backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Biaya Tes Buta Warna di Rumah Sakit dan Klinik, Ini 7 Pilihannya

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 26/10/2022

Biaya Tes Buta Warna di Rumah Sakit dan Klinik, Ini 7 Pilihannya

Biaya tes buta warna bisa berbeda di setiap penyedia layanan kesehatan, baik itu rumah sakit, klinik, maupun puskesmas. Selain tergantung tempat, biaya tes ini juga bisa bergantung pada jenis tes buta warna yang dibutuhkan dan paket yang ditawarkan.

Nah, untuk memberi Anda gambaran, berikut adalah kisaran harga atau biaya tes buta warna di beberapa tempat yang tersebar di sejumlah wilayah Indonesia.

Biaya tes buta warna di beberapa rumah sakit dan klinik terbaik

Tes buta warna umumnya dibutuhkan jika Anda atau anak Anda dicurigai mengalami buta warna atau memang memiliki riwayat keluarga dengan kondisi medis ini.

Pada kondisi ini, Colour Blind Awareness menyebut, didiagnosis buta warna dapat membantu penderitanya untuk mengenali di mana mereka membutuhkan bantuan untuk menghindari kesalahpahaman.

Di luar kebutuhan tersebut, tes buta warna juga sering menjadi persyaratan untuk menjalani suatu profesi atau masuk kuliah jurusan tertentu.

Untuk membantu Anda mendapatkan gambaran, berikut adalah kisaran harga tes buta warna di beberapa rumah sakit dan klinik yang ada di sejumlah wilayah Indonesia.

1. Ciputra SMG Eye Clinic

obat yang merusak mata

Selain sebagai salah satu klinik LASIK mata, Ciputra SMG Eye Clinic juga menawarkan sejumlah layanan kesehatan mata lainnya. Salah satunya adalah tes buta warna.

Di klinik ini, Anda bisa mendapat layanan tes buta warna dengan biaya atau harga mulai dari Rp50.000.

Dengan harga yang cukup terjangkau, warga Jakarta bisa mendapatkan layanan ini di lokasi Ciputra SMG Eye Clinic di Lotte Shopping Avenue Lt.5, Ciputra World I Jakarta.

2. Rumah Sakit Permata Bekasi

Ada banyak pemeriksaan atau tes kesehatan mata yang bisa Anda dapatkan dari dokter spesialis mata di Rumah Sakit Permata Bekasi.

Selain pemeriksaan ketajaman penglihatan (refraksi) dan lapang pandang, rumah sakit yang terletak di Bekasi ini juga menyediakan tes buta warna.

Untuk mendapatkan layanan pemeriksaan buta warna di rumah sakit ini, Anda perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp122.000.

3. Mitra Keluarga Kalideres

Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres juga bisa menjadi pilihan tempat tes buta warna bagi Anda yang tinggal di area Jakarta Barat dan sekitarnya.

Tes ini dilakukan langsung oleh dokter spesialis mata yang bertugas di rumah sakit tersebut.

Adapun biaya atau harga tes buta warna di rumah sakit mulai dari Rp50.000, tergantung dari jenis tes yang Anda butuhkan.

4. Rumah Sakit Mulia Pajajaran Bogor

Bagi warga Bogor dan sekitarnya, tes buta warna juga bisa Anda lakukan di Rumah Sakit Mulia Pajajaran.

Di rumah sakit ini, harga tes buta warna yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp20.000.

Untuk mendapatkan layanan kesehatan mata tersebut, Anda bisa mendatangi lokasi Rumah Sakit Mulia Pajajaran Bogor di Jl. Raya Pajajaran No.98, Bogor, Jawa Barat.

5. Klinik Utama Bandung Eye Center

cara mengobati buta warna

Apakah Anda sedang mencari rumah sakit atau klinik untuk tes buta warna di Bandung? Mungkin Klinik Utama Bandung Eye Center bisa menjadi salah satu pilihannya.

Dengan biaya mulai dari Rp350.000, Anda bisa menjalani pemeriksaan tes buta warna dengan jenis tes Ishihara di klinik khusus mata ini.

Pada tes Ishihara, Anda akan diminta untuk membaca angka yang tersusun dari pola berwarna-warni. Sejauh ini, tes Ishihara masih merupakan tes terbaik untuk mendiagnosis buta warna.

6. Klinik TelkoMedika Medan

Warga Medan yang sedang mencari rumah sakit atau klinik untuk tes buta warna dengan biaya terjangkau bisa mencoba mendatangi Klinik TelkoMedika Medan.

Di klinik ini, biaya atau harga tes buta warna yang ditawarkan hanya mulai dari Rp63.000. Anda bisa mendapatkan tes buta warna jenis Ishihara dengan harga tersebut.

Biaya tes buta warna yang sama juga bisa Anda dapatkan di Klinik TelkoMedika di daerah lainnya, seperti Klinik TelkoMedika Lampung, Bogor, dan Makassar.

7. Rumah Sakit Panti Rapih

Di area Yogyakarta dan sekitarnya, ada Rumah Sakit Panti Rapih yang juga menawarkan pemeriksaan atau tes buta warna.

Di rumah sakit wilayah Jogja ini, harga tes buta warna yang ditawarkan, yaitu di kisaran Rp185.000 atau lebih.

Harga tes buta warna di beberapa rumah sakit atau klinik di atas bisa termasuk dengan biaya dokter spesialis dan fasilitas medis lain atau hanya prosedur tesnya.

Untuk mengetahui info pastinya, Anda bisa menanyakan langsung kepada pihak klinik atau rumah sakit mata pilihan yang dituju.

Harga tes buta warna di Puskesmas

tes buta warna

Selain rumah sakit dan klinik di atas, beberapa penyedia layanan kesehatan lainnya juga menawarkan pemeriksaan atau tes buta warna dengan harga yang cukup beragam.

Salah satunya yang sering menjadi pilihan banyak orang, yaitu Puskesmas. Apalagi, harga tes buta warna di Puskesmas sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp15.000.

Untuk mendapatkan layanan tersebut, Anda bisa datang langsung ke lokasi atau melakukan pendaftaran online Puskesmas.

Apa pun tempat tes buta warna yang Anda tuju, pastikan Anda melakukan pemeriksaan sesuai dengan kebutuhan.

Anda juga bisa booking dokter spesialis mata terlebih dahulu melalui platform Hello Sehat untuk mengetahui info lebih lanjut atau langsung mendapatkan pemeriksaan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 26/10/2022

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan