backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Ketahui Penyebab dan Cara Mengobati Mata Kucing Merah

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 26/12/2023

    Ketahui Penyebab dan Cara Mengobati Mata Kucing Merah

    Mata merah pada kucing dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi, alergi, atau cedera. Namun, tidak perlu khawatir, kondisi ini dapat disembuhkan dengan perawatan yang tepat. Ketahui penyebab kenapa mata kucing merah dan cara mengobatinya berikut ini. 

    Penyebab mata kucing merah

    Mata merah pada kucing biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Kondisi ini disebut juga dengan konjungtivitis. 

    Gejalanya dapat berupa bola mata kemerahan, kucing sering menggaruk matanya, belekan, serta bagian pinggiran mata kucing berwarna merah dan bengkak.

    Selain karena infeksi virus atau bakteri, kondisi dan penyakit pada kucing berikut ini dapat menyebabkan mata merah.

    • Alergi. Mata merah bisa disebabkan alergi parfum, debu, atau bahan kimia.
    • Trauma pada mata. Kucing dapat mengalami trauma atau luka akibat goresan, tercakar, atau tertusuk.
    • Masuknya benda asing. Mata merah pada kucing dapat disebabkan oleh adanya benda kecil yang masuk ke mata.
    • Hyphema. Hyphema atau perdarahan pada bola mata biasanya disebabkan oleh trauma atau cedera pada mata, hipertensi, perdarahan pada pembuluh darah, atau infeksi parasit.
    • Blefaritis. Blefaritis atau radang kelopak mata dapat disebabkan karena infeksi atau kondisi dimana kelopak mata kucing menghadap ke dalam mata (entropion).
    • Kelainan pada bulu mata. Satu contohnya bulu mata tumbuh di tempat yang salah atau ke arah yang salah.
    • Corneal ulceration. Ulkus kornea disebabkan oleh goresan atau trauma pada mata. Kondisi ini ditandai dengan mata merah dan pembengkakan pada mata.
    • Uveitis. Peradangan pada uvea, yakni bagian mata yang meliputi iris, badan siliaris dan koloid yang terjadi karena infeksi virus atau jamur, tumor, atau trauma pada mata. Uveitis juga dapat menyebabkan mata kucing berselaput.
    • Chlamydia. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri Chlamydia felis yang menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan dan konjungtivitis atau peradangan pada mata.

    Kapan harus periksa ke dokter?


    Segera kunjungi dokter hewan apabila kucing peliharaan Anda mengalami mata merah disertai dengan bengkak, mata kucing berair, atau keluar cairan terus-menerus hingga kucing tidak dapat membuka matanya.
     

    Cara mengobati mata kucing merah

    Pengobatan kondisi ini biasanya ditentukan berdasarkan dengan penyebab kucing sakit mata.

    Sebelum melakukan pengobatan, dokter biasanya akan mengeluarkan kotoran mata terlebih dahulu dengan menggunakan kain kasa yang telah dibasahi. 

    Berikut pengobatan mata merah dari dokter hewan sesuai penyebabnya.

    1. Konjungtivitis

    Mengutip situs Cornell Feline Health Center, kebanyakan kasus konjungtivitis pada kucing dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. 

    Namun, pemilik kucing disarankan untuk memeriksakan kucing ke dokter agar gangguan mata tidak bertambah buruk. Pemberian obat tetes ataupun salep mata dapat dilakukan sesuai petunjuk dokter.

    2. Chlamydia

    chlamydia kucing

    Chlamydia pada kucing dapat diobati dengan memberikan memberikan tetes mata maupun salep mata yang diresepkan dokter.

    Jika infeksi yang terjadi dalam tahap yang ringan, pengobatan biasanya dilakukan selama 4 minggu. Namun, dalam kasus yang parah, pengobatan mungkin dapat memakan waktu lebih lama.

    3. Blefaritis 

    Blefaritis merupakan salah satu penyebab mata kucing merah akibat infeksi virus atau bakteri. Kondisi ini dapat sembuh dengan obat-obatan oral maupun topikal.

    Jika kondisi ini menyebabkan kelainan pada kelopak mata, misalnya kelopak mata masuk ke dalam (entropion), prosedur pembedahan mungkin diperlukan. 

    3. Hyphema 

    Hyphema atau perdarahan pada mata dapat diobati dengan obat-obatan. Kondisi ini juga diatasi dengan melakukan prosedur pembedahan terutama jika  disebabkan oleh cedera atau luka. 

    4. Corneal ulceration

    Corneal ulceration pada kucing

    Pengobatan ulkus kornea bertujuan untuk mengendalikan peradangan, mengurangi rasa sakit, dan mencegah infeksi bakteri atau jamur. 

    Pada kasus yang ringan, dokter hewan mungkin akan meresepkan obat tetes antibiotik atau salep untuk mengendalikan infeksi. Pada kasus yang berat, kucing mungkin membutuhkan prosedur pembedahan.

    5. Uveitis 

    Pengobatan uveitis biasanya dilakukan dengan memberikan obat mata topikal atau obat untuk mengurangi perdagangan.

    Jika kondisi ini terjadi karena tumor, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan pembedahan. 

    Itulah ulasan mengenai penyebab serta cara mengobati mata merah pada anabul. Dengan diagnosis dan pengobatan yang tepat, peradangan pada mata dapat sembuh dalam satu minggu. 

    Namun, jika kondisi mata kucing memburuk setelah pengobatan, segera konsultasikan lebih lanjut ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    drh. Hevin Vinandra Louqen

    Kesehatan · None


    Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 26/12/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan