home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Kesalahan Saat Pakai Sepatu yang Bisa Menyebabkan Kaki Sering Sakit

5 Kesalahan Saat Pakai Sepatu yang Bisa Menyebabkan Kaki Sering Sakit

Pernah merasa kaki sakit padahal tidak jatuh atau tertimpa benda apapun? Bisa jadi rasa sakit tersebut akibat sepatu yang Anda pakai selama ini. Ya, banyak orang yang tak menyadari bahwa sepatunya bisa menjadi penyebab kaki sakit. Lalu, mengapa sepatu bisa jadi penyebab kaki sakit?

Beberapa kesalahan saat pakai sepatu yang jadi penyebab kaki sakit

Menggunakan sepatu yang tidak sesuai dengan aktivitas yang Anda lakukan dapat menjadi penyebab kaki sakit. Bahkan sepatu untuk olahraga pun harus sesuai dengan olahraga yang dilakukan. Namun, ada beberapa hal lain yang mungkin tidak Anda sadari bahwa sepatu yang Anda pakai juga menyebabkan sakit pada kaki, seperti:

1. Memakai sepatu yang sudah lama

sepatu olahraga untuk osteoartitis lutut

Ukuran kaki akan terus berubah seiring dengan bertambahnya usia. Jadi, memakai sepatu yang sudah lama bukanlah hal yang tepat. Semakin tua, beberapa ligamen dan tendon menjadi lebih longgar, berat badan, dan gravitasi membuat kaki Anda menjadi lebih lebar dan meregang. Menggunakan sepatu lama yang ukurannya tidak sesuai, bisa menyebabkan kaki lecet.

Wanita hamil atau yang memiliki kondisi tertentu, seperti rheumatoid arthritis (pembengkakan sendi) dan diabetes, biasanya akan mengalami perubahan bentuk kaki. Maka itu, orang dengan kondisi ini cenderung mengalami kesemutan, nyeri, atau bahkan mati rasa jika menggunakan sepatu-sepatunya yang lama.

2. Sering menggunakan sepatu pointed toes

Sepatu pointed toes adalah jenis sepatu yang ujungnya menyempit atau runcing ke atas. Sepatu jenis ini umumnya terlalu sempit di bagian depan sehingga membuat jari kaki terasa sesak, kemerahan, atau lecet.

Orang-orang yang sering menggunakan sepatu ini bisa menyebabkan kerusakan kaki seperti bunion kaki (kelain bentuk jempol kaki), ketidakseimbangan otot yang menyebabkan hammertoes (jari kaki bengkok), dan kerusakan saraf.

3. Terlalu cepat pakai sepatu baru

pakai sepatu

Pasti Anda senang pakai sepatu baru, tapi di sisi lain kaki Anda juga terasa sakit. Jadi, terlalu cepat memakai sepatu baru bisa membuat kaki Anda sakit karena sepatu perlu waktu untuk menyesuaikan ukuran kaki Anda.

Untuk mengatasinya adalah jangan langsung memakai sepatu yang baru Anda beli. Sebaiknya sumpal bagian dalam sepatu dengan beberapa kaus kaki tebal dan biarkan. Cara ini membuat sepatu lebih nyaman untuk dipakai nantinya.

4. Alas sepatu bagian tumit mulai menipis

sepatu yang salah

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa alas sepatu bagian tumit Anda mulai menipis dibanding bagian lainnya? Ini normal terjadi jika Anda sering menggunakan sepatu tersebut. Tumit adalah bagian telapak kaki yang menopang seluruh berat badan Anda. Ketika Anda berjalan, ada tekanan dan gesekan antara sepatu dengan lantai atau aspal sehingga lebih mudah menipis.

Bila Anda terus menggunakan sepatu tersebut, alas sepatu bagian tumit akan semakin tipis. Apalagi, menipisnya antara sepatu sebelah kanan dan kiri tidak mungkin sama. Ini bisa membuat Anda tidak bisa berdiri dengan seimbang, berisiko terpeleset atau jatuh, dan membuat tumit menjadi sakit.

5. Tidak mengganti running shoes

masa kadaluwarsa sepatu olahraga

Dilansir dari Reader Digest, seorang dokter bernama Jack Schuberth berpendapat bahwa orang yang memiliki rutinitas lari sejauh 2,5 kilometer sebanyak empat atau lima kali seminggu harus mengganti sepatunya dengan yang baru setiap bulannya. Sepatu yang terus digunakan tersebut akan membuat bantalan sepatu menjadi rusak dan memberi tekanan lebih pada kaki.

Kemungkinan kondisi sepatu yang harus diganti ini menyebabkan rasa sakit di telapak kaki, pergelangan kaki, sendi lutut dan pinggul jika terus digunakan. Walaupun lebih sering terjadi pada atlet, Anda juga harus memperhatikan keadaan running shoes masih baik digunakan atau tidak.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How To Break In New Shoes Quickly. https://www.independent.co.uk/life-style/fashion/shoes-how-to-break-in-stretch-quickly-fast-heels-rubbing-pain-too-small-blisters-a8116536.html. Diakses pada 4 Mei 2018.

Why Your Shoes Cause Foot Pain. https://www.rd.com/health/wellness/foot-shoe-pain/. Diakses pada 4 Mei 2018.

8 Shoe Mistakes That Could Definitely Be Causing Your Foot Pain. https://www.self.com/story/shoe-mistakes-foot-pain. Diakses pada 4 Mei 2018.

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 04/11/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x