home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pentingnya Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Bercinta

Pentingnya Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Bercinta

Anda mungkin akan tertawa jika mendengar nasehat, “Cuci tangan dulu sebelum seks”. Bercinta memang tidak sama dengan makan. Namun, bukankah Anda juga melibatkan tangan untuk merangsang pasangan atau membuat Anda sendiri terangsang? Bayangkan jika tangan Anda yang kotor itu menyentuh organ intim yang memang dasarnya sensitif terhadap infeksi. Tidak hanya kesehatan pasangan yang dirugikan, kesehatan Anda pun juga terancam bahaya. Berikut alasan kenapa cuci tangan sebelum seks itu penting.

Cuci tangan sebelum seks mencegah infeksi bakteri

Salah satu cara penularan penyakit yang paling mudah adalah lewat sentuhan. Pasalnya, tangan merupakan salah satu rumah ternyaman bakteri, kuman, dan tak menutup kemungkinan juga virus yang menyebabkan penyakit menular. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Colorado ada kurang lebih 5 ribu bakteri di tangan Anda setiap waktu. Oleh karena itu, sentuhan tangan, baik secara langsung dengan kulit orang lain maupun memegang benda, dapat menjadi sarana penyebaran bakteri.

Tidak cuci tangan sebelum berhubungan seks adalah salah satu cara penyebaran penyakit menular yang seringnya tidak disadari. Contohnya begini: Anda merangsang klitoris pasangan wanita Anda atau merangsang penis dengan tangan tanpa cuci tangan dulu. Bakteri yang ada di tangan Anda bisa loncat berpindah ke organ intim mereka sehingga mereka jadi terinfeksi.

Dilansir dari Women’s Health, Vanessa Cullins, seorang spesialis Kebidanan dan Kandungan, menyatakan bahwa menyentuh bagian intim pasangan atau bagian intim Anda sendiri dengan tangan yang tidak bersih bisa meningkatkan risiko infeksi di area genital.

Mungkin Anda berpikir bahwa sangat kecil kemungkinannya untuk mendapatkan infeksi penyakit kelamin hanya karena tidak cuci tangan sebelum seks. Memang belum ada penelitian yang mampu membuktikan bahwa kebiasaan jorok sebelum bercinta ini benar-benar bisa menyebabkan infeksi. Akan tetapi, Anda tidak pernah ingat benda apa saja yang sudah Anda sentuh seharian tadi sebelum Anda naik ke atas tempat tidur. Itu sebabnya risiko infeksi bakteri akan tetap ada dan mungkin saja terjadi.

Menurut Ronald D. Blatt seorang ginekolog di Manhattan Center for Gynecology dan Manhattan Center for Vaginal Surgery mengatakan bahwa kuku yang tidak bersih bisa menyebabkan terjadinya infeksi vagina yang disebabkan bakteri Staphylococcus aureus. Staphylococcus aureus adalah jenis bakteri yang paling umum ditemukan pada kulit, rambut, serta di dalam hidung dan tenggorokan manusia. Bahkan, 25% area tubuh orang yang sehat dan bugar sekalipun dipenuhi oleh bakteri ini. Infeksi bakteri lainnya yang mungkin menyerang area genital termasuk trikomoniasis, klamidia, gonore, sipilis, hingga mononeukleosis.

Jadi, masih malas untuk cuci tangan sebelum seks? Eits, tapi ingat juga untuk cuci tangan sesudah berhubungan seks ya!

Lantas, bagaimana cara mencuci tangan yang benar?

Lantas, bagaimana cara mencuci tangan yang benar untuk meminimalisir kuman dan atau kotoran yang dapat menyebabkan penyakit :

  • Basuh tangan dengan air, boleh memakai air hangat atau dingin.
  • Tuang sabun ke telapak tangan. Tidak perlu menggunakan sabun khusus. Sabun biasa dan sabun antibakteri sama saja manfaatnya.
  • Gosok kedua telapak tangan hingga berbusa. Pastikan seluruh bagian tangan terkena sabun, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Lakukan setidaknya selama 20 detik.
  • Bilas tangan hingga bersih, kemudian keringkan dengan tisu atau handuk bersih.
  • Tutup keran menggunakan tisu toilet atau handuk agar kuman tidak menempel pada tangan Anda yang sudah bersih.

Jika sulit menemukan air dan sabun atau Anda dan pasangan terlalu malas untuk bangun dari tempat tidur, Anda berdua bisa membersihkan tangan dengan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer yang mengandung kadar alkohol setidaknya 60 persen.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The influence of sex, handedness, and washing on the diversity of hand surface bacteria.

http://www.pnas.org/content/105/46/17994.full. Accessed 06/12/2017.

Wash your hands. https://www.health.harvard.edu/newsletter_article/wash-your-hands. Accessed 06/12/2017.

8 Guys and a Doctor Discuss Hand-Washing Before Vagina-Touching.

https://www.womenshealthmag.com/sex-and-love/hand-washing-vagina-touching. Accessed 06/12/2017.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari
Tanggal diperbarui 14/12/2017
x