backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

4

Tanya Dokter
Simpan

Tak Perlu Berkerumun, Ini Cara Daftar Online Puskesmas

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 15/09/2022

Tak Perlu Berkerumun, Ini Cara Daftar Online Puskesmas

Bukan cuma di rumah sakit, berobat ke puskesmas pun kini dilengkapi dengan sistem daring atau online untuk pendaftarannya. Sistem daftar online di puskesmas memudahkan pasien untuk mendapatkan layanan kesehatan terjangkau tanpa perlu berkerumun menunggu antrian.

Lantas, bagaimana cara melakukan daftar online untuk layanan kesehatan masyarakat ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Cara daftar online di beberapa puskesmas wilayah

Sejauh ini, memang belum semua puskesmas memberikan pelayanan pendaftaran secara online. Beberapa di antaranya masih memberlakukan pendaftaran secara offline atau langsung melalui ruang atau loket tertentu yang sudah disediakan.

Bagi yang sudah berbasis sistem online pun, cara pendaftarannya bisa berbeda-beda di tiap wilayah puskesmas. Ada yang bisa menggunakan aplikasi tertentu, tetapi ada pula yang perlu mengunjungi suatu laman website. 

Lalu, bagaimana cara daftarnya? Berikut adalah cara daftar online puskesmas di beberapa wilayah yang perlu Anda ketahui.

1. Puskesmas wilayah Jakarta

puskesmas

Pendaftaran online di puskesmas wilayah Jakarta bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan layanan cek kesehatan secara berkala, kontrol berobat, hingga mencari pengobatan dan konsultasi dengan tenaga kesehatan.

Untuk menggunakan sistem daftar ini, Anda perlu mengunduh aplikasi JakSehat di perangkat ponsel atau laptop Anda. Lalu, ikuti langkah di bawah ini, sebagaimana yang dilansir dari laman Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

  • Buka aplikasi JakSehat, kemudian pilih E-Registrasi Puskesmas.
  • Masukkan NIK KTP dan pilih metode pembayaran (BPJS atau Non-BPJS).
  • Pilih puskesmas yang dituju.
  • Pilih poli yang dituju.
  • Tentukan waktu kunjungan yang diinginkan.
  • Cek kembali apakah informasi pendaftaran yang dilakukan sudah benar atau perlu diubah kembali.
  • Pendaftaran selesai.

Pendaftaran online bisa dilakukan selambat-lambatnya 24 jam sebelum kunjungan. Nantinya, info tentang pendaftaran Anda bisa dilihat melalui menu “Kunjungan” yang ada di bagian bawah.

2. Puskesmas wilayah Depok

Daftar online puskesmas wilayah Depok bisa dilakukan untuk memeriksa kondisi kesehatan Anda pada hari ini, besok, atau lusa.

Berbeda dengan Jakarta, untuk melakukan pendaftaran di puskesmas wilayah Depok, Anda perlu masuk ke laman website daftarpuskesmas.depok.go.id terlebih dahulu.

Lalu, klik menu Pendaftaran Online, kemudian masukkan NIK atau nomor BPJS Anda (jika berobat menggunakan BPJS). Ikuti petunjuk yang ada pada website, mulai dari memilih puskesmas, poli, hingga waktu kunjungan yang diinginkan.

Nantinya, jumlah antrian per poli atau per puskesmas serta lokasi-lokasi puskesmas wilayah Depok bisa Anda lihat pula di website yang sama.

3. Puskesmas wilayah Surabaya

Buat yang berada di wilayah Surabaya, Anda juga bisa melakukan daftar online bila ingin berobat ke puskesmas terdekat. Anda hanya perlu buka website ehealth.surabaya.go.id untuk melakukannya.

Uniknya, di website ini Anda bisa memilih menggunakan bahasa Indonesia, Jawa, atau Madura. Layanan online ini juga dilengkapi dengan pesan suara yang memandu pendaftaran.

Ikuti langkah seperti yang dipandu pesan suara tersebut, mulai dari memilih lokasi puskesmas, poli, hingga mengisi data pribadi, termasuk NIK, nama, alamat, dan tanggal lahir.

Bukan cuma warga Surabaya, warga dengan KTP non-Surabaya yang sedang berkunjung atau tinggal di wilayah ini juga bisa memanfaatkan pendaftaran online di puskemas tersebut.

4. Puskesmas wilayah Semarang

kesehatan jantung

Wilayah Jawa lainnya juga memiliki sistem daftar online jika ingin berobat rawat jalan ke puskesmas. Salah satunya, yaitu Semarang.

Untuk melakukan pendaftaran daring di puskesmas wilayah ini, Anda perlu masuk ke website epuskesmas.semarangkota.go.id. Lalu, ikuti langkah di bawah ini.

  • Klik menu Pendaftaran Pasien, kemudian pilih lokasi puskesmas yang dituju dan klik ‘selanjutnya’ di kolom bawah.
  • Pilih status, apakah Anda pasien lama atau baru, kemudian klik ‘selanjutnya’.
  • Untuk pasien lama, Anda perlu mengisi nomor registrasi kartu berobat dan tanggal lahir, kemudian klik ‘cek kepesertaan’ di kotak berwarna hijau.
  • Pilih poliklinik yang dituju serta tanggal kunjungan, kemudian Anda akan mendapat nomor antrean.

Sayangnya, pendaftaran online puskesmas wilayah Semarang hanya bisa dilakukan oleh Anda yang berstatus pasien lama. Pasien baru yang ingin berobat perlu datang langsung ke lokasi untuk mendapatkan layanan yang diinginkan.

5. Puskesmas wilayah Yogyakarta

Warga Yogyakarta yang ingin berobat ke puskesmas tak perlu khawatir akan antrean panjang di lokasi.

Anda bisa unduh aplikasi Jogja Smart Service (JSS) di ponsel atau mengakses jss.jogjakota.go.id untuk melakukan daftar online di puskesmas wilayah ini.

Pendaftaran online hanya berlaku bagi pasien yang memiliki NIK KTP Kota Yogyakarta. Adapun untuk pendaftaran melalui website, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Masuk ke website jss.jogjakota.go.id.
  • Setelah masuk, ketik “Antrian Puskesmas” di kolom pencarian yang muncul pada laman website. Lalu, klik gambar layanan “Antrian Puskesmas” yang sudah muncul.
  • Untuk pasien yang baru menggunakan layanan ini, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu dengan menggunakan NIK Anda. Jika sudah teregistrasi, masuk menggunakan akun Anda.
  • Untuk mendaftar layanan berobat, pilih puskesmas dan poli yang dituju.
  • Pilih nama pasien, jenis pembayaran, dan tanggal periksa. Masukkan pula nomor peserta BPJS jika Anda memilih menggunakan asuransi kesehatan ini.
  • Jika sudah selesai, Anda akan mendapat nomor antrean.

Selain dengan cara-cara di atas, beberapa puskesmas menggunakan layanan daftar online yang disediakan oleh pihak lain. Misalnya lewat aplikasi Mobile JKN yang dimiliki BPJS Kesehatan.

Anda juga bisa mendapatkan layanan kesehatan lainnya di rumah sakit dengan melakukan pendaftaran secara online melalui booking dokter di Hello Sehat yang sudah tersedia.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 15/09/2022

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan