexual orientation lain yang dikenal di masyarakat. Beberapa di antaranya adalah:

1. Aromantik

Orientasi seksual aromantik mencakup individu yang mengalami sedikit atau tidak ada ketertarikan secara romantis kepada orang lain dari jenis kelamin apapun.

2. Androseksual

Androseksual yaitu individu yang mengalami ketertarikan seksual terhadap laki-laki atau orang yang bergaya maskulin, terlepas dari apakah mereka memiliki jenis kelamin laki-laki dari lahir atau tidak.

3. Gineseksual

Dikutip dari artikel yang dipublikasikan University of Massachusetts, gineseksual merupakan kebalikan dari definisi androseksual yang telah disebutkan.

Mereka yang memiliki sexual orientation ini mengalami ketertarikan seksual pada wanita dan/atau orang yang bergaya feminin, terlepas dari apakah mereka berjenis kelamin perempuan sejak lahir.

4. Demiseksual

Demiseksual merupakan individu yang biasanya tidak merasakan ketertarikan seksual kepada seseorang, kecuali mereka telah membentuk ikatan emosional yang kuat dengan orang tersebut.

Bagaimana cara mengetahui orientasi seksual saya?

berat badan turun drastis dan kepuasan seksual

Tidak semua orang mengetahui sexual orientation mereka atau bagaimana cara melabeli mereka sendiri. Jika Anda mengalami hal ini, tak perlu khawatir, karena Anda tidak sendiri.

Ragu akan orientasi seksual Anda adalah hal yang wajar dan bukan berarti ada yang salah dari diri Anda.

Pada beberapa orang, memahami sexual orientation mereka membutuhkan waktu bertahun-tahun, bahkan sepanjang usia mereka.

Beberapa orang mungkin merasa kesulitan untuk mengakui orientasi seksual mereka karena khawatir akan dihakimi oleh orang lain. Jika Anda merasa demikian, jangan ragu untuk meminta bantuan pada orang terdekat.

Nah Loh, Orang yang Homophobia Punya Kecenderungan Gay

Perlu diingat bahwa Anda sendirilah yang bisa menentukan sexual orientation di dalam Anda.

Orientasi seksual menggambarkan apa yang Anda rasakan di dalam diri, dan tentu hanya Anda yang bisa memahami diri sendiri.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Harus Berapa Kali Berhubungan Seks dalam Seminggu Agar Tetap Intim?

Seks adalah salah satu fondasi utama untuk menjaga rumah tangga tetap awet. Lantas harus berapa kali berhubungan seks dalam seminggu?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Seksual, Tips Seks 24 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Disfungsi Seksual

Ketidakpuasan saat melakukan aktivitas seks bisa karena seseorang mengalami disfungsi seksual. Cari tahu informas selengkapnya di sini, ya!

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Tips Seks 24 Februari 2021 . Waktu baca 11 menit

Merasa Sakit Saat Berhubungan Seks? 9 Hal Ini Bisa Jadi Alasannya

Ada berbagai alasan sakit saat berhubungan intim, mulai dari masalah fisik hingga psikologis. Agar cepat diatasi, mari cari tahu penyebab lainnya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Tips Seks 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Bisakah Wanita Orgasme Hanya dengan Merangsang Payudara?

Sudah tahu caranya bikin wanita orgasme dengan stimulasi klitoris? Apakah orgasme pada wanita juga bisa dipicu dengan merangsang payudara?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 22 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hubungan intim di malam hari

3 Manfaat Berhubungan Seks Sebelum Tidur di Malam Hari

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
penyebab kondom sobek

8 Kesalahan yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Kondom Sobek

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
wanita berbulu lebat nafsu tinggi seks

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
berapa kali berhubungan intim agar bisa hamil

Berapa Kali Berhubungan Intim agar Anda Bisa Cepat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit