backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Tetangga Sering Bakar Sampah? Ini 7 Hal yang Bisa Dilakukan

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 20/09/2023

Tetangga Sering Bakar Sampah? Ini 7 Hal yang Bisa Dilakukan

Pernahkah Anda merasa sebal dengan tetangga yang membakar sampah, tetapi tidak sanggup untuk melarangnya? Daripada harus terlibat dalam perdebatan, Anda bisa mencoba berbagai cara untuk mengatasi asap pembakaran sampah di bawah ini.

Cara mengatasi asap pembakaran sampah di rumah

Banyak orang mungkin masih tidak paham akan bahaya membakar sampah. Meski telah diberi tahu berulang kali, mereka tetap bebal dan terus melakukan kebiasaan buruk ini.

Padahal, membakar sampah dapat melepaskan berbagai zat kimia berbahaya ke udara, seperti karbon monoksida (CO), nitrogen dioksida (NO2), dan hidrokarbon polisiklik aromatik (PAH).

Zat-zat berbahaya pemicu polusi udara ini dapat menimbulkan gejala batuk, sesak napas, iritasi mata, sakit kepala, dan pusing bila terhirup atau terkena tubuh Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi asap pembakaran sampah yang masuk ke dalam rumah.

1. Jangan beraktivitas di luar rumah

mencegah polusi dalam ruangan

Saat melihat tetangga sedang membakar sampah, ada baiknya urungkan dahulu niat Anda untuk beraktivitas di luar rumah.

Usahakan tidak keluar rumah sampai asap pembakaran sampah telah benar-benar menghilang.

Hal ini sangat penting untuk menghindari paparan asap berbahaya yang berisiko memengaruhi kesehatan sistem pernapasan Anda.

2. Tutup pintu dan jendela

Dengan memastikan pintu dan jendela tertutup rapat, Anda dapat mencegah dan mengurangi jumlah asap pembakaran sampah yang masuk ke dalam rumah.

Pastikan juga ventilasi dalam rumah berfungsi dengan baik. Keberadaan ventilasi dapat melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah sehingga konsentrasi asap akan berangsur berkurang.

3. Pasang exhaust fan

Penggunaan exhaust fan merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi asap pembakaran sampah yang telah masuk ke dalam rumah Anda.

Exhaust fan adalah jenis kipas yang mampu mengeluarkan udara kotor dari dalam ruangan. Alat ini membantu menjaga sirkulasi dan kualitas udara yang baik.

4. Gunakan air purifier

Apakah Anda atau anggota keluarga mengidap asma? Kalau iya, penggunaan air purifier yang dibekali filter HEPA bisa membantu mencegah serangan asma akibat paparan asap.

Studi yang dimuat dalam jurnal Pediatrics (2016) menunjukkan filter HEPA (high-efficiency particulate air) membantu mengurangi hingga 25–50% partikel berbahaya di udara.

Pemakaian air purifier juga membantu mengurangi gejala dan serangan asma pada kelompok berisiko, seperti anak-anak, orang tua, dan lansia.

5. Pakai masker

cara pakai masker yang benar

Asap pembakaran sampah mengandung polutan PM 2.5. Hal ini terdiri dari kumpulan partikel padat dan cair dalam udara yang berukuran kurang dari 2,5 mikrometer (μm).

Penggunaan masker bedah atau surgical mask cukup membantu menyaring 56–90% PM 2.5.

Meski begitu, efektivitas masker juga dipengaruhi oleh cara pemakaiannya. Kenakan masker dengan ketat sehingga tidak ada celah pada tepi masker Anda.

6. Bersihkan perabotan rumah

Gunakan lap basah atau pengisap debu (vacuum cleaner) untuk menghilangkan sisa partikel asap yang mungkin menempel pada meja, kursi, lemari, dan perabotan lainnya.

Selain itu, penting untuk mencuci sarung bantal, seprai tempat tidur, dan gorden secara teratur untuk menjaga lingkungan dalam rumah Anda tetap bersih dan sehat.

7. Perhatikan kesehatan keluarga

Ketika menghadapi asap pembakaran sampah, penting untuk menjaga kesehatan diri Anda dan keluarga. Pastikan Amda mengonsumsi makanan sehat dan mencukupi kebutuhan air harian.

Awasi juga tanda dan gejala gangguan pernapasan, seperti batuk dan sesak napas. Jika gejala serius atau memburuk, segera hubungi dokter untuk memperoleh perawatan lebih lanjut.

Pada dasarnya, cara mengatasi asap pembakaran sampah di atas hanya akan memperlambat dampak buruk yang berisiko bagi Anda dan keluarga.

Ajaklah tetangga Anda berbicara secara sopan tentang kekhawatiran Anda terkait pembakaran sampah. Mungkin, mereka tidak menyadari dampaknya bagi kesehatan dan lingkungan.

Diskusikan juga alternatif membuang sampah yang ramah lingkungan, seperti dengan layanan pengelolaan sampah yang disediakan oleh dinas setempat.

Kesimpulan

  • Pembakaran sampah oleh tetangga berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan.
  • Beberapa cara mengatasi asap pembakaran sampah yang bisa Anda lakukan misalnya menutup pintu dan jendela, menggunakan air purifier, dan memakai masker.
  • Apabila Anda atau anggota keluarga Anda mengalami gejala gangguan pernapasan, segera hubungi dokter untuk memperoleh perawatan lebih lanjut.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 20/09/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan