Suntik Pantat, Cara Cepat untuk Punya Bokong Indah. Apakah Aman?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Zaman sekarang ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memperindah bagian tubuh yang diinginkan, salah satunya dengan suntik pantat. Tren yang diprakarsai sejak tahun 2000-an ini semakin naik daun setelah digaungkan oleh keluarga Kardashian karena hasil dan prosesnya yang tidak makan banyak waktu. Beda jika Anda melakukan squat ataupun gerakan olahraga lain untuk mengencangkan pantat yang bisa membutuhkan waktu lama dan kerja keras ekstra. Tapi sebelum Anda merogoh kocek untuk pergi ke dokter meminta suntik pantat, baca dulu artikel ini.

Apa itu suntik pantat?

Suntik pantat adalah sebuah operasi non-bedah yang dilakukan untuk menunjang atau memperbaiki bentuk pantat lewat suntikan. Prosedur ini harus dilakukan oleh ahli bedah dan masa pembedahannya tidak membutuhkan waktu yang lama. Ada dua pilihan cairan suntik untuk mengisi ruang pada pantat Anda, yaitu menggunakan transfer lemak (biasa dikenal dengan Brazillian Butt Lift) atau menggunakan kolagen. Keduanya disuntikkan ke dalam pantat untuk membuat pantat terlihat lebih besar. FDA (Food and Drugs Administration) di Amerika hanya menyetujui metode menggunakan transfer lemak.

Bagaimana prosedur suntik pantat di dokter?

1. Metode suntik transfer lemak

Pada metode ini, lemak di bagian tubuh lain dikeluarkan dan lemak tersebut dipindahkan ke bagian pantat atau pinggul pasien untuk membentuk lengkungan siluet bokong yang diinginkan. Lemak yang digunakan juga bukan lemak sembarangan dan menggunakan alat pemisah lemak. Lemak disaring dan kemudian “ditanam” ke dalam pantat. Kalau sel lemak yang ditemusedikit tidak akan dipakai selama operasi ini berlangsung.

2. Metode suntik kolagen (sculptra)

Suntik pantat dengan kolagen sebetulnya menggunakan cairan sculptra, yaitu zat yang merangsang pertumbuhan kolagen di bagian tubuh Anda. Meskipun masih menjadi perdebatan di antara FDA, sudah banyak dokter yang melakukan operasi ini karena hasilnya cukup aman dan efektif.

Suntik pantat ini mengisi jaringan yang kosong, menghasilkan volume, membentuk agar pantat lebih bulat dan kencang. Setiap prosedur suntik sculptra memakan waktu kurang dari satu jam dan bisa bertahan hingga 2 tahun. Kebanyakan pasien melakukan 3-4 kali suntikan, biasanya dilakukan sekitar dua sampai tiga minggu terpisah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Adakah bahaya yang didapat akibat suntik pantat?

Seperti yang dinyatakan di atas tadi,  masih ada beberapa bahan isi suntikkan seperti silikon dan kolagen belum disetujui FDA terkait risiko serius seperti memar, kerusakan permanen pada jaringan otot dan lemak pantat, dan bahkan kematian.

Ada juga kemungkinan risiko pembengkakkan dan mati rasa pada pantat yang biasanya sembuh dalam beberapa minggu sampai beberapa bulan pertama. Komplikasi pembedahan yang lebih parah biasanya meliputi infeksi, luka terbuka, mati rasa terus-menerus, pembengkakkan yang terus-menerus dan kontur kulit yang tidak rata.

Kebanyakan orang dapat melanjutkan aktivitas normal dalam beberapa hari sampai beberapa minggu setelah melakukan suntik pantat. Mungkin juga, Anda akan mengalami kesulitan duduk untuk menyesuaikan bentuk pantat dalam beberapa minggu pertama.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hati-hati, 8 Suplemen Herbal Ini Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Masuk Ruang Operasi

Meski bermanfaat bagi kesehatan, beberapa suplemen herbal dapat berisiko komplikasi berbahaya jika diminum menjelang operasi. Apa saja itu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 20 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Konsumsi Kayu Manis Berlebihan, Hati-hati Risikonya untuk Kesehatan

Meski memiliki manfaat, perhatikan jumlah asupan kayu manis. Terlalu banyak mengonsumsi rempah ini memiliki risiko kayu manis yang berbahaya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Pria kadang suka "keluar" duluan. Adakah cara agar seks menjadi lebih lama? Yuk simak berbagai cara tahan lama pria saat berhubungan seks di bawah ini.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Seksual, Tips Seks 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Hidung ingusan memang sangat menganggu Anda. Berikut tips yang bisa dilakukan di rumah untuk meringankan hidung meler, entah karena flu atau alergi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengobati tipes

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
buah zakar gatal

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
tips waxing di rumah

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
bahaya rokok, bahaya merokok bagi kesehatan, dampak rokok, efek rokok, berhenti merokok

Bahaya Merokok Terhadap Daya Tahan Tubuh Manusia

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit