backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

Kok Pipi Merah Saat Malu? Ternyata karena Ini Sebabnya

Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri · General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 10/10/2023

Kok Pipi Merah Saat Malu? Ternyata karena Ini Sebabnya

Tubuh akan memberikan reaksi berbeda-beda saat Anda mengalami gejolak emosi tertentu. Misalnya saja ketika Anda sedang merasa malu atau gugup, pipi Anda akan bersemu merah atau bahkan merah padam. Sebenarnya, kenapa pipi merah karena merasa malu? Ini jawabannya.

Kenapa pipi merah saat malu?

Cara membesarkan pipi

Pada dasarnya, wajah yang memerah dan perasaan malu adalah dua hal yang saling berkaitan. Keduanya merupakan respons alami dari seseorang yang diatur oleh sistem saraf simpatik.

Sistem tubuh ini bekerja secara spontan dan tidak bisa diatur. Artinya, tidak ada hal yang harus Anda pikirkan untuk melakukan proses tersebut.

Berbeda ketika ingin menggerakkan lengan, misalnya, Anda harus berpikir terlebih dahulu untuk melakukannya.

Ketika Anda merasa malu, tubuh akan melepaskan hormon adrenalin. Hormon ini bertindak sebagai perangsang alami yang memiliki berbagai efek pada tubuh.

Peningkatan hormon adrenalin dalam tubuh menyebabkan detak jantung dan pernapasan Anda akan meningkat.

Hormon adrenalin juga menyebabkan pembuluh darah melebar yang meningkatkan sirkulasi darah.

Berhubung wajah Anda dipenuhi oleh pembuluh darah kecil, maka peningkatan aliran darah di area tersebut jadi lebih mudah terlihat.

Nah, kondisi inilah yang membuat wajah atau pipi Anda merona merah (blushing), yang dianggap sebagai reaksi alami dari perasaan malu.

Secara umum, pipi yang memerah ketika malu adalah kondisi alami yang terjadi secara spontan dan tidak bisa Anda kendalikan.

Meski begitu, kondisi ini umumnya hanya berlangsung sementara serta akan berlalu dengan sendirinya setelah Anda sudah merasa lebih rileks dan dapat mengendalikan diri Anda sendiri.

Tahukah Anda?

Pipi merah saat malu adalah fenomena yang unik karena ini merupakan respons yang tidak biasa dari pembuluh darah vena Anda. Pasalnya, hormon adrenalin hanya memiliki pengaruh kecil atau bahkan tidak berpengaruh sama sekali terhadap pembuluh vena. Pembuluh vena di bagian tubuh lain tidak melakukan efek tersebut ketika adrenalin dilepaskan. Jadi, hanya perasaan malu sajalah yang dapat memicu hormon adrenalin sehingga menyebabkan kemerahan di wajah.

Adakah penyebab lain dari pipi yang memerah?

efek samping masker kunyit untuk wajah

Mengutip dari Medline Plus dan beberapa sumber lainnya, berikut ini adalah beberapa kondisi penyebab kulit pipi memerah atau blushing.

1. Reaksi alergi 

Salah satu penyebab kenapa pipi memerah yang paling umum adalah munculnya reaksi alergi.

Hal ini biasanya terjadi saat ada zat asing yang masuk ke dalam tubuh (alergen), seperti debu, makanan, atau bahkan obat. 

Selain menimbulkan kemerahan pada kulit, alergi dapat menimbulkan gejala ringan, seperti hidung gatal, mata merah dan berair, serta bersin-bersin. 

2. Demam berdarah 

Salah satu gejala demam berdarah adalah tubuh menjadi demam. Kenaikan suhu tubuh inilah yang menjadi penyebab blushing atau kemerahan di pipi. 

Namun tidak hanya pada wajah, kemerahan yang timbul mungkin akan terjadi pada sekujur tubuh dan menimbulkan sensasi seperti terbakar sinar matahari. 

3. Stres atau emosi

Perasaan seperti stres atau emosi berlebih juga dapat menjadi penyebab kenapa pipi memerah.

Hal ini disebabkan karena perasaan tersebut dapat menyebabkan pembuluh darah di wajah melebar. Alhasil, wajah pun akan terlihat lebih merah. 

4. Aktivitas lainnya 

Selain karena malu dan beberapa faktor di atas, pipi yang merah juga bisa terjadi akibat faktor tertentu lainnya. Beberapa di antaranya adalah:

  • konsumsi alkohol,
  • konsumsi makanan atau minuman yang panas,
  • perubahan suhu yang terlalu panas atau dingin, serta
  • penggunaan obat-obatan tertentu. 

Itulah penyebab pipi merah karena malu dan beberapa faktor lainnya yang mungkin dapat meningkatkan risiko wajah mengalami kemerahan. 

Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Apalagi, bila kemerahan di pipi Anda menunjukkan tanda-tanda yang tak biasa dan mengkhawatirkan.

Operasi untuk mengatasi kemerahan berlebih pada wajah

Meski pipi memerah saat sedang gugup atau malu adalah respons alami, terutama pada orang yang memiliki kulit putih, tidak semua orang menyukai kondisi ini. Namun Anda dapat mengatasi kemerahan yang berlebihan pada pipi dengan operasi endothoracic sympathectomyOperasi ini dilakukan dengan cara memotong saraf kecil yang menyebabkan respons kemerahan di wajah. Dengan begitu, kemerahan di wajah pun akan berkurang. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Tania Savitri

General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 10/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan