home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Kegunaan Air Purifier dan Pengaruhnya untuk Kesehatan Tubuh

6 Kegunaan Air Purifier dan Pengaruhnya untuk Kesehatan Tubuh

Mendapatkan udara bersih dan sehat di kota besar sangatlah sulit. Maka dari itu, tak heran bila air purifier atau pemurni udara dijadikan andalan untuk mendapatkan udara sehat di dalam rumah. Apakah air purifier benar-benar bisa memberikan manfaat untuk kebersihan rumah, terutama udara dalam ruangan? Lalu, apakah Anda perlu memiliki alat ini di rumah?

Bagaimana cara kerja air purifier?

Air purifier adalah suatu alat yang memiliki fungsi membersihkan udara yang Anda hirup.

Air purifier berbeda dengan air conditioner (AC) walaupun saat ini ada juga AC yang memiliki fungsi air purifier dalam sistemnya.

Alat ini tidak mendinginkan ruangan seperti AC, melainkan mengeluarkan udara yang segar yang sudah bersih atau bebas polusi.

Dengan alat ini, partikel alergen atau penyebab alergi dapat dihilangkan, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai penyakit asma atau alergi lainnya.

Cara kerja air purifier cukup sederhana. Begitu dinyalakan, udara di dalam ruangan akan tersedot dengan bantuan kipas dan ditangkap oleh filter yang terletak di bagian belakang air purifier.

Setelah filter menyaring udara, air purifier akan menyalurkan kembali udara yang bersih melalui penyalur yang berada di depan.

Udara yang dikeluarkan tentunya sudah menjadi segar dan bebas polusi karena debu, kuman, bakteri, partikel di dalam udara sudah disaring terlebih dahulu.

Apa saja manfaat air purifier?

ventilasi

Air purifier bisa dikatakan sebagai teknologi yang tepat saat ini untuk mendapatkan udara sehat di dalam ruangan.

Dengan memiliki akses terhadap udara yang bersih berkat adanya air purifier, Anda otomatis akan mendapatkan 6 manfaat kesehatan berikut:

1. Mengurangi risiko penularan penyakit

Manfaat pertama dari memasang air purifier di rumah adalah mengurangi jumlah virus dan bakteri di udara.

Salah satu penyakit yang sangat mudah menular lewat udara adalah flu. Jika seseorang di rumah menderita flu, biasanya orang lain akan tertular juga dengan cepat.

Dengan adanya air purifier, alat tersebut akan membantu menyaring virus serta bakteri penyebab penyakit.

Peluang untuk tertular penyakit memang masih ada, namun setidaknya keberadaan air purifier dapat membantu menurunkan risikonya.

2. Menghilangkan bau tidak sedap

Selain untuk menyaring virus dan bakteri, kegunaan lain dari air purifier adalah mengurangi aroma tak sedap di dalam ruangan.

Fitur penyaring alias filter yang ada di air purifier juga dapat menyaring bau serta asap rokok yang mungkin membekas di ruangan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki anggota keluarga perokok, Anda bisa coba air purifier sebagai solusi penghilang bau asap rokok.

3. Menurunkan kadar zat kimia berbahaya di dalam ruangan

Tak hanya di jalanan saja, polusi juga ternyata bisa ditemukan di dalam rumah Anda.

Menurut situs lembaga pemerhati lingkungan Environmental Protection Agency (EPA), polusi dalam ruangan dapat muncul dari gas atau partikel yang berasal dari material serta furnitur rumah.

Mulai dari asbes, lantai, karpet, hingga kayu furnitur, ada banyak hal-hal kecil yang sekilas tampak biasa saja, namun ternyata turut berpengaruh pada polusi di dalam rumah Anda.

Nah, keberadaan air purifier dapat membawa manfaat berupa perlindungan dari polusi dalam rumah tersebut.

Air purifier akan membantu menyingkirkan partikel perlengkapan rumah tangga yang berkeliaran di udara.

4. Mengurangi jamur

Manfaat air purifier berikutnya adalah kemampuan alat ini untuk memberantas jamur yang dapat menjadi sumber penyakit.

Selain partikel dari peralatan rumah tangga, bahaya lain yang mengancam kesehatan tubuh adalah alergen serta spora jamur yang menyebar di udara.

Zat-zat tersebut berisiko memicu alergi kambuh serta berpengaruh pada kondisi kesehatan Anda jika dibiarkan dalam jangka panjang.

Maka itu, Anda bisa mencoba mengurangi perkembangan jamur di rumah dengan air purifier.

5. Meringankan gejala asma

Apakah di rumah Anda ada yang mengidap asma? Jika iya, memiliki air purifier adalah suatu hal yang mungkin wajib Anda pertimbangkan.

Kualitas udara yang buruk sangat mudah memicu gejala asma kambuh terus-menerus. Ini bisa disebabkan oleh alergen serta partikel asing yang tersebar di udara.

Memasang air purifier dapat membawa manfaat berupa kualitas udara yang meningkat sehingga gejala asma dapat berkurang.

6. Meningkatkan kesehatan jantung dan tekanan darah

Kegunaan lain yang tak terduga dari air purifier adalah memelihara kesehatan jantung dan tekanan darah Anda.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi dari JAMA Internal Medicine. Studi tersebut menunjukkan bahwa penggunaan air purifier membantu menurunkan tekanan darah serta risiko penyakit jantung pada lansia.

Setelah mengetahui 6 manfaat air purifier, apakah Anda tertarik untuk membeli alat tersebut?

Saat ini, sudah banyak tersedia beragam jenis air purifier di pasaran. Ketika memilih air purifier, pastikan Anda membeli yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, ya.

Dengan adanya air purifier di rumah, Anda berinvestasi untuk kesehatan serta kualitas hidup yang lebih baik untuk diri sendiri dan keluarga.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Can Air Purifiers Improve Your Lung and Heart Health? – Cleveland Clinic. (2020). Retrieved April 12, 2021, from https://health.clevelandclinic.org/can-air-purifiers-improve-lung-heart-health/ 

Air Cleaners (Purifiers) – Which One to Buy? – Asthma Australia. (n.d.). Retrieved April 12, 2021, from https://asthma.org.au/blog/air-cleaners-purifiers/ 

The Top Benefits Of Air Purifiers For Improving Air Quality – Low Carbon Buildings. (2020). Retrieved April 12, 2021, from https://www.lowcarbonbuildings.org.uk/home-improvement/08/2020/3089/3089/ 

American College of Allergy, Asthma, and Immunology. (2016). Retrieved April 12, 2021, from https://acaai.org/allergies/allergy-treatment/air-filters 

Introduction to Indoor Air Quality – U.S. Environmental Protection Agency. (n.d.). Retrieved April 12, 2021, from https://www.epa.gov/indoor-air-quality-iaq/introduction-indoor-air-quality 

Morishita, M., Adar, S., D’Souza, J., Ziemba, R., Bard, R., Spino, C., & Brook, R. (2018). Effect of Portable Air Filtration Systems on Personal Exposure to Fine Particulate Matter and Blood Pressure Among Residents in a Low-Income Senior Facility. JAMA Internal Medicine, 178(10), 1350. https://doi.org/10.1001/jamainternmed.2018.3308 

Chen, R., Zhao, A., Chen, H., Zhao, Z., Cai, J., & Wang, C. et al. (2015). Cardiopulmonary Benefits of Reducing Indoor Particles of Outdoor Origin. Journal Of The American College Of Cardiology, 65(21), 2279-2287. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2015.03.553 

Sublett J. L. (2011). Effectiveness of air filters and air cleaners in allergic respiratory diseases: a review of the recent literature. Current allergy and asthma reports, 11(5), 395–402. https://doi.org/10.1007/s11882-011-0208-5

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 19/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x